Ruang Keluarga bergaya campuran antara etnik dan modern:  Ruang Keluarga by AIRE INTERIOR

Sentuhan Tradisional di Rumah Modern Dalam Desain Tiga Dimensi

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Keinginan untuk menghadirkan harmonisasi antar elemen yang membentuk keindahan bisa diwujudkan dengan berbagai cara. Dalam hal desain rumah, tujuan ini bisa dicapai dengan menentukan gaya arsitektur sesuai selera dan standar estetika masing-masing. Profesional homify asal Malang Jawa Timur, Adelia Irena, menawarkan konsep yang sedikit berbeda, yaitu memadukan dua gaya yang saling berlawanan, modern dan tradisional. Seperti apakah hasilnya? Mari kita amati desain tiga dimensi berikut ini. 

Paduan klasik dan modern di fasad rumah

Seperti yang tampak pada gambar, fasad rumah didominasi oleh warna putih dengan warna abu-abu sebagai aksen dinding. Rumah dua lantai ini dirancang dengan gaya modern dan pilar-pilar yang merupakan ciri gaya klasik. Jendela-jendela, pintu, dan pintu garasi didesain simpel agar pandangan mata hanya fokus pada beberapa titik yang menjadi ciri khas rumah ini. Apakah itu?

Ornamen pada pilar

Seperti yang pernah kami paparkan sebelumnya, melalui desain tiga dimensi kita bisa melihat penampakan fisik sebuah rancangan sebelum benar-benar direalisasikan. Bukan hanya dimensi bangunan saja yang bisa diamati, tapi juga dekorasi apa saja yang akan ditempatkan pada interior dan eksterior rumah. Pada rancangan ini profesional kami merancang semacam ornamen dari besi tempa sebagai dekorasi pilar. Profesional kami juga memilih dua titik dinding teras untuk dilapisi dengan marmer dengan warna abu-abu sebagai elemen dekorasi yang tanpa banyak detil. 

Ruang keluarga

Ruang Keluarga bergaya campuran antara etnik dan modern:  Ruang Keluarga by AIRE INTERIOR
AIRE INTERIOR

Ruang Keluarga bergaya campuran antara etnik dan modern

AIRE INTERIOR

Pada interior rumah, warna putih bagaikan palet yang mewadahi warna-warna kontras, yiatu hitam dan coklat tua. Beralas lantai keramik abu-abu, sofa putih bersih seperti bersinar di atasnya. Fitur yang menarik di ruangan ini adalah plafon gypsum yang dihiasi balok-balok kayu. Komposisi warna adalah salah satu hal yang menjadi karakter ruangan ini. Adakah hal lainnya? Jawabannya ada di gambar berikut. 

Ruang di bawah tangga

Ruang Keluarga bergaya campuran antara etnik dan modern:  Ruang Keluarga by AIRE INTERIOR
AIRE INTERIOR

Ruang Keluarga bergaya campuran antara etnik dan modern

AIRE INTERIOR

Ruang di bawah tangga sering terabaikan karena kondisinya yang gelap dan sempit. Hal ini bisa diatasi dengan menambahkan penerangan dan furnitur simpel. Di sini, profesional kami memanfaatkan ruang di bawah tangga sebagai ruang untuk meletakkan hiasan dengan memasang rak dinding tempel dari bahan kayu. 

Partisi berornamen

Ruang Keluarga bergaya campuran antara etnik dan modern:  Ruang Keluarga by AIRE INTERIOR
AIRE INTERIOR

Ruang Keluarga bergaya campuran antara etnik dan modern

AIRE INTERIOR

Dalam upaya memisahkan area dalam satu ruangan, penggunaan partisi perlu dipertimbangkan. Agar tidak mengurangi estetika visual, partisi sebaiknya dimaksimalkan tampilannya. Partisi yang memisahkan area kamar mandi dan ruang keluarga didekorasi dengan ornamen tradisional berwarna netral. Penempatan cermin di atas wastafel juga berperan dalam menciptakan efek keluasan ruang. 

Dapur dan ruang makan

Rumah Bergaya Etnik yang Dikemas Lebih Modern:  Ruang Makan by AIRE INTERIOR
AIRE INTERIOR

Rumah Bergaya Etnik yang Dikemas Lebih Modern

AIRE INTERIOR

Mengintegrasikan dua area dengan fungsi berbeda sering diterapkan pada desain rumah modern untuk menghadirkan suasana yang lebih lapang dan terbuka. Dari segi mobilitas, penghuni rumah juga lebih dimudahkan karena jarak antara dapur dan meja makan sempurna untuk aktivitas makan bersama. Warna coklat, putih, dan abu-abu masih menghiasi dua area ini, menciptakan kesinambungan dengan ruangan lainnya. 

Ruang makan eksotis

Aksen dinding sering menjadi alternatif untuk mendekorasi ruangan yang mudah dan tanpa banyak biaya. Di ruang makan ini, aksen dinding dihadirkan melalui pemanfaatan kertas dinding bernuansa alami. Sedangkan dinding di sebelahnya dilapisi keramik berwarna beige agar serasi dengan lantai dek kayu dan furnitur kayu. Sekali lagi ornamen klasik digunakan sebagai dekorasi agar jendela berfungsi lebih selain sebagai ventilasi. 

Plafon kayu

Wood Ceiling Decorative:  Rumah teras by AIRE INTERIOR
AIRE INTERIOR

Wood Ceiling Decorative

AIRE INTERIOR

Saat ini penggunaan material kayu untuk langit-langit rumah memang cukup jarang diterapkan, apalagi yang dirancang sebagai detil pada plafon gypsum seperti pada gambar. Detil yang terinspirasi atap rumah bangsawan Jawa ini memerlukan ketrampilan khusus dan perencanaan matang dalam proses pembuatannya. Pada akhirnya, kerja keras itu akan terbayar mengingat impresi keanggunan dan kemegahan yang dihasilkan. 

Tertarikkah Anda mengaplikasikan sentuhan tradisional pada hunian Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!