Studio Apartment:   by G | moment capture

Apartemen Studio Modern Minimalis yang Fungsional di Tiap Sudutnya!

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Adalah sebuah fakta bahwa kebanyakan apartemen di Jakarta pada saat ini umumnya berukuran kecil. Apartemen ukuran kecil yang kerap disebut sebagai apartemen studio ini tentunya memerlukan perhatian lebih dalam mendesain atau mendekorasinya. Sangatlah penting untuk menjaga ukuran perabot maupun jenis perabot yang ada dalam rumah agar tidak memenuhi ruangan dan membuatnya terasa sesak. Pada buku ide kali ini, professional kami akan membawa kita berkunjung ke sebuah proposal desain apartemen studio di Jakarta yang berukuran hanya 30 m2 namun behasil didesain dengan baik, rapi, dan tentunya memenuhi kebutuhan penghuninya dengan baik.

1.Dapur yang Kompakt

Studio Apartment:   by G | moment capture
G | moment capture

Studio Apartment

G | moment capture

Dengan terbatasnya luasan ruangan, tidak berarti kita tidak bisa memiliki semua yang dimiliki oleh rumah berukuran besar. Namun, kita perlu menerapkan konsep desain kompak (Compact) dalam perencanaannya. Salah satu contohnya adalah dapur pada apartemen ini. Selain memaksimalkan area penyimpanan pada bagian atas area kerja dapur, perancang juga mengalokasikan rak khusus untuk microwave serta mesin cuci yang sudah menjadi semakin awam pada rumah di Jakarta, khususnya apartemen.

2. Integrasi Lebih Lanjut dengan Ruang Tamu dan Tidur

Studio Apartment:   by G | moment capture
G | moment capture

Studio Apartment

G | moment capture

Pada sisi dinding yang sama, perancang juga mengalokasikan kebutuhan penghuni lainnya, yaitu lemari baju, serta rak TV. Dengan pemilihan material yang sama antara elemen dapur dan ruang tidur atau keluarga. Keseragaman material dalam desain yang ada terlihat serasi dan juga membentuk kesan lapang, suatu suasana yang sangat dibutuhkan dalam apartemen berukuran kecil.

Lemari kecil bukanlah sebuah masalah asal selalu terjaga kerapiannya. Simak 5 Tips Jitu untuk Menjaga Kerapian Lemari Pakaian Anda jika Anda tidak memiliki lemari yang besar.

3. Memaksimalkan Potensi Cahaya Natural

Studio Apartment:   by G | moment capture
G | moment capture

Studio Apartment

G | moment capture

Dengan luasan yang kecil, tentunya ruangan yang ada juga tidak memiliki banyak bukaan jendela untuk matahari ataupun ventilasi udara. Sangat cerdik bagi perancang interior apartemen ini, untuk memposisikan tempat tidur sejajar dengan bukaan yang merupakan akses utama sinar matahari ke dalam ruangan. Dengan demikian, penghuni unit ini tentunya tidak akan kekurangan cahaya matahari.

4. Alternatif Pilihan Dekorasi

Studio Apartment:   by G | moment capture
G | moment capture

Studio Apartment

G | moment capture

Selain pilihan ruangan, pemilihan dekorasi pada ruangan juga menjadi penting. Pada gambar berikut ini terlihat alternatif pilihan desain untuk kamar tidur. Sebenarnya kedua desain yang disuguhkan sungguhlah sangat manis dan sangat sulit untuk dipilih. Bingkai foto pada gambar nomor 3. dapat menjadi sebuah tempat penyimpanan untuk memori anda bersama teman atau keluarga, dan di sisi lain, pada gambar diatas ini adalah sebuah dekorasi kristal yang sangat cantik dan berkilau, namun tidak memberikan kesan penuh karena pilihan material yang transparan.

Masih bingung dengan pilihan dekorasi mana untuk apartemen Anda? Tanyakan pada Interior desainer dan Dekorator pilihan Homify dan dapatkan saran lebih lanjut mengenai desain atau dekorasi untuk apartemen impian Anda.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!