41 Rumah Kontainer yang Dijamin Membuat Anda Terpikat! | homify 41 Rumah Kontainer yang Dijamin Membuat Anda Terpikat!
Error: Cannot find module './CookieBanner' at eval (webpack:///./app/assets/javascripts/webpack/react-components_lazy_^\.\/.*$_namespace_object?:3688:12) at at process._tickCallback (internal/process/next_tick.js:189:7) at Function.Module.runMain (module.js:696:11) at startup (bootstrap_node.js:204:16) at bootstrap_node.js:625:3

41 Rumah Kontainer yang Dijamin Membuat Anda Terpikat!

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Ruang Keluarga Gaya Rustic Oleh homify Rustic
Loading admin actions …

Container house atau rumah kontainer adalah salah satu terobosan brilian dalam bidang arsitektur. Tak hanya unik dari segi struktur bangunan, jenis rumah ini juga ramah kantong dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan rumah-rumah konvensional. Dalam membangunnya, Anda juga tidak perlu mempraktikkan serangkaian metode konstruksi tradisional rumit, yang sering kali berisiko membahayakan lingkungan serta kesehatan Anda.

Cukup dengan bujet kurang dari 100-an juta rupiah, dalam waktu singkat, Anda sudah bisa memiliki rumah kontainer modern yang luas. Di samping sebagai tempat tinggal, secara khusus, rumah kontainer juga cocok untuk berbagai jenis kios mobile, perpustakaan, motel, dan yang lainnya. Karena sifatnya mobile, rumah kontainer juga merupakan solusi tepat bagi Anda yang ingin memiliki hunian, namun belum punya dana untuk membeli lahan. 

Memang sih, selama ini, banyak orang beranggapan rumah kontainer tampak seperti konstruksi sementara yang tidak cantik sama sekali. Sebagian lainnya berpendapat, rumah kontainer berhawa panas, sehingga tidak cocok untuk iklim Indonesia. Eits, tapi anggapan itu akan langsung 100% salah bila melihat rumah kontainer cantik di Buku Ide kali ini!

Seputar Rumah Kontainer

Rumah kontainer adalah hunian yang dihasilkan dari restrukturisasi ruang kargo kontainer ke dalam wujud ruang tamu, ruang keluarga, atau bentuk bangunan komersial. Dengan kreativitas, material sisa struktur truk kontainer yang berukuran besar disulap menjadi ruangan di mana orang-orang dapat beraktivitas dengan nyaman. Di samping hemat biaya dan mampu memangkas waktu konstruksi, rumah kontainer termasuk kategori arsitektur hijau berkelanjutan, karena turut membantu mengurangi limbah lingkungan.

Mengingat materialnya termasuk konduktor yang baik, hawa panas yang lebih terasa di musim kemarau memang menjadi salah satu kekurangan dari rumah kontainer. Akan tetapi, sebenarnya hal ini ada solusinya, kok. Di antaranya yaitu lewat metode isolasi pasif, seperti penggunaan panel isolasi, desain dinding berongga ganda, peningkatan ventilasi alami, dan ventilasi mekanik. Di saat yang bersamaan, Anda juga dapat melapisi rumah dengan material yang mampu melindunginya dari radiasi sinar matahari secara langsung. Selain itu, tempatkan pula tanaman-tanaman hijau untuk mengurangi hawa panas sekaligus membawa energi positif ke rumah.

Nah, langsung saja, yuk, lihat 41 foto rumah kontainer di bawah ini, yang dijamin mampu membuat Anda terpikat serta ingin memilikinya!

Rumah Dua Lantai, Lengkap dengan Semua Fasilitas yang Anda Butuhkan!

Contoh pertama kita hari ini adalah sebuah rumah dari kontainer dua lantai yang nyaman dan mampu mencuri hati siapa pun yang melihatnya. Rumah dua lantai ini selesai dibangun dalam waktu kurang dari 2 bulan, lho! Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, di lantai 2 rumah ini terdapat balkon berpagar kayu, di mana penghuni rumah dapat bersantai sambil bercengkrama dengan orang-orang tersayang.

Kaca Transparan Besar yang Membuat Area Indoor dan Outdoor Serasa Menyatu

Supaya rumah ini tidak terlalu panas dan nyaman dihuni, arsiteknya memanfaatkan kaca transparan besar sebagai variasi lain untuk dinding di rumah kontainer ini. Berkat dinding kaca ini, kesan tinggal di rumah kontainer pun akan berkurang saat Anda berada di dalamnya. Di samping itu, rumah juga terkesan lebih lega, karena area indoor dan outdoor seolah menyatu tanpa sekat!

Dapur Kecil yang Modern dan Serbaguna

Mengingat rumah kontainer ini berukuran cukup kecil, ruang fungsional seperti dapur perlu diatur sefleksibel mungkin. Nah, perancang rumah ini berhasil melakukannya dengan baik. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, furnitur multifungsi sengaja dipilih untuk mengisi ruang dapur, sehingga meja di sana tak hanya berfungsi sebagai meja makan, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai meja kerja. Selain menghemat ruang, terobosan cerdas ini juga menghemat biaya!

Kamar Tidur yang Nyaman

Bila memasuki kamar ini, sulit rasanya membayangkan bahwa Anda tengah berada di sebuah rumah kontainer. Bagaimana tidak, kamar ini terlihat sangat nyaman, bukan? Ini semua berkat area penyimpanan dan furnitur yang tersusun rapi, serta ditunjang dengan pencahayaan yang baik.

Kamar Mandi yang Wah

Kamar mandi di sini hadir dengan desain dan perlengkapan yang modern. Terbilang wah untuk kamar mandi di rumah kontainer, bukan?

Rumah Kontainer Mobile

Tahukah Anda? Dari tahun ke tahun, tren rumah mobile semakin populer lho di seluruh dunia! Hal ini bukan tanpa sebab. Alasannya, banyak keluarga yang masih terkendala masalah administrasi seperti dokumen, perizinan, dan sebagainya, sehingga mereka belum bisa mendirikan bangunan permanen.

Untuk Anda yang juga tertarik memilikinya, berikut gambaran desain rumah kontainer mobile yang bisa menjadi referensi:

Denah Rumah Mobile

Ini adalah denah rumah mobile berukuran 6,06 x 2,44 meter. Dengan gambar container, terdiri dari 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 toilet, ruang serbaguna, dan ruang kerja, rumah ini bisa menjadi hunian yang nyaman untuk 1 orang.

​Furnitur

Ruangan ini sebenarnya tidak luas. Akan tetapi, berkat pintu kaca dan dinding yang dimanfaatkan  sebagai tempat penyimpanan dengan baik, ruangan ini jadi tampak rapi dan cantik. Rumah ini cukup nyaman ditinggali, karena desain interiornya yang fleksibel.

Satu Lantai, Tapi Modern, Mewah, dan Begitu Atraktif

Rumah Gaya Rustic Oleh homify Rustic

Pada contoh ketiga ini, Anda akan dibuat kagum dan tak menyangka bahwa rumah ini adalah rumah kontainer. Ya, meski hanya satu lantai, rumah ini tampak begitu modern, mewah, dan atraktif, tak kalah dengan bangunan rumah konvensional. Setuju?

​Keseluruhan Dindingnya Dilapisi Kayu

Ruang Keluarga Gaya Rustic Oleh homify Rustic

Begitu masuk ke dalam rumah ini, Anda bahkan tak akan melihat jejak kontainer sama sekali! Sebab, seluruh dinding, plafon, dan lantai sudah dilapisi kayu solid. Pada dinding juga terdapat aksen menyerupai pintu yang menciptakan kesan ada ruang lain di baliknya.

​Interior Mewah, Perpaduan Gaya Rustic dan Modern

Kamar Tidur Gaya Rustic Oleh homify Rustic

Dengan memasukkan unsur material dan interior yang mewah, rumah ini tampak stunning, layaknya rumah konvensional, ya?

Rumah Kontainer di Tengah Hutan yang Cukup untuk 3 Orang

Dengan desainnya yang praktis, rumah sepanjang 12 meter ini cukup untuk menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi keluarga dengan 3 orang anggota.

Dapur Sederhana yang Rapi

Inilah gambaran interior dapur dari rumah kontainer ini. Dapur ini tampak sederhana dan rapi, tak ubahnya dapur di rumah konvensional, bukan?

Interior yang Semarak

Interior rumah dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 ruang dapur ini tampak begitu semarak dan penuh energi positif. Setuju?

Rumah Kontainer Bergaya Industrial Seluas 89 m2

Contoh yang satu ini dijamin bisa membuat Anda tertarik! Rumah kontainer dengan interior bergaya industrial ini diperluas hingga berukuran 89 m2. Jadi, tak hanya ruang tamu, ruang makan, kamar, dan dapur, rumah ini juga memiliki beberapa ruang fungsional lain seperti ruang baca dan kamar mandi yang keren.

Dapur

Dapur di rumah ini didekorasi dengan material bernuansa mewah serta aneka perlengkapan modern. Furnitur kayu berwarna natural dan atap black metal adalah kombinasi menarik yang membuat ruangan tampak unik! O iya, lampu cantik yang digantung di langit-langit ruangan adalah salah satu highlight ruangan ini.

Kamar Tidur

Ruang kamar tidur di sini memiliki tempat tidur cukup tinggi. Langit-langit dan dinding metalnya membuat kesan industrial begitu terasa. Lukisan dinding artistik sebagai elemen dekoratif tak hanya menunjukkan kepribadian pemiliknya, tetapi juga sekaligus membawa vitalitas dan kehangatan pada ruangan.

Rumah Kontainer Ramah Lingkungan

Rumah kontainer yang satu ini memiliki desain yang dinamis dan sustainable. Rumah yang dibangun dari kombinasi rangka kontainer serta bilah-bilah kayu ini tampak unik dan modern sekaligus.

Perpaduan Warna yang Unik

Kamar Mandi yang Stylish

Beberapa contoh lainnya

Nah, mana yang paling Anda suka? Beri tahu kami di kolom komentar, ya!

Desain rumah kontainer

Kalau biasanya hunian dibangun dari kayu, batu, semen, dan lain sebagainya, nah hunian satu ini menggunakan peti kemas sebagai bahan bangunan utamanya. Dan ternyata banyak loh orang-orang yang mendirikan rumah kontainer daripada rumah biasa, baik itu dijadikan cafe, kedai kopi, hingga tempat tinggal.

Apa saja kelebihan rumah kontainer?

1. Kokoh

Karena terbuat dari kotak kontainer yang memiliki struktur besi, jika terjadi gempa, konstruksi besi bisa meredam getaran dan keretakan struktur bangunan.

2. Gampang dipindahkan

Salah satu keuntungan memiliki rumah kontainer adalah mudah dipindahkan, namun pastikan lebih dahulu ya apakah lokasi yang baru, memadai untuk pembangunan rumah kontainer.

3. Harga lebih murah

Biaya yang dikeluarkan untuk rumah kontainer lebih murah jika dibandingkan rumah normal. Harganya bervariasi, mulai dari Rp15 juta (kontainer bekas ukuran 20 feet), dan kira-kira Rp30 juta untuk kontainer baru berukuran 20 feet.

4. Pengerjaan lebih cepat

Biasanya rumah kontainer butuh 1-3 bulan pengerjaan. Kamu bisa menanyakan rincian biasanya pada jasa pemasangan rumah kontainer atau arsitek jika ingin membangun rumah peti kemas.

5. Ramah lingkungan

Kita bisa menggunakan kembali kontainer yang sudah tidak terpakai dan direnovasi dengan cantik menjadi tempat tinggal.


Bagaimana merancang desain rumah kontainer?

Berbagai desain bisa Anda tuangkan dalam rumah kontainer. Mau itu rumah kontainer satu lantai, dua lantai, atau 3 lantai, di mana kontainer akan ditumpuk. Jadi perhatikan posisi pintu dan jendela ya agar rumah kontainer Anda tidak pengap dan sirkulasi udaranya baik.

Dan jangan lupa, rumah kontainer membutuhkan jalur pipa, air bersih, listrik, dan sistem pendingin udara. Jadi rencanakan dari awal ya untuk peletakan dan pengaplikasiannya.

Rumah kontainer mewah

Wow, coba lihat rumah kontainer mewah satu ini, rumah impian sekali ya? Dengan kontainer yang ditumpuk menjadi rumah bertingkat, kontainer di cat dengan menggunakan warna pink yang cantik.

Dari kejauhan terlihat jelas rumah kontainer begitu nyaman, dan tidak kalah dari rumah beton pada umumnya. Justru rumah ini begitu mencuri perhatian!

Untuk naik ke dek atas, tersedia tangga, di mana di bagian bawah kontainer yang menyerupai kolong bisa dijadikan sebagai carport.

Begitu naik ke atas kita akan disambut dengan teras yang hijau, dengan pepohonan rimbun yang membuat suasananya begitu natural dan segar. Di sini disediakan bangku untuk berjemur dan juga meja kayu yang bisa dijadikan tempat bersantai untuk makan dan juga minum. Pada lantai atasnya lagi ada tempat duduk malas dilengkapi payung. Dengan perpaduan kontainer dan juga material kayu, rumah satu ini begitu menakjubkan!

Masuk ke dalamnya, wah suasananya serasa tidak di dalam rumah kontainer. Dengan interior yang stylish, ruangan dikelilingi dengan jendela dan pintu besar terbuat dari kaca, di mana sinar matahari bisa langsung masuk ke dalam rumah. Dan pemilik pun juga memiliki pemandangan yang indah.

Nah, untuk memaksimalkan fungsi ruang, area ini dijadikan ruangan 3in1, di mana keluarga bisa berkumpul rame-rame di sini, karena tempat ini begitu multifungsi. Ada sofa untuk ruang keluarga, lalu ada dapur dengan kitchen island yang juga dijadikan sebagai area duduk, plus ditambah area meja makan. Cantik sekali ya dekorasinya?

Lalu naik lagi ke lantai paling atas, kita akan menemukan kamar tidur utama. Kami begitu terpesona dengan view kamar yang meneduhkan mata, di mana pepohonan dan pemandangan luar ruangan menjadi poin plus untuk kamar tidur ini.

Jendela-jendela besar turut diaplikasikan di kamar ini, dengan pintu geser yang menghemat pemakaian ruang.

Kamar tidur ini memiliki balkon pribadi yang juga terbuat dari lantai kayu, di mana pemillik bisa bersantai di bangku malas, sambil menikmati buku dan minuman, dan area ini menjadi tempat relaksasi yang begitu menyenangkan.

Nah, rumah kontainer mana yang paling Anda suka?
Rumah Modern Oleh Casas inHAUS Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian