Dapur by ARCE MOBILIARIO

10 Contoh Dapur Kecil yang Didesain dengan Tepat

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Ketika Anda memiliki area rumah yang hanya beberapa meter persegi, sangat mungkin jika dapur menjadi area yang terpaksa harus dikurangi luasnya. Dapur yang kecil bukan menandakan adanya dapur yang tidak efisien dan tidak nyaman untuk digunakan sebagai tempat memasak dan bekerja. Memang benar ruang gerak akan terbatas sehingga mungkin agak sulit untuk mengajak orang lain membantu Anda memasak ketika Anda membutuhkan tenaga ekstra, namun dapur yang demikian tetap saja dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. 

Berikut ini akan ditunjukkan beberapa contoh untuk memecahkan masalah desain dapur mungil nan sederhana dan memaksimalkan setiap sentimeter dapur yang tersedia.

1. Dapur dan ruang makan menyatu dan lengkap

Dapur ini berlokasi di ruang makan yang terintegrasi dengan dapur, yang merupakan bagian dari area sosialisasi pada rumah. Desain dapur dengan ruang makan membuat meja juga menjadi area tempat mengolah makanan sekaligus tempat menikmati makanan. Furnitur dapur secara sesuai menempati area berbentuk huruf L yang menempel pada kedua dinding yang membatasinya.

2. Ketika dapur berada pada area berlekuk

Pada area rumah yang berlekuk namun ergonomis ini, terdapat solusi untuk penempatan dapur. Anda dapat melihat bahwa angle yang tampak sulit sekalipun masih bisa dimanfaatkan. Semua bagian dapur diletakkan di sudut ruangan dan lekukannya malah membuatnya tampak luas.

3. Pada dinding berwarna

Warna pada dinding membuat dapur terasa lebih menyenangkan tanpa menempati terlalu banyak tempat di bagian depan yang telah menjadi lokasi ruang makan.

4. Bar pada dapur

Bar berikut ini merupakan area island pada dapur kecil yang bersifat sebagai pelengkap dan bar sarapan atau ruang makan yang tidak formal. Dengan dua elemen berlawanan, semuanya sudah ditata sedemikian rupa agar dapur dapat digunakan.

5. Dapur padat dalam warna putih

Area tempat memanggang dengan tudung ekstraktornya menemani ruang tempat makan, yang menjadi area bantuan untuk mempersiapkan makanan.

6. Area panggangan lengkap dengan tudung ekstraktor dalam dapur kecil berbentuk L

Dengan area penyimpanan yang berkecukupan pada laci penyimpanan bagian bawah dapur, desain ruangan berbentuk huruf L ini memecahkan masalah dapur yang terbatas luasnya.

7. Pada sudut ruangan

Seperti yang terlihat pada gambar, sudut ruangan ini secara tepat memecahkan masalah dapur dengan kelengkapannya dan sentuhan akhir kayu terang yang menjadi konklusi desain yang indah.

8. Pada dinding

Pada bagian dinding, dapur yang terbatas ini memiliki dapur ala kapal dengan bagian atas dan bawah sebagai tempat penyimpanan ganda.

9. Di mana tempat penyimpanan untuk dapur kecil?

Ketika area yang dijadikan dapur tidak terlalu besar, Anda perlu berimprovisasi dengan desain kabinet dan laci penyimpanan untuk mengoptimalkannya dan memuat semua peralatan memasak dan makan yang Anda butuhkan.

10. Warna di dapur kecil

Jangan membatasi penggunaan warna pada dapur kecil Anda, namun cobalah warna-warna terang, jernih dan kombinasi keduanya sehingga dapur tidak terasa sesak. Dalam hal ini, warna putih dan kombinasi warna merah ceri memberikan sentuhan menarik.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!