Ruang Keluarga by スズケン一級建築士事務所/Suzuken Architectural Design Office

9 Ide Manfaatkan Dinding Sebagai Tempat Penyimpanan

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Waktu terus berganti, dan tanpa disadari kita mengumpulkan barang di rumah kita sedikit demi sedikit. Agar tak membuat suasana rumah penuh sesak, barang-barang tak terpakai sebaiknya disingkirkan atau diberikan pada yang membutuhkan. Sedangkan sisanya bisa disimpan untuk keperluan tak terduga. Bila semua lemari sudah penuh terisi, dinding bisa disulap jadi tempat penyimpanan yang efektif dan tidak menyakitkan mata. Berikut adalah beberapa ide dari kami.  

1. Rak buku di langit-langit

Pecinta buku mana pun pasti jatuh cinta melihat ruangan ini. Secara brilian, perancang ruangan ini telah memanfaatkan segala sudut yang tersedia untuk menyimpan buku. Mulai dari langit-langit sampai lantai, semua penuh terisi buku. Bentuk rak buku disesuaikan dengan bentuk ruangan, sehingga terciptalah sebuah surga buat si kutu buku. 

2. Gantungan baju

 Corridor, hallway & stairs by HolzDesignPur
HolzDesignPur

Kleiderleiste CUTTER RACK von Skagerak

HolzDesignPur

Pasang pengait agar Anda bisa menggantungkan pakaian, tas, atau topi yang tidak digunakan. Dengan tambahan asesoris warna-warni, item fashion Anda berubah fungsi menjadi elemen dekorasi ketika digantungkan di sini. 

3. Rak berkelambu

Saat semua tempat penyimpanan yang ada di rumah penuh terisi, kita harus pandai manfaatkan apa saja yang tersedia sebagai tempat penyimpanan alternatif. Sebuah rak bisa berubah fungsi jadi lemari pakaian cukup dengan menambahkan kelambu dari kain kanvas seperti contoh. 

4. Papan gypsum

Anda juga bisa manfaatkan papan gypsum agar dinding Anda menjadi tempat penyimpanan yang efektif seperti contoh ini. Barang-barang ini tampak menempel di papan gypsum berkat bantuan teknik drywall anchor. Ini adalah semacam paku penggantung khusus yang mengunci paku itu di dalam papan gypsum. Sedangkan cara menempelkan barang ke papan gysum adalah: 

1. Tentukan di mana Anda akan memasang paku, sesuai keinginan Anda atau ukuran benda yang akan dipasang di papan gypsum. 

2. Posisikan paku dan pasang paku dalam papan gypsum menggunakan bor, lalu putar ke arah berlawanan dengan jarum jam. 

3. Paku siap digunakan untuk menggantung benda-benda kesayangan Anda. Harap perhatikan berat benda yang digantungkan, karena paku drywall hanya bisa menahan beban sampai dengan 12 kg. 

5. Tempelan kaca

 Bathroom by Design.konzeptamsaugnapf
Design.konzeptamsaugnapf

Lange Saug-Garderobe an zwei Saugnäpfen

Design.konzeptamsaugnapf

Ada juga yang menyebutnya dengan ceplokan kaca. Kita bisa menggunakannya sebagai media untuk menempatkan pengait handuk ke dinding kamar mandi tanpa perlu melubangi dinding dengan paku. Agar tempelan kaca tidak mudah lepas, pasang semacam perekat untuk tempelan kaca sebelum Anda menempelkannya ke dinding. 

Baca juga: 10 Ide Fantastis Untuk Kamar Mandi Kecil 

6. Rak dinding tempel di atas tempat tidur

Cara ini akan sangat bermanfaat bila kamar tidur Anda berdimensi kecil. Anda bisa membuat sendiri rak dinding tempel yang terdiri dari sepotong papan kayu dan siku-siku sebagai penyangganya. Rak dinding tempel dalam berbagai bentuk dan gaya saat ini juga bisa dibeli secara online. 

Lihat beberapa desain rak kayu menarik di sini: 7 Rak Kayu Unik Untuk Mempercantik Rumah 

7. Menyangga televisi layar datar

Berkat perkembangan teknologi, televisi tampil lebih ramping, lebih ringan, dan layar yang lebih besar. Kita tak lagi direpotkan oleh di mana menempatkan televisi tabung yang berat dan makan banyak tempat. Dengan bantuan kunci inggris penguat, bor listrik, palu, obeng, dan meteran, kita bisa menggantungkan televisi layar datar di dinding. Pilih titik strategis agar televisi terlihat dari berbagai sudut dalam ruang keluarga. 

8. Lemari tanam dinding

 Ruang Ganti by Letniskowo.pl s.c. Jacek Solka, Marek Garkowski
Letniskowo.pl s.c. Jacek Solka, Marek Garkowski

Garderoba w całorocznym domku drewnianym 12x4m – Domek mobilny na kołach

Letniskowo.pl s.c. Jacek Solka, Marek Garkowski

Saat ini lemari tanam dinding bisa didapatkan dengan mudah di vendor-vendor furnitur dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Ada dua pilihan untuk Anda, membeli atau memesan pada ahlinya. Lemari tanam akan membantu pemilik rumah menghemat ruang, baik di kamar tidur, dapur, atau ruang keluarga. Sangat disarankan bagi mereka yang tinggal di rumah kecil

9. Membuat sendiri (DIY)

Ada beragam jenis rak dan lemari ditawarkan, tapi tak satu pun klik dengan Anda. Bagaimana kalau Anda merancang dan membuat sendiri tempat penyimpanan yang Anda inginkan? Bila butuh ide, homify selalu siap menjadi sumber inspirasi Anda. Apapun desain atau material yang Anda pilih, pastikan hasilnya bermanfaat, tahan lama, dan tak menyakitkan saat dilihat. 

Manakah yang akan Anda pilih beli jadi atau buat sendiri rak dinding tempel? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!