by AD+

Inspirasi Rumah 60 Meter Persegi dengan Layout Cerdas

Rachel Audrey Rachel Audrey

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Jika Anda masih percaya bahwa perumahan perkotaan hanya sekitar sudut dengan arsitektur klasik, pikirkan lagi! Pada proyek ini, kita akan melihat solusi lain untuk lahan khas arsitektur jalanan Saigon dengan luas 4x15m.

Dengan kecerdikan dan kecanggihan mereka, arsitek telah mendekati konsep arsitektur cerdas yang berbeda: rumah kaskade dan kombinasi desain ventilasi harmonis. Hal inilah yang membuat rumah menjadi seperti sebuah karya seni yang bisa memuaskan setiap pemilik! Rumah ini dirancang oleh arsitek dari AD + Studio (ADPLUS STUDIO), pasti akan ada banyak kejutan menanti Anda di dalam!

Mari menjelajah bersama Homify

Angin di ruang tamu

  by AD+
AD+
AD+

Dengan pintu besar seperti ini, penggunaan angin tidak menyebabkan sakit mata. Alasannya adalah karena perabotan di dalam ruangan telah disempurnakan, yaitu hanya menyisakan yang paling indah: bangku kayu, meja kaca, rak untuk TV dan lemari. Pada saat yang sama, desain pintu dibuat unik. Hal ini membuatnya terlihat seperti layar cantik yang mengarah ke taman indah.

Bahan bata juga digunakan untuk sistem pintu vertikal, menekankan kontras antara marmer putih dan bata. Dua lapis besi + angin kombinasi kaca belakang jendela belakang memiliki peran yang sama seperti bingkai pelindung dan bisa dibuka dari dalam. Hal ini berinisiatif untuk menyambut angin ke dalam bangunan.

Lokasi rumah cukup rahasia

  by AD+
AD+
AD+

Kerugian terbesar dari rumah perkotaan adalah bahwa cahaya alami sulit ditemukan di rumah karena memiliki empat sisi, kedua sisinya sering menempel dengan tetangga dan tidak nyaman untuk jendela. Hanya menggunakan bagian depan dan belakang untuk membawa cahaya alami ke dalam rumah juga sangat terbatas. Tapi tunggu, ada apa? Jangan mengabaikan atap dan asumsikan itu hanya memiliki fungsi perlindungan matahari. Jika dilakukan dengan benar, masih bisa menjadi alat yang ampuh untuk vitalitas interior rumah yang lebih terang.

Berdasarkan kondisi lokasi konstruksi, bangunan didesain dalam hati, berkonsentrasi pada titik tengah lantai pinus.

Angin di inti kaskade

  by AD+
AD+
AD+

Untuk mengatasi kekurangan penempatan jendela, kita bisa menggunakan cascade core – yaitu pilar ruang berlubang, sebagai batu loncatan untuk membawa udara dan cahaya masuk ke dalam rumah. Area  ini bertindak sebagai ruang transit, dengan pola tertentu yang membawa cahaya alami dan udara jauh ke dalam gedung.

Selain itu, ada senjata yang bagus untuk mengatasi masalah tersebut. Angin  mungkin aneh bagi banyak orang, tapi ini adalah detail arsitektural yang sangat digemari baik rumah tradisional maupun modern. Yaitu menggunakan motif berlubang dan terbuat dari bahan seperti kayu, ubin batu, aluminium cor, dan sebagainya untuk menghubungkan ruang indoor dan outdoor. Meski terlihat sedikit seperti langit-langit, bagaimanapun efek estetika yang telah dicapai turbin angin membuatnya berkilau dan lebih eye-catching.

Tangga

  by AD+
AD+
AD+

Siapa yang tahu tangga antariksa itu sebagai elemen pelengkap? Tapi di sini ia menjadi pusat rumah. Kepraktisannya terletak pada desain resonan, yang membantu pemisahan ruang lebih baik serta mengoptimalkan interior-interior rumah.

Tangga disusun dengan ruang untuk melangkah (step space), corong-corong berbentuk optimal. Tata letak lantai 1 akan menciptakan ruang terjauh antara ruang pribadi, umum, dan menjaga privasi kamar tidur saat dibuka ke area. Sistem atap angin merupakan fokus utama proyek untuk memanfaatkan cahaya efektif yang tinggi. Menurut langkah peningkatan, cahaya akan menyapu melalui atap untuk membuat titik jatuh bayangan yang menghias pada dinding, tangga, bergerak dan berubah dari waktu ke waktu. Meski memiliki desain tangga dan pagar hitam yang terbuat dari kaca modern. namun masih berpola rapi. Dan atap menangkap angin berkat tiang yang terbuat dari bahan serupa.

Angin di kamar tidur

  by AD+
AD+
AD+

Seperti yang bisa Anda lihat, kamar tidur, meski nampak sederhana namun hanya bingkai bunga kincir angin indah yang diangkat ke ketinggian  baru. Berkat sumber cahaya yang berasal dari koil ventilasi di bagian depan ruangan, kita bisa menggunakan pintu sebagai jendela, menyalakan ruangan dan menjaga privasi.

Lemari di bawah jendela

  by AD+
AD+
AD+

Di kamar lain, sang pemilik dengan cerdik menghemat ruang dengan lemari dinding yang diletakkan di bawah jendela. Dengan menggunakan pintu yang terbuat dari kayu dan dinding sebagai kabinetnya tak terlihat, membuat ruangan terlihat sempit.

Bathub di kamar tidur

  by AD+
AD+
AD+

Meski ukuran jendela sangat sederhana, mengapa ruangan begitu penuh dengan sinar matahari? Sekali lagi, inti dari lantai untuk mempromosikan efeknya. Di sisi lain ruangan, ada bathtub yang diterangi secara langsung karena diletakkan di samping lantai. Dan meski lokasinya agak berani (ada yang bertanya-tanya di mana bak mandi itu berada di kamar tidur), ini masih kamar impian, kan?

Kamar mandi di belakang

  by AD+
AD+
AD+

Dari perspektif ini, kita akan memiliki pandangan yang lebih baik tentang area bak mandi. Untuk membuat nuansa baru, dinding benar-benar digantikan oleh kaca transparan agar Anda bisa memanjakan bayang-bayang indah di dinding. Atau lebih baik lagi, jika Anda ingin meraih sinar matahari yang hangat, memiliki bingkai jendela persegi panjang untuk memenuhi kebutuhan. Tentu saja, tidak semua orang ingin melihat saat mandi, jadi jangan lupa menambahkan gorden!

Desain tangga

  by AD+
AD+
AD+

Dengan desain tangga, kita bisa dengan terampil menerapkan 18 tangga ideal untuk konstruksi rumah kecil atau 16 tangga pedesaan yang sempurna untuk rumah.

Dekat dengan bunga

  by AD+
AD+
AD+

Seperti yang bisa Anda lihat, tekstur bunga  yang indah saat melihatnya lebih dekat. Desain corong tegak yang unik memungkinkan rumah meregangkan vitalitasnya, terutama bila menyangkut keberadaan taman di luar balkon dan tempat tidur bunga kecil di samping tangga.

Kita tidak akan melupakan visi perancang. Dengan pemikiran baru dalam kelanjutan atap angin di interior rumah, meski tidak mempromosikan penggunaan ventilasi dan pencahayaan, namun memiliki fungsi bebas dekoratif. Jika Anda melihat dari dekat, maka akan menemukan bahwa meja terbuat dari kaca dan telah mencerminkan patung-patung halus di atapnya yang miring dengan tanpa sengaja! Bergantung pada arah matahari pada waktu yang berbeda, sepanjang hari angin akan menciptakan lukisan bola yang sangat menawan. Selalu berubah dan tidak pernah membosankan.

Angin masuk melalui pintu

  by AD+
AD+
AD+

Angin masuk melalui pintu selain atap. Hanya beberapa perubahan kecil yang memiliki pola yang sama sekali baru. Padahal, Anda bisa berkreasi dengan hiasan ini tanpa takut terkena.

Pintu tahan cuaca

  by AD+
AD+
AD+

Pastikan bahan pintu dan atap tahan lama dan cuaca. Perlu diingat juga bahwa Anda harus  sering bersih-bersih dan sanitasi. Namun, untuk memberi rumah Anda wajah seperti itu, hal tersebut benar-benar layak, bukan?

Pola pintu

  by AD+
AD+
AD+

Rumah di malam hari

  by AD+
AD+
AD+

Tidak hanya bercahaya di siang hari, tapi di malam hari rumah juga terlihat berkilau, berkat cahaya kuning misterius  yang berkilau di balik jendela. Seperti dongeng yang membawa mimpi hangat.

Desain cerdas menghitung arah matahari

  by AD+
AD+
AD+

Proyeksi matahari adalah faktor penentu bagaimana Anda menerapkan kaskade. Selain itu, dengan desain angin, Anda juga harus mempertimbangkan posisi pintu untuk mencapai efisiensi maksimal.

Gambar rumah

  by AD+
AD+
AD+

Ruang tinggal di rumah ini sangat masuk akal: Dapatkan ruangan sebagai pusat dan dari sana, tatalah letak ruangan di kedua sisinya. Ini adalah cara untuk mengatasi ruangan sempit dari keuntungan jangka panjang dari rumah tabung bertingkat.

Model miniatur

  by AD+
AD+
AD+

Akhirnya, mari kita lihat model miniatur rumah tersebut. Cantik, bukan?

Kami berharap setelah artikel di atas, Anda berani menerapkan dua tips arsitektur yaitu inti dan turbin angin di rumah dengan bantuan para arsitek! Semoga sukses! 

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!