Taman by Gardenplan Design

25 Ide Untuk Merancang Taman Kecil

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Taman adalah paru-paru rumah kita. Bukan hanya berperan sebagai sumber udara bebas polusi, taman juga mempunyai peran dalam mempercantik penampilan rumah. Dengan adanya taman, sebuah rumah sederhana pun bisa terlihat layaknya hotel berbintang. 

Bila Anda tinggal di pemukiman padat penduduk atau di apartemen, tak perlu putus asa karena tak punya area memadai untuk taman impian. Manfaat taman masih bisa diperoleh, tanpa memandang besar atau kecilnya lahan. Sebuah sudut sempit pun bisa diolah agar menghasilkan kesegaran. Bagaimana caranya? Beberapa ide berikut mungkin bisa mengilhami Anda. 

1. Taman kecil di area masuk rumah

Apakah yang harus dilakukan agar area masuk rumah yang sempit memanjang jadi menarik dan tak membosankan? Cara yang paling mudah adalah membuat jalan setapak membelah taman kecil. Anda juga bisa membuat lorong menuju rumah jadi lebih menarik dengan bantuan bonsai, tanaman hias berukuran kecil, batu-batu kecil, dan batu-batu hias dengan variasi bentuk, warna, dan ukuran seperti contoh. 

2. Taman dalam ruangan

Taman dalam ruangan sempurna untuk rumah yang nyaris tanpa halaman atau apartemen. Taman jenis ini tidak membutuhkan lahan luas dan perawatannya pun simpel. Taman kering dengan batu-batu hias, tanaman dalam pot, dan air mancur kecil akan membawa kesegaran untuk rumah Anda. Anda pun tak perlu bersusah payah membersihkannya dari daun-daun kering. 

3. Komposisi batu hias dan tanaman

Mereka yang sibuk bekerja dari pagi sampai malam dan terjebak kemacetan tak punya banyak waktu untuk merawat tanaman. Pilihlah jenis tanaman yang tak memerlukan perhatian khusus seperti euphorbia, kaktus, atau sansvieria. Tanaman-tanaman ini juga tak perlu sering disiram karena tahan berhari-hari tanpa air. 

4. Manfaat limbah kayu

Selain batu hias, Anda juga bisa memanfaatkan potongan kayu sisa bangunan. Sesuaikan warna elemen hias lain agar serasi dengan warna limbah kayu yang tersedia. 

5. Miniatur taman

Miniatur taman seperti contoh mengandung semua yang dibutuhkan sebuah taman ideal. Ada air mancur, batu hias, sukulen, tanaman semak… Semua dalam ukuran kecil dan ringkas. Bisa ditempatkan di manapun, baik teras atau sudut garasi. 

6. Taman di sudut mati

Sudut mati di sebuah rumah bisa diakibatkan oleh kondisi tanah yang kurang ideal, atau kesalahan tak terhindarkan saat merancang interior rumah. Sebuah taman kecil akan menyamarkan ketidakberuntungan itu dan menghidupkan sudut mati. 

7. Taman kecil di depan pagar

Di beberapa rumah, halaman depan ditutup dengan semen atau lantai agar bisa dijadikan tempat memarkir kendaraan. Keputusan ini membuat para penghuni rumah jadi tak punya kesempatan menikmati indahnya taman. Namun, keindahan kadang tak memerlukan lahan luas. Taman ini contohnya. 

8. Pot tanah liat

Bila menanam tanaman di tanah sudah tak memungkinkan, gunakan pot sebagai media tanam. Pilih pot tanah liat agar memberikan kesan natural di taman kecil Anda. Pada contoh ini, pot tanah liat dipilih agar serasi dengan lantai dari material yang sama. 

9. Tambahkan furnitur

Taman bukan hanya berperan sebagai sumber udara segar atau dekorasi rumah. Taman juga berfungsi sebagai ruang yang menyenangkan untuk semua penghuni rumah. Tambahkan meja dan kursi sesuai dengan dimensi taman agar taman siap untuk dinikmati. 

10. Taman vertikal

Taman vertikal bisa jadi solusi penghijauan di apartemen yang tanpa halaman sama sekali. Kendalanya, taman vertikal butuh perhatian ekstra dibanding taman kering atau miniatur taman. Bila Anda siap meluangkan waktu untuk merawatnya, pilih alternatif ini. Bagaimanapun, tiada hasil tanpa pengorbanan bukan? 

11. Taman Jepang mungil

Batu hias dan bunga teratai adalah elemen wajib bagi taman Jepang. Berita baiknya, Anda tak perlu lahan luas untuk membuat taman Jepang. Kuncinya ada pada komposisi antara obyek besar dan kecil, seperti taman pada gambar. 

12. Deretan tanaman di sepanjang dinding

Dinding pembatas rumah biasanya berjamur, kaku, dan tidak menarik. Samarkan kekakuan dinding dengan membuat bak tanaman yang tegak lurus di sepanjang dinding. Tata tanaman dengan variasi tinggi rendah agar area hijau lebih memikat. 

13. Bunga merah di serambi

Teras adalah area yang bisa diperindah dengan tanaman dalam pot. Bila lahan yang tersedia sangat sempit, tanamlah bunga berwarna terang untuk memperkaya penampilan fasad rumah. 

14. Taman minimalis

Area hijau tak harus selalu diisi dengan aneka jenis tanaman. Aksi harus sesuai dengan kondisi. Satu dua tanaman hias sudah cukup untuk menciptakan taman minimalis. 

15. Kolam dengan batu hias

 Taman by Arqca

Air adalah elemen yang sangat populer dalam desain taman. Perpaduan antara tanaman air dan batu meneduhkan pandangan. Masalahnya, air bening bisa menjadi sarang nyamuk atau serangga lainnya. Atasi hal ini dengan memelihara ikan dalam kolam. Pilih jenis ikan air tawar yang kuat dan berukuran kecil. 

16. Detil sederhana

Ada kalanya detil kecil di titik mati bisa membalikkan keadaan, menjadi keunikan dan daya tarik sebuah rancangan. Deretan jalur hijau di sela-sela lempengan beton membuat jalan setapak lebih hidup dan tampil beda. Paduan dua unsur sempurna dan beraturan. 

17. Halaman rumput dan bak tanaman

 Taman by GF ARQUITECTOS
GF ARQUITECTOS

Areas Verdes

GF ARQUITECTOS

Dinding putih polos jadi lebih menarik berkat sederetan tanaman dan halaman rumput. Sejalan dengan filosofi minimalisme yang sederhana, tapi tetap berpegang pada kaidah keruangan dan estetika. 

18. Pagar sebagai pusat perhatian

Pagar dan halaman depan adalah bagian yang menentukan kualitas visual fasad rumah. Pada contoh ini, taman jadi lebih menarik berkat detil pada pagar. Semua mata tidak akan bosan memandangi sudut ini. 

19. Bambu sebagai penghias dinding

 Taman by GF ARQUITECTOS
GF ARQUITECTOS

Detalle Areas Verdes

GF ARQUITECTOS

Bambu adalah anugerah bagi masyarakat penghuni area tropis seperti Indonesia. Batang bambu bisa dijadikan furnitur, umbi bambu bisa dimakan, sedangkan daunnya bisa dipakai sebagai obat diabetes. Siapa sangka bambu yang lurus, kuat, dan tinggi ternyata bisa memperhalus penampilan dinding? 

20. Paduan warna kontras

 Taman by Arquitectos I + A
Arquitectos I + A

Area de Jardin cental

Arquitectos I + A

Tak semua tanaman berdaun hijau. Ada juga tanaman berdaun merah dan hijau kekuningan yang bisa berubah sesuai musim dan waktu. Taman kecil Anda pasti jadi lebih menarik berkat paduan warna tanaman yang saling berlawanan. 

Bacalah ini agar tak salah langkah dalam mendesain taman. 

21. Taman rustic

Tidak sulit bila Anda ingin membawa sentuhan rustic ke taman Anda. Rubahlah penataan taman dengan memanfaatkan batu bata dan kombinasi pot antik seperti contoh. Taman Anda akan tampil rustic secara alami. 

22. Gantungan tanaman

Gantungan tanaman bisa didapatkan dengan mudah di pasaran. Solusi menciptakan taman yang menghemat ruang dan biaya. 

23. Taman air modern

Desain yang satu ini sedikit berbeda karena merupakan penggabungan dari jalan setapak, kolam, air mancur, lampu taman, dan taman vertikal. Keindahan taman ini bisa dinikmati setiap saat, baik siang atau malam. 

24. Memukau berkat tata cahaya

Baik unsur natural maupun artifisial, keduanya memiliki peranan penting dalam desain taman. Taman sederhana bisa jadi luar biasa ketika malam tiba dan lampu taman dinyalakan. 

25. Variasi material dan warna bak tanaman

 Taman by Gardenplan Design
Gardenplan Design

Bespoke, galvanised powder coated planters

Gardenplan Design

Kita bisa juga menciptakan perubahan dengan membuat wadah yang berbeda. Di sini bak tanaman dibuat dari bahan mengkilap dan berwarna terang, serasi dengan warna bunga yang ditanam di dalamnya. Perubahan ternyata bisa dilakukan secara sederhana. 

Manakah desain taman kecil yang paling menarik dalam daftar ini? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!