Ruang Keluarga by 辻健二郎建築設計事務所

7 Inspirasi Untuk Ruang Tamu Berdimensi Kecil

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Ruang tamu ibarat wajah sebuah rumah, mengingat letaknya yang berada di area muka rumah. Bila rumah tidak mempunyai koridor, ruang tamu adalah yang pertama kali dilihat para tamu yang berkunjung. Di ruangan ini pula kita menghabiskan saat-saat bersama keluarga, atau bersantai setelah pulang dari tempat kerja. Dapatkah fungsi yang beragam ini dipenuhi oleh sebuah ruang tamu berukuran kecil? Mengapa tidak? Adalah tata letak yang menentukan apakah sebuah ruang tamu bisa berfungsi maksimal atau tidak. Berikut adalah beberapa inspirasi desain ruang tamu kecil berdasarkan luas areanya. 

1. Ruang tamu seluas 9 meter persegi

Lokasi sofa adalah hal yang harus diperhatikan dalam menata ruang tamu berdimensi kecil. Meski ruang tamu ini luasnya hanya 9 m², ada kesan lebar tercipta berkat garis horizontal yang dibentuk oleh penataan beberapa furnitur di sepanjang dinding. Desain ruang tamu oleh SWITCH&Co. memaksimalkan fungsi dinding sebagai tempat penyimpanan. Sentuhan Nordik dan postmodern Jepang terasa berkat paduan antara area dapur dan ruang makan, serta ruang tamu dengan meja dan kursi rendah. 

2. Ruang tamu seluas 16 meter persegi

Kebiasaan makan malam bersama memang baik untuk memperereat jalinan kekeluargaan. Kendalanya, meja makan akan menyita banyak ruang. Akibatnya ruang makan yang sudah sempit akan jadi lebih sempit lagi. Cara mengatasi hal ini adalah dengan menjadikan ruang tamu sekaligus sebagai ruang makan, seperti contoh berikut. Pilih meja makan yang tidak terlalu tinggi agar bisa digunakan untuk makan sambil duduk di sofa. Agar serasi, baik meja makan maupun sofa harus terbuat dari meterial dan memiliki furnishing yang sama. 

3. Ruang tamu seluas 22 meter persegi

Di beberapa tempat, orang tak lagi meletakkan sofa di ruang tamu atau ruang keluarga. Selain karena pengaruh efek minimalisme dalam desain, interior rumah tradisional Jepang sedari dulu mengutamakan tatami (semacam tikar) dan bukannya sofa sebagai tempat duduk. Bila Anda ingin menciptakan suasana lapang di ruangan yang terbatas, interior ruang tamu rancangan Tsuji / Tonkawa / Architectural Design Office berikut ini bisa dijadikan inspirasi. Duduk di lantai beralas tikar memberikan efek menenangkan dibandingkan duduk di sofa. Cobalah! 

4. Ruang tamu seluas 25 meter persegi

 Ruang Keluarga by Terry Design
Terry Design

The Denim Factory

Terry Design

Ruang tamu yang dirancang oleh profesional Inggris, Terry Design, awalnya adalah sebuah pabrik yang direnovasi. Profesional kami telah memberikan sentuhan industrial dengan mempertahankan dinding batu bata seperti kondisi aslina sebelum ruangan ini direnovasi. Material kayu oak digunakan sebagai bahan dasar furnitur dapur. Sedangkan furnitur ruang makan dan ruang tamu terbuat dari bahan anorganik, lengkap dengan meja kopi rendah dari kayu gelodongan yang difurnish alami. 

5. Ruang tamu seluas 30 meter persegi

 Ruang Multimedia by 株式会社Fit建築設計事務所

Ruang tamu berukuran 30 meter persegi sudah cukup luas bagi beberapa orang. Bila Anda merasa sebaliknya, terapkan interior open plan seperti ruang tamu ala Jepang pada gambar. Interior open plan juga akan membantu terciptanya suhu ruangan yang lebih sejuk di musim kemarau, apalagi bila ditambah dengan sistem ventilasi silang. Ruang tamu yang didesain oleh Fit Architects & Design Office Co., Ltd. juga dilengkapi lemari dinding dan partisi sebagai upaya membatasi antar ruang secara halus. 

6. Ruang tamu vertikal

Bila ruang yang Anda miliki berbentuk memanjang, cara yang kami sarankan adalah memisahkan area dengan mengelompokkan dua area duduk yang berbeda (ruang tamu dan ruang makan). Kemudian sofa atau furnitur di masing-masing area ditata secara vertikal seperti contoh. Agar kesan mewah dan elegan lebih terasa, hindari memasang rak dinding tempel di kedua sisi dinding. 

7. Ruang tamu horizontal

Penataan ruang secara horizontal mengutamakan keseimbangan antara sisi kanan dan kiri sebuah ruangan, di mana kita akan menerapkan interior open plan. Di sini, meja makan ada ada di sebelah kiri, sedangkan area duduk ruang tamu ada di sebelah kanan. Sedangkan dapur berada di sudut kiri, tak jauh dari meja televisi di sudut kanan. Sempurna untuk hunian dengan luas terbatas, baik milik sendiri atau menyewa. 

Bagaimana cara Anda mengakali kondisi ruang tamu yang tidak luas? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!