Taman by Аrchirost

12 Rumah Kayu yang Pasti Ingin Anda Miliki

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Nilai estetika visual yang tinggi bisa dibentuk bukan hanya melalui desain nan apik dan mutakhir, tapi juga dari material yang digunakan. Sejak ribuan tahun silam, nenek moyang manusia modern sudah tinggal di rumah kayu untuk berlindung dari panas dan hujan. Bila Anda ingin punya rumah impian yang tampil beda dibandingkan rumah kerabat atau rumah tetangga Anda, rumah kayu bisa dipertimbangkan. Bagaimana dengan desainnya? Cukup pilih salah satu dari contoh desain rumah kayu berikut ini. 

1. Rumah kayu klasik dengan jendela kaca besar

Jendela kaca besar memang jarang digunakan di rumah-rumah masyarakat kita. Namun di negara-negara empat musim, jendela kaca besar sangat membantu mencerahkan dan menghangatkan rumah saat suhu udara berada di bawah nol derajat celcius. Di sini kita melihat rancangan tiga dimensi rumah kayu beratap pelana, di mana jendela kaca besar mendominasi area masuk rumah. Fasad rumah pun terlihat lebih modern berkat jendela kaca ini. Namun tentu, jendela besar seperti ini memiliki manfaat lain di negara tropis seperti Indonesia.

2. Gaya modern dengan furnishing coklat gelap

Dengan material kayu kita bebas mengekspresikan ide-ide kita. Bila ingin terlihat kekinian, desain tiga dimensi seperti contoh bisa dipilih. Atap datar menjadi ciri khas hunian modern. Sementara jendela-jendela kaca dan pagar balkon dari kaca turut mempertegas atmosfer kekinian. Furnishing coklat gelap menampilkan keanggunan yang kontras dengan suasana di sekelilingnya. 

3. Rumah kayu dua lantai

Desain rumah kayu ini adalah pengembangan dari desain pada gambar nomor satu. Bentuk atap, warna furnish, dan penempatan jendela kaca hampir sama. Perbedaannya. ada dua lantai di rumah kayu ini. Material kayu punya bobot yang lebih ringan dibanding material lainnya, sehingga kita tidak mengalami kesulitan dalam hal transportasi dan penyusunan material. Dengan material kayu, lebih sedikit waktu yang dibutuhkan untuk membangun rumah berlantai dua seperti ini. 

4. Rumah kayu beratap sandar

Ringannya bobot material kayu juga memudahkan proses konstruksi rumah dengan detil pada atap. Desain tiga dimensi berikut ini menampilkan rumah berlantai dua dengan atap sandar dan furnishing warna gelap. Rancangan ini juga memaparkan salah satu keunggulan rumah kayu, yaitu bisa difurnish dengan berbagai warna yang jauh berbeda dari warna alaminya. 

5. Rumah vila

Pemilik usaha rumah penginapan atau vila juga disarankan mengutamakan material kayu untuk membangun tempat usahanya. Material kayu merefleksikan suasana alami, cocok untuk rumah vila yang didirikan di daerah pegunungan, hutan, danau, atau pantai. 

6. Rumah tinggal ideal untuk keluarga

Rumah atap pelana gaya Belanda biasanya berlangit-langit tinggi. Bila diperlukan, area langit-langit yang tinggi ini bisa disulap menjadi lantai dua, lengkap dengan ruangan tambahan. Di rumah-rumah jaman dulu, lantai dua dibangun dengan material kayu, baik lantai maupun dindingnya. Selain lebih ringan, material kayu tak meninggalkan limbah atau sisa bahan bangunan yang mencemari tanah. 

7. Fasad kayu dan batu

Fleksibilitas material kayu memang tak terbatas. Pada desain tiga dimensi ini kita bisa lihat bagaimana sempurnanya kayu bila disandingkan bersama material lainnya, yaitu batu. Paduan dua bahan ini saja sudah bisa menonjolkan penampilan fasad rumah meski tanpa banyak pernak-pernik. 

Lihat juga: 10 Fasad Rumah Kayu Paling Cantik 

8. Atap kayu dan pondasi batu

Dengan perhitungan pra konstruksi yang matang, atap kayu bisa dirancang agar tahan terhadap beban di saat salju turun menutupi atap. Sedangkan pondasinya terbuat dari batu agar rumah kayu berdiri kokoh. Bila ada kekurangan, itu karena material kayu membutuhkan perawatan khusus agar tidak mudah lapuk dan awet sepanjang masa. 

9. Rumah kayu klasik nan romantis

Berbeda dengan desain rumah kayu lainnya, pada desain ini profesional kami menjadikan sayap kanan rumah sebagai area masuk. Dengan cara ini, pemilik rumah dan para tamu bisa menikmati saat silaturahmi dengan privasi terjamin karena pintu masuk tidak langsung terlihat dari jalan. Detil pada balkon adalah yang membuat rumah ini memancarkan aura romantis. 

10. Rumah kayu minimalis

Sesuai dengan misi minimalisme yang menonjolkan kesederhanaan, fasad kayu tidak perlu difurnish dengan warna yang terlalu pekat. Cukup lapisi dengan bahan pengawet kayu yang bening dan tidak mengandung zat pewarna. Rumah kayu minimalis akan lebih top bila serat-serat kayu tampak oleh mata telanjang.   

Lihat juga: Rumah Berdinding Semen Terjangkau dengan Gaya Minimalis Industrial 

11. Rumah kubus

Bagi Anda, bangunan ini mungkin terlalu sempit sebagai rumah tinggal untuk keluarga. Bagaimana bila dijadikan tempat usaha? Bisa sebuah kantor, kafe, atau toko. Bentuknya yang unik seperti kubus akan menggoda siapapun untuk masuk ke dalamnya. 

Suka rumah kubus? Anda pasti suka rumah kubus ini

12. Hemat energi dan ramah lingkungan

Rumah kayu itu ramah lingkungan? Bukankah material kayu diambil dari hutan? Di negara kita ada yang namanya hutan tanaman industri, yaitu hutan yang dibuat manusia sebagai sumber bahan baku kayu untuk keperluan apa saja. Bila hutan ini dikelola secara maksimal, maka kita tak akan merasa bersalah karena membangun rumah kayu. Kendalanya, harga material kayu jadi selangit karena hutan tanaman industri cukup langka dan tidak semua daerah di Indonesia memilikinya. 

Masalah pembiayaan ini bisa diakali dengan manajemen keuangan seperti berikut ini. Rancanglah sebuah rumah yang bisa menghemat penggunaan listrik, misalnya dengan memasang panel surya. Apabila Anda telah berhasil menekan pengeluaran untuk membayar tagihan listrik, dana yang tersedia bisa dialihkan ke kewajiban melunasi pinjaman bank yang Anda pakai untuk membangun rumah. 

Seringkah Anda mengunjungi kafe yang dibangun dari material kayu? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!