by Transition Interior Design

9 Trik Brilian dalam Mendesain dan Mendekorasi Ruangan Sempit

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Ukuran ruangan yang sempit tak semestinya jadi alasan bagi Anda untuk mengabaikan aspek desain dan dekorasi. Dalam Buku Ide kali ini, kami akan memperlihatkan betapa desain dan dekorasi tak sekadar mampu mempercantik ruangan, tetapi juga sekaligus memberikan ilusi lega di sana. 

Jadi, ayo, simak 9 trik brilian dalam mendesain dan mendekorasi ruangan sempit berikut ini!

1. Pilih Warna Putih sebagai Warna Dominan

Ruangan ini sebenarnya cukup sempit. Akan tetapi, dekorasi dan desain yang diterapkan di sana membuatnya terlihat lebih luas. 

Pada ruangan yang didesain apik ini, warna putih dipilih sebagai warna dominan. Efeknya, ruangan jadi tampak terang-benderang karena cahaya memantul dengan baik dari sudut yang satu ke yang lainnya. Inilah yang menciptakan ilusi lega. 

O, iya. Elemen kayu dan furnitur bernuansa cokelat memberikan kontras pada ruangan ini dan membuatnya tampak hangat.

2. Tempatkan Cermin Lebih Banyak

Anda tentu tahu, sudah menjadi rahasia umum bahwa cermin mampu membawa ilusi lega pada ruangan. Ruangan pada gambar di atas adalah salah satu contoh terbaik dalam poin ini. 

Lihatlah bagaimana cermin di dinding dekat meja makan membuat ruangan tampak lebih lega! Coba terapkan trik murah-meriah ini di rumah Anda, ya.

3. Biarkan Cahaya Leluasa Masuk dan Menerangi Ruangan

Buka tirai Anda dan biarkan cahaya matahari masuk ke ruangan lebih banyak. Semakin terang, ruangan akan tampak semakin lega. Nah, bila Anda tak ingin menanggalkan privasi sepenuhnya, pilihlah tirai berwarna putih dari bahan yang tipis atau tirai semi transparan.

​4. Furnitur Multifungsi

Meja kopi di ruang tamu ini juga bisa difungsikan sebagai bangku untuk tamu. Ya, untuk ruangan sempit, furnitur multifungsi memang lebih Anda butuhkan. Supaya tiap sudut ruangan dapat dimanfaatkan dengan optimal, sofa letter L seperti pada ruangan di atas dapat Anda pilih. Ketimbang sofa biasa, sofa itu dapat menampung lebih banyak tamu.

5. Ruang Penyimpanan Cerdas

Selalu ada cara kreatif untuk mewujudkan ruang penyimpanan yang modern, cantik, dan menarik secara estetika. Contohnya, rak penyimpanan pada gambar di atas. Rak yang berdiri tegak dari lantai hingga ke langit-langit ruangan itu mampu menampung berbagai objek dekoratif yang memperindah ruangan. Eits, tak hanya itu! Rak ini juga sekaligus menjadi pembatas antar ruang yang satu dengan yang lain.

6. Ruangan yang Terhubung Satu Sama Lain

  by Transition Interior Design
Transition Interior Design

SALON/ PROJET LAMARTINE, Transition Interior Design Architectes: Margaux Meza et Carla Lopez Photos: Meero

Transition Interior Design

Untuk rumah berukuran kecil, sebaiknya Anda tidak membuat ruang yang satu dengan yang lain terpisah sempurna. Sebaliknya, buatlah ruang-ruang itu saling terhubung. Hal ini akan membuat cahaya lebih mudah menembus dari ruang yang satu ke ruang lainnya, sehingga rumah tampak lebih luas. 

Tips lainnya, Anda juga bisa membagi ruangan menggunakan pendekatan yang lebih modern.

7. Pencahayaan yang Menakjubkan

Penggunaan lampu LED adalah cara yang modern, indah, dan berkelanjutan untuk menerangi rumah Anda. Bila tak ada tempat yang cocok untuk menempatkan lampu meja atau lampu berdiri, tempatkan saja lampu LED Anda pada plafon ruangan, seperti contoh di atas.

8. Buat Sendiri Furnitur Anda dan Sesuaikan dengan Ruangan

Sering kali, ruangan terlihat sempit karena furnitur yang Anda letakkan di sana ukurannya terlalu besar dan membuat ruangan terkesan penuh. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat membuat furnitur sendiri, khusus untuk tiap ruangan di rumah. Dalam melakukannya, gunakan jasa tukang kayu profesional, ya.

​9. Ceruk Multifungsi di Dinding

Terakhir, Anda juga dapat membuat ceruk-ceruk di dinding ruangan dan manfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, untuk meletakkan lampu berdiri di sudut ruangan, untuk menempatkan meja, dan sebagainya. Cara ini membuat ruangan di rumah dapat menampung lebih banyak furnitur, tanpa memakan ruang.

Nah, itulah 9 trik brilian dalam mendesain dan mendekorasi ruangan sempit. Mana yang akan Anda coba terlebih dulu? Beri tahu kami di kolom komentar, ya!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!