:   by MODULA

Interior Adat Jawa dalam Sebuah Rumah Modern

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Mana sih yang lebih membahagiakan, masa lalu atau masa sekarang? Jawabannya tergantung bagaimana cara kita memandang keduanya. Rumah sebaiknya tidak hanya berperan sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan, atau tempat beristirahat yang memberikan kenyamanan. Rumah sebaiknya juga bisa menjadi tempat di mana kita dapat melakukan perjalanan ke dalam diri setiap hari untuk mencari penyebab mengapa kita tidak bisa merasa damai. Masa lalu yang pahit manis tidak perlu ditanggalkan sama sekali, cukup ditata di dalam rumah agar menjadi sumber inspirasi

Bersama profesional homify asal Jakarta Selatan, Modula, kami akan mengajak Anda mengunjungi sebuah rumah peristirahatan (vila) gaya modern dengan interior yang diilhami oleh gaya tradisional Jawa. Seperti apa ya? Mari berkunjung ke Hyarta Residence Jogjakarta sekarang. 

1. Ruang keluarga

Warna tema interior rumah ini adalah coklat yang melambangkan warna tanah. Kita bisa melihatnya dari warna dinding, pelapis sofa, kelambu, dan pernak-pernik lain. Khusus untuk dinding dan kelambu, warna yang digunakan adalah coklat abu-abu. Agar kesan membumi lebih terasa, furnitur kayu adalah opsi yang ideal. Terutama furnitur kayu dengan anyaman bambu gaya klasik Jawa dengan furnishing coklat gelap. Fitur menarik di ruangan ini adalah panel dinding yang juga bermotif anyaman bambu dengan furnishing senada. Uniknya, ruangan ini dilengkapi pintu geser kaca yang merepresentasikan sentuhan gaya modern. 

2. Ruang makan di belakang ruang keluarga

Sama seperti masyarakat di berbagai belahan dunia, berkumpul bersama keluarga adalah wajib untuk orang Jawa. Bila tinggal jauh dari orang tua atau sanak saudara, tetangga pun bisa dijadikan keluarga karena ada yang bilang, keluarga tidak ditentukan dari pertalian darah. Wajarlah jika rumah orang Jawa jaman dulu berukuran besar, karena mereka membutuhkan tempat lapang untuk acara kumpul-kumpul. Di rumah ini, ruang makan terintegrasi dengan ruang keluarga lengkap dengan furnitur yang serasi satu sama lain. 

3. Kamar tidur utama

Warna coklat abu-abu juga menjadi warna tema di kamar tidur utama yang dilengkapi pintu geser kaca menghadap ke halaman. Selain plafon gantung, fitur menarik di kamar tidur adalah panel kayu yang difurnish alami dan memperlihatkan serat-serat kayu berwarna gelap. 

4. Tampak samping

Panel kayu dari bahan dan furnishing yang sama juga digunakan untuk melapisi dinding di seberang tempat tidur. Televisi digantungkan di dinding agar meja televisi yang juga terbuat dari bahan dan furnishing serupa bisa dipakai untuk tempat penyimpanan. Coba lihat ada apa di balik dinding ini.  

5. Meja rias tersembunyi

Inilah kejutan manis yang sudah menunggu Anda. Sebuah meja rias lengkap dengan cermin dan bangku kayu gaya antik 'disembunyikan' di balik dinding. Letaknya yang strategis bisa langsung diakses dari kamar mandi. Lampu dinding model kuno di kanan kirinya adalah sumber cahaya yang menciptakan atmosfer romantis. 

6. Kamar tidur tamu

Tamu yang ingin menginap disambut dengan tangan terbuka di rumah ini. Kamar tidur untuk tamu pun telah ditata apik dengan warna coklat abu-abu. Tempat tidur nyaman dan modern dilengkapi dengan kepala tempat tidur yang juga berfungsi sebagai nakas (meja samping tempat tidur). Motif anyaman bambu seperti pada nakas dan lemari pakaian gaya vintage seperti mengundang si tamu untuk bertamu lebih lama. 

Baca juga: 9 Tips Membuat Rumah Jepang Gaya Tradisional-Modern 

Tertarikkah Anda membangun rumah dengan unsur tradisional di dalamnya? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!