Taman by Luiza Soares - Paisagismo

7 Alasan Mengapa Berkebun Sangat Bermanfaat

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Seringkali kita cari-cari alasan ketika ditanya mengapa halaman depan rumah tak karuan bentuknya. Sibuk kerja, setiap hari hujan (atau panas), sibuk mengasuh anak, banyak ulat, alergi serbuk sari bunga… Hmmm, apa mungkin cuma karena takut tangan jadi kotor? Jangan khawatir. Nanti kalau tangan Anda kotor, kan bisa dicuci. Menurut kami di homify, inilah beberapa alasan mengapa Anda harus mulai berkebun sesegera mungkin. 

1. Alternatif olahraga

 Taman by Luiza Soares - Paisagismo
Luiza Soares – Paisagismo

MÃO NA TERRA, Belo Horizonte, 2015

Luiza Soares - Paisagismo

Mencabut rumput, berjalan mondar-mandir mengambil peralatan berkebun, memotong dahan-dahan kering akan membuat seluruh otot Anda bergerak. Membungkuk saat memotong daun kering, atau menanam tanaman, bagus untuk melatih stamina dan kekuatan tulang. Seandainya Anda sedang memikirkan alternatif menurunkan berat badan selain olahraga, tengoklah halaman depan atau halaman belakang rumah. Pasti ada yang bisa dikerjakan di sana buat membakar kalori dalam tubuh. 

2. Melatih kesabaran

 Taman by Rocalla

Kesuksesan tidak jatuh dari langit, atau hadiah dari seseorang. Kita semua berusaha keras untuk mencapainya. Namun mereka yang tidak sabar jadi orang sukses cenderung memilih jalan singkat. Siapapun pernah tergoda melakukannya, dan itu wajar. Menyibukkan diri di kebun bisa mengingatkan kita bahwa sesuatu yang ditanam dan dipelihara akan tumbuh indah, bahkan hasilnya bisa di luar perkiraan kita. 

3. Obat stres

 Taman by gpinteriorismo
gpinteriorismo

rincon secreto

gpinteriorismo

Para ahli mengatakan, suhu Bumi yang semakin hangat jadi penyebab mengapa orang gampang tertekan. Besar kemungkinan gangguan kesehatan mental akan jadi tren di masa mendatang. Seperti penyakit lainnya, gangguan kesehatan mental bisa dicegah dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan berkebun. Mengapa? Dalam psikologi warna, hijau mencerminkan kesuburan, perlindungan, dan kedamaian. Itulah sebabnya kota-kota di negara maju punya banyak taman kota, agar kesehatan mental masyarakatnya selalu prima. Bila tak ada taman publik di sekitar tempat tinggal Anda, ubah halaman belakang Anda menjadi taman. 

4. Dunia kecil milik kita

Apa jenis tanaman yang akan ditanam, bagaimana desainnya, di mana letak jalan setapak, perlukah menanam sayuran .. kita yang memutuskan semuanya. Besar atau kecil, kebun adalah ruang di mana kita bisa bebas melaksanakan gagasan. Andaikan kita membuat kesalahan (ada tanaman yang mati, misalnya), tidak ada yang memarahi atau menghukum kita. Asyik kan?  

Halaman Anda sempit? Jangan minder. Taman kecil pun bisa mempesona. Ini buktinya. 

5. Membalas kebaikan

 Taman by CURADORAS

Sudah sewajarnya kita berterima kasih pada siapapun yang sudah memberikan hal-hal bermanfaat untuk hidup. Kita sudah ucapkan terima kasih buat orang tua, saudara, sahabat, dan teman kerja. Sudahkah kita berterima kasih pada alam? Saya tahu Anda punya uang buat membeli benda-benda kebutuhan sehari-hari. Tetapi produksi barang tersebut akan berhenti kalau sumber bahan baku sudah habis. Manusia sudah mengambil dari alam sejak jutaan tahun silam, tapi sumber daya alam tidak pernah benar-benar habis. Seandainya itu terjadi, masih ada sumber daya alam lain yang bisa dimanfaatkan. 

Tak terhitung berapa banyak batang pohon atau semak dimusnahkan untuk mendirikan rumah atau jalan yang kita lewati setiap hari. Bercocok tanam di kebun adalah cara kita berterima kasih pada alam.

6. Lebih akrab dengan tetangga

 Taman by Conexion Interior, Arquitectura y Diseño
Conexion Interior, Arquitectura y Diseño

Tronco en jardin con diseño de plantas suculentas

Conexion Interior, Arquitectura y Diseño

Berkebun juga bisa bikin kita punya banyak teman. Saat sedang di luar menyiram tanaman, tetangga yang sedang lewat akan menyapa. Kalau si tetangga lebih tua usianya, ada baiknya kita menyapa lebih dahulu. Mengobrol dengan tetangga pun akan lebih menyenangkan, karena yang dibicarakan adalah tentang bagaimana cara merawat sukulen supaya warna daunnya tetap cerah. Bukan lagi sekedar bertukar gosip. 

7. Tidur lebih nyenyak

Akibat stres, biasanya orang akan sulit memejamkan mata. Tanaman-tanaman kesayangan di kebun akan membalas kebaikan Anda dengan melepaskan oksigen gratis setiap hari. Seperti yang telah kami ulas sebelumnya, manfaat berkebun sama dengan olahraga. Rasa penat setelah berkebun akan membuat Anda tidur nyenyak, tanpa rasa khawatir tentang apa yang akan terjadi esok hari. 

Baca juga: Tips Mengatur Kamar Tidur Agar Tidur Lebih Nyenyak 

Apa saja tanaman yang saat ini ada di kebun Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!