Taman by STaD(株式会社鈴木貴博建築設計事務所)

7 Tips dan Detail Membangun Dek Kayu dengan Metode DIY

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Apakah Anda memiliki lahan terbuka yang cukup luas di depan atau belakang rumah Anda? Jika ya, maka Anda dapat memanfaatkan area luas ini untuk menikmati bir dingin dan barbekyu di udara terbuka dengan keluarga dan kawan dengan membangun dek di tempat terbuka. Dek yang terbuat dari kayu ini sangat mungkin dibangun sendiri oleh tangan amatir sekalipun dengan metode DIY, bahkan bisa selesai dalam waktu satu hari.

1. Persiapan bahan dek kayu dan perbandingan harga

Jenis kayu WRC atau Western Red Cedar, yang memiliki karakteristik berbau segar dan unik dari keluarga Hinoki memiliki kualitas proses yang baik, stabil dan lebih masuk akal dari segi harga, dan sering dikenal sebagai kayu aras Jepang dan kayu cypress hitam yang dikenal sebagai kayu aras Amerika. Jenis kayu ini sangat mudah ditemui karena termasuk kayu lunak yang mudah diproses dan banyak digunakan untuk furnitur luar rumah, terutama untuk pembangunan dek. Kayu keras sejenis Ulin dan Ipe yang juga lebih murah dapat juga dijadikan bahan dek kayu yang lebih berat dan tahan lama.

2. Berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk membangun dek kayu

Kayu yang cocok untuk membangun dek kayu: Haruslah kayu yang angat mungkin juga untuk dipotong-potong sesuai dengan panjang yang spesifik di pusat perbelanjaan perkakas rumah. 

Peralatan: Instrumen horisontal berupa obeng kayu, palu, gergaji elektrik, amplas elektrik atau amplas lembaran.

Alat mengecat: Perlu diperhatikan tipe cat yang beragam, tergantung dari jenis kayu yang digunakan dan tujuan pembuatan dek kayu. Jika dek kayu ini untuk anak-anak, maka cat berbahan natural seperti yang diproduksi oleh Osmokoller Jerman sangat direkomendasikan.

3. DIY anak tangga dek kayu

 Balconies, verandas & terraces  by 阿部建設
阿部建設

床組と束石工事

阿部建設

① Cek konstruksi tempat dan dimensi dek kayu

② Bersihkan area konstruksi dan lakukan pengontrolan hama jika perlu

 Balconies, verandas & terraces  by 阿部建設
阿部建設

床板張り付け工事

阿部建設

➂ Buatlah fondasi dan mulailah menghamparkan lantai papan. Untuk memperbaiki sauran pembuangan, sangat penting untuk memastikaan hamparan lantai yang jelas dan cukup ruang. Sambil menjaga paku atau sejenisnya agar tetap ada di posisi yang benar di permukaan kayu, Anda dapat menciptakan papan lantai yang lebih luas dan pas. Hati-hati agar tidak memberikan jarak terlalu lebar pada setiap bilah kayu karena akan mudah membuat orang tersandung.

 Balconies, verandas & terraces  by 阿部建設
阿部建設

ウッドデッキを作る

阿部建設

④ Selesaikan dengan mengecat kayu. Bersihkan terlebih dahulu kotoran pada dek kayu yang sudah selesai dibangun dan cek kondisi kayu sebelum kelembaban menempel dan segeralah mewarnainya.

 Ruang Keluarga by INTERAZULEJO
INTERAZULEJO

Timber Gres imitación a madera

INTERAZULEJO

Atmosfer dari dek kayu juga akan berubah secara signifikan dengan kombinasi pola lantai pada kayu. Secara umum, terdapat banyak dek kayu yang disusun lurus dan rapat, namun dengan pola seperti herringbone, Anda akan membutuhkan waktu lebih lama meski hasilnya akan lebih mewah.

4. Cara membuat fondasi dek kayu

  by 阿部建設
阿部建設

基礎(束石)工事を作りましょう。

阿部建設

Akhirnya masuk ke dalam proses terpenting dari pembangunan dek kayu. Berikut langkah-langkahnya:

① Ketika sudah memiliki ukuran pasti tinggi dek kayu, mulailah menyusun fondasi batu untuk membangun dek kayu. Jika Anda menggunakan pengelompokan stik-stik dengan raket, mudah sekali untuk ditangani karena adanya skrup untuk menempelkan satu bilah kayu dengan bilah lainnya. Susun kayu secara horisontal dengan jarak yang teratur, dan Anda bahkan bisa mengatur tumbuhan dan kerikil di sela-selanya sesuai selera.

➁ Tempatkan pilar secara vertikal di atas fondasi bebatuan.

③ Jika Anda memperbaiki jembatan dan lempengan baja dengan skrup, fondasi pun sudah lengkap. Saatnya memasuki proses untuk memasang lantai papan.

Model demikian merupakan desain ciptaan dek kayu hasil konstruksi contoh oleh Yoshida Design + Atelier, yang juga diperlengkapi dengan lembaran pengontrol tanaman ilalang, kerikil dan lainnya.

Cara lainnya untuk mengatasi ilalang yang mengganggu adalah dengan membangun alas semen konkret di bawah dek tepat di bawah proses pembangunan fondasi seperti pada dek kayu oleh kantor desain SHU architectural ini. Meskipun dana yang dihabiskan pada awalnya sudah ditentukan, jika Anda mengikuti proses ini, 99.9% dari proses penanggulangan ilalang ini tidak selalu dapat diandalkan. Jika Anda membangun dek kayu di atas semen konkret, Anda tidak membutuhkan fondasi batu sehingga lebih ekonomis secara pengeluaran.

5. Murah dan mudah, berikut ini peralatan dek kayu yang direkomendasikan

  by 阿部建設
阿部建設

骨組みの組み立てをしましょう。

阿部建設

Siapapun yang cemas akan proses DIY untuk membangun dek kayu ini bisa menggunakan peralatan lengkap dek kayu. Cukup dengan menyusun berdasarkan manual yang sudah disediakan, mudah sekali untuk membangun sendiri dek kayu. Bagaimanapun, perawatan dek kayu dalam jangka panjang sangatlah penting. Saat menggunakan kayu alami, pastikan Anda menggunakan cat pelindung setidaknya sekali dalam setahun. Selain itu, jika Anda meninggalkan penanaman di posisi yang sama dengan dek kayu, kelembaban dapat menyebabkan kerusakan pada dek kayu, sehingga Anda perlu secara berkala memindahkan posisi sebagai bentuk perawatan.

6. Koleksi desain dek kayu kelas dunia

Dek kayu dengan kesan langit biru yang lepas langsung terhubung dengan ruang tamu. Bangunan ini ditangani oleh STAD dengan tema kehidupan yang berdampingan dan hubungan keluarga dengan alam. Melampaui pintu masuk, terdapat bukaan penuh yang langsung menuju ke lahan luas dan hutan yang tampak menyebar.

Langit biru ditambah dengan dek kayu merupakan kombinasi terkuat, dengan kesan datar yang terhubung dengan taman. Penampakannya sendiri terkesan seperti rumah kaca yang ada di atas dek kayu.

Penampakannya sendiri terkesan seperti rumah kaca yang ada di atas dek kayu.

Dek kayu yang dipanjangkan terkesan berjarak jika Anda mempertimbangkan proses konstruksinya.

7. Koleksi dek kayu yang berlapis

 Teras by 株式会社 建築工房零
株式会社 建築工房零

デッキスペースは外にある室内と考える

株式会社 建築工房零

Jika jenis dek kayunya adalah yang berlapis, meski dalam musim hujan sekalipun, Anda bisa menikmati udara di luar dan juga memainkan peranan sebagai pelindung bagi papan lantai, sehingga ketahanan dari dek kayu otomatis bertambah. Meskipun ada dalam cuaca panas sekalipun, jika Anda memiliki patio seperti ini, Anda tidak akan mengkhawatirkan sinar ultraviolet yang berbahaya dan akan menikmati suasana di luar rumah dengan melaksanakan kegiatan seperti membaca dan makan di luar ruangan sesering mungkin.

Nampaknya, dek kayu berikut ini ditangani oleh perusahaan yang sudah memiliki konstruksi dengan kayu cypress Jepang.

Dek kayu yang luas yang merupakan sambungan dari ruang tamu yang didesain oleh KOTORI Co. Ltd. Di sekitarnya pun terdapat hammock atau tempat tidur gantung yang merupakan tempat bersantai yang nyaman.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!