by Plumber Christchurch

15 Cara Mengatasi Masalah Air di Rumah dengan Perbaikan Pipa Sederhana

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Sistem air dan pipa dalam rumah memiliki peranan penting bagi rumah dan kehidupan keluarga. Aktivitas sehari-hari seperti memasak, mandi, mencuci dan lainnya sangat tergantung dari sistem air dan pipa dalam rumah. Karenanya, sistem air dalam rumah harus benar-benar diperhatikan kelangsungannya agar tidak berinsiden mempengaruih kehidupan sehari-hari. Bagaimanapun, setelah digunakan dalam jangka waktu beberapa lama, berbagai faktor dapat menyebabkan masalah pada sistem air di dalam rumah, seperti adanya kebocoran, saluran tersumbat maupun pipa rusak. Dalam tulisan berikut ini, terdapat 15 cara untuk mengatasi masalah air dalam rumah yang dapat berguna dan diperlukan oleh siapapun.

1. Menangani pipa tersumbat

  by Plumbers Durban
Plumbers Durban

Sink Repairs

Plumbers Durban

Penyebab utama dari penyumbatan pipa biasanya adalah makanan, yang terakumulasi dalam jangka waktu yang panjang sehingga air tidak bisa mengalir. Anda dapat mengecek dan membersihkan saluran pipa sendiri dengan mengeluarkan sisa makanan yang terjebak di dalam pipa dengan menggunakan bahan penghilang lemak dan sisa makanan yang tersedia di pasaran.

​2. Menangani kran bocor

 Bathroom by VAP ARQUITECTOS
VAP ARQUITECTOS

Regaderas ecológicas permiten el ahorro de hasta 30% en el consumo de agua

VAP ARQUITECTOS

Kran di kamar mandi, toilet atau dapur setelah beberapa kali penggunaan dapat dengan mudah mengalami kebocoran. Disebabkan oleh oksidasi pada kran atau katup di dalam saluran yang terbuka, solusi untuk kran tersumbat adalah dengan menggunakan material kawat baja yang berlapiskan lapisan besi atau dengan timah kecil yang dimasukkan ke dalam lubang kran, kemudian menggunakan palu untuk menghancurkan bahan baja atau timah ke dalam slot-nya secara merata, datar dengan pipa air. Kemudian, gunakan besi pada badan sepeda dan potonglah menjadi potongan-potongan sepanjang 0.3 – 0.6 cm. Gunakan kawat untuk mengikatnya dengan erat. 

3. Tangani kebocoran pipa dengan teknik coupling

Untuk menangani kebocoran pipa dengan teknik coupling, pertama-tama Anda perlu mempersiapkan lem, lem yang cocok untuk mengatasi masalah seperti ini. Saat menggunakan perekat atau pengikat, dengan mudah oleskan lem di sekitar ring penyambung, dan putar agar mengikat dengan teknik coupling.

4. Cek kebocoran pipa karena keretakan

  by homify

Untuk mengatasi kebocoran pipa karena keretakan, pertama-tama gunakan selotip atau perekat hitam untuk mempererat dan menutup keretakan, dan pastikan Anda menyisakan sisa selotip di setiap sisi yang retak sekitar 1 cm masing-masing sehingga tidak akan terjadi kebocoran air.

5. Pipa air yang tersumbat di toilet

Cara terbaik untuk mengatasi pipa tersumbat di toilet adalah dengan mematikan aliran air segera ketika masalah pada pipa muncul. Kemudian, gunakan bahan metal solid atau penyedot untuk menangkap dan membuka jalur yang tersumbat oleh sampah.

6. Toilet yang mengeluarkan air karena saluran pembuangan yang tersumbat

Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama Anda perlu menyumbat saluran pengeringan di toilet dan mengosongkan tangki air. Selanjutnya, pindahkan sumbatan yang rusak untuk membersihkannya dengan cuka, sabun dan deterjen. Kemudian, pasang kembali seperti biasa, buka saluran pengeringan yang menyumbat toilet.

​7. Toilet yang mengalirkan air ke lantai kamar mandi

 Kamar Mandi by Graeme Fuller Design Ltd
Graeme Fuller Design Ltd

Make every room a new adventure… ..

Graeme Fuller Design Ltd

Pertama-tama, Anda perlu menutup katup saluran pembuangan ke dalam tangki, gunakan kain kering untuk menyerap air pada toilet. Kemudian, pindahkan bagian-bagian seperti tutup tangki, penutup dudukan toilet, kontainer air, dan berhati-hatilah agar tidak mengenai titik kontak. Kemudian, bersihkan atau ganti dengan yang baru jika diperlukan.

8. Toilet yang mengeluarkan air dari tangki penampung air

  by Plumbers johnnesburg
Plumbers johnnesburg

Toilet unblocking project

Plumbers johnnesburg

Jika toilet bocor dari tangkinya, yang harus dilakukan adalah memindahkan bagian karetnya untuk melakukan pembersihan. Kemudian, pasang dan eratkan, dan jika Anda mengalami kesulitan melepaskannya, Anda dapat menggantikan bagian ini dengan karet yang lebih terjangkau yang ada di toko-toko.

9. Toilet yang bocor dari pegangan dan penampungan air

 Kamar Mandi by Grupo Inventia
Grupo Inventia

Baño principal

Grupo Inventia

Penyebab dari masalah ini adalah pengaturan aliran air yang dipasang terlalu tinggi dibandingkan dengan regulasi, menyebabkan sumber air ke tempat penampungan air tidak muat menampung kelebihan air. Perlakuan yang dapat Anda berikan adalah mengecek batasan air menurut standar produk secara offline.

​10. Mengondensasi pipa saluran pembuangan yang tersumbat

Saat Anda mengalami masalah yang satu ini, pertama-tama lakukanlah pengecekan terhadap saluran pembuangan, apakah terdapat bagian yang retak atau tidak. Dalam kasus pipa pembuangan, lakukan pengecekan pada bagian luar pipa pembuangan dari bagian yang panas di luarnya, apakah tersumbat atau terhalang oleh saluran pembuangan. Anda dapat juga mengetes tabungnya, melakukan penyedotan atau peniupan untuk memungkinkan debu atau gumpalan air untuk terlepas dari sumbatan jika ada.

11. Kebocoran pada mesin cuci yang sudah lama

Banyak penyebab dari rusaknya mesin cuci adalah karena penghubung antara selang air terpasang longgar dan tidak sesuai dengan kran air. Anda dapat mengeratkan sambungannya dengan menambahkan karet baru di sekeliling sambungan pipa pembuangan.

12. Adanya kebocoran pada bagian bawah mesin cuci

Penyebab yang mungkin terjadi adalah adanya suplai air ke mesin cuci yang rusak atau kebocoran di dalam pipa.

​13. Kebocoran setelah menggunakan mesin cuci

 Dapur by PTC Kitchens
PTC Kitchens

High gloss white

PTC Kitchens

Penyebab dari masalah ini biasanya adalah adanya suplai air yang berkurang atau kerusakan selama mesin cuci bekerja. Atau, jika mesin cuci tidak terpasang secara pas, hal ini dapat menyebabkan meluapnya air.

14. Wastafel yang tersumbat pada alat pemicu keluarnya air

Dalam hal ini, tindakan untuk mengecek apakah alat pemicu keluarnya air menyangkut karena adanya pengalihan, dan rekatkan kembali penyangganya jika tersedia.

15. Tempat mencuci yang tidak kering secara maksimal

Jika terdapat masalah, Anda harus mengecek selang pembuangan untuk melihat jika terdapat sesuatu yang terjebak dan bersihkan sampah atau halangan apapun yang ditemukan.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!