Rumah kayu by Rusticasa

5 Cara Mencegah dan Membasmi Rayap Secara Efektif

Mamora Basaria Mamora Basaria
Loading admin actions …

Agar rumah kita senantiasa nyaman dan sehat, tentu kita harus rutin merawat dan membersihkannya. Perawatan rumah pun dapat bervariasi tergantung dari materialnya. Rumah yang banyak memiliki elemen kayu di eksterior atau interiornya, tentu butuh perawatan lebih. Di negara tropis seperti Indonesia, kayu memiliki musuh nomor satu: rayap.

Jika tidak diperhatikan perawatannya, wah masalah rayap pasti akan membuat Anda pusing. Namun tidak perlu khawatir, di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips untuk mencegah dan membasmi rayap secara efektif; mulai dari perawatan berkala hingga cara membasmi rayap hingga tuntas dan tak kembali lagi!

1. Lindungi Rumah Kayu Dari Rayap

Jika rumah Anda terdiri dari banyak material kayu, bahan bangunan satu ini memang mudah sekali diserang rayap. Untuk itu Anda bisa menyemprotkan atau mengolesi bagian yang sering dimakan rayap dengan minyak tanah, maka secara perlahan rayap akan mati dan bagian tersebut akan hilang dari serangan rayap. Cara lainnya, Anda bisa menyemprotkan cairan anti rayap secara teratur ke seluruh bagian rumah. Anda bisa menyemprotkan pada kusen, lantai kayu, rangka atap, plafon hingga dinding.

2. Rayap Paling Suka Di Tempat Yang Lembab

Habitat favorit para rayap untuk bersarang yaitu daerah gelap dan lembab. Nah, agar perabotan Anda tidak keropos dan habis digerogoti rayap, Anda bisa menjemur perabotan di bawah sinar matahari, dikarenakan rayap tidak suka di tempat yang panas. Lakukan secara rutin menjemur perabotan, agar rayap segera menghilang dari tempat tersebut. Selain itu untuk menghindari rumah yang lembab, sebaiknya perbanyak jendela pada hunian Anda, agar sinar matahari dan udara yang segar masuk dalam rumah secara alami.

3. Rapikan Buku dan Kertas

Jika Anda hobi membaca dan memiliki banyak koleksi buku di rumah, sebaiknya koleksi tersebut dibersihkan secara rutin. Rayap dan serangga sangat suka pada kertas, jadi sebaiknya rapihkan dan bersihkan rak, buku, kertas-kertas hingga wallpaper dinding Anda. Oh ya, jika Anda sedang merenovasi rumah atau sedang membangun rumah, ada baiknya berkonsultasi dengan seorang arsitek atau desainer interior untuk mendapatkan saran terbaik untuk memilih bahan yang tepat untuk mencegah invasi rayap dan serangga.

4. Periksa Rumah Setiap 3-6 Bulan Sekali Dengan Jasa Pest Control

Untuk mencegah dan membasmi rayap pada bangunan rumah atau furnitur, Anda juga dapat mendatangkan jasa pest control untuk pembasmian rayap. Biasanya jika rumah sudah diserang rayap, jasa pembasmi akan menawarkan metode penyemprotan dan injeksi, atau memakai metode sistem umpan yang ramah lingkungan. Anda dapat memeriksa rumah Anda paling tidak setiap 3-6 bulan, untuk memastikan rumah Anda bebas dari rayap.

5. Cara Sederhana Untuk Mengusir Rayap

Beberapa 'ramuan' ini ternyata ampuh loh digunakan untuk mengusir rayap. Penasaran? Anda bisa menggunakan air cucian beras yang mampu mengusir rayap dari sarangnya. Caranya, siramkan saja air cucian beras ke sekeliling tempat tinggal rayap. Lalu Anda juga bisa menggunakan air kapur sirih yang dimasukkan ke dalam wadah semprotan, atau minyak jeruk. Lalu garam pun juga terbilang ampuh untuk membasmi rayap, caranya taburkan garam dapur di sekitar sarang rayap. 

Jika masih belum mempan, cobalah tanah diatom. Caranya mudah, taburkanlah di sekeliling rumah terutama di area rumah yang memiliki bahan kayu seperti kusen jendela atau lantai. Tanah diatom cenderung dijauhi rayap karena membuat rayap jadi mengering, sehingga ia juga enggan masuk rumah. 

Simpel bukan? Selamat mencoba ya.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!