Kamar Mandi by Andrea Rossini Architetto

20 Ide Desain Kamar Mandi Dengan Nuansa Kayu Yang Memukau Dan Inspiratif

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Ketika menemui desainer kamar mandi kita akan semakin mengetahui banyak alternatif material yang bisa digunakan dalam kamar mandi. Salah satu bahan yang yang tak terduga yang bisa digunakan adalah kayu karena banyak orang berpikir bahwa kayu adalah material yang tidak tahan kelembaban apalagi air. 

Tahukan bahwa kayu ulin adalah kayu yang justru senang dengan air. Kayu ini sering kita lihat digunakan sebagai tiang/penyangga rumah-rumah kayu di aliran sungai di Kalimantan. Kayu ulin bisa menjadi material yang kuat digunakan untuk kamar mandi. Sayangnya, saat ini Kayu ulin termasuk dalam popon yang dikatakan hampir punah dan tidak boleh diperjual belikan dikarenakan pertumbuhannya yang sangat lambat.

Namun, keberadaan kayu ulin yang terbatas  tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang menyukai material maupun motif kayu hadir dalam kamar mandi Anda. Anda bisa memberikan lapisan pada kayu atau memakai material lain yang mirip dengan warna kayu. Atau Anda juga bisa mensiasati dengan menempatkan kayu di area kering dalam kamar mandi Anda. 

Dapatkan inspirasi dalam  buku ide ini, 20 kamar mandi dengan nuansa kayu yang memukau. 

1. Kamar mandi dengan dinding kayu dengan nuansa modern

Kayu yang berasal dari alam bisa tampil dengan gaya modern jika kita tahu skema warnanya. Kamar mandi ini contohnya, seluruh  permukaan dinding dan lantai diberikan motif kayu, kecuali plafon. Kombinasi  warna hitam mendukung pilihan gaya modern. 

2. Lantai kayu

Kamar mandi dengan lantai dari kayu dan lebih menarik lagi adalah ide menempatkan balok kayu di bagian plafon.

3. Kayu alami

Pesona kayu di gunakan dalam meja wastafel sekaligus lemari dan laci. 

4. Dinding dan meja

Kayu digunakan sebagai dinding dan meja. Dipernis dengan warna oranye dimana akan membuat Anda merasa rileks saat menggunakannya.

5. Kamar mandi loteng

Kamar mandi yang unik di atas loteng. Lantainya terbuat dari kayu dan bak mandi dikelilingi oleh bingkai kayu, begitu juga dengan meja wastafel. Kuda-kuda yang berfungsi sebagai penyangga atap mempunyai fungsi dekoratif yang menyatu dengan konsep kamar mandi kayu ini.

6. Kamar mandi loteng yang lain

 Kamar Mandi by archstudiodesign
archstudiodesign

UN CALDO CHALET DI DESIGN

archstudiodesign

Membuat cekungan yang agak dalam pada bak mandi adalah salah satu cara agar percikan air tidak terlaulu banyak keluar. Begitu juga dengan ide membatasi are showe dengan kaca transparan yang jernih dan rapi.

7. Kamar mandi loteng yang lain lagi

Desainer kamar mandi telah berhasil memadukan material alam kayu serta batu dalam kamar mandi ini.  Meja wastafel dengan rak menjadi area favorit karena terdapat cermin di sana. Di sisi lain meja dengan dekorasi batu alam tampak mempesona dan tentu saja fungsional. 

Membuat skylight dalam kamar mandi loteng merupakan solusi hemat energi dan membuat kamar mandi bebas lembab dan pengap. 

8. Kayu dan rotan

Ide memadukan bahan alami ke dalam kamar mandi bernuansa kayu berikutnya adalah memasukkan ornamen dengan material rotan. Bisa berupaa kotak tempat sabun dan kosmetik atau tempat baju kotor seperti dalam kamar mandi ini.

9. Toilet berdinding kayu

Toilet sempit ini tampak nyaman dengan dinding kayu yang alami,  bersih dan rapi. 

10. Kayu dalam gaya modern country

Contoh lainnya adalah kamar mandi dengan ornamen kayu yang dibiarkan tanpa finishing cat maupun pernis. Perancang menggunakan ubin abu-abu untuk melengkapi warna alami dan bentuk kayu. Agar terlihat lebih sempurna diletakkan rak kayu tanpa cat juga. Hasilnya adalah kamar mandi modern dengan gaya country.

11. Lantai kamar mandi dari susunan Kayu

Melapisi lantai dari susunan kayu seperti dalam kamar mandi ini mungkin bagi sebagian orang nampak karang ok. Namun semua tergantung pada preferensi masing-masing. 

12. Motif kayu pada lantai

Motif parket pada lantai cocok diaplikasikan dalam kamar mandi kering. Lapisannya yang sedikit glossy akan beresiko licin namun mudah dibersihkan.

13. Lantai kayu menghubungkan kamar tidur dan kamar mandi.

Berikut ini adalah contoh lain lantai dari motif parket yang meaghubungkan kamar tidur atau wardrobe dengan kamar mandi. Area yang relatif jauh dari percikan air.

15. Scrubber

Palet warna tidak gelap atau terlalu terang. Dulu kamar mandi. Penggunaan kayu yang dipoles. Kita bisa dengan mudah membersihkan kotoran yang terjepit. Dan buat kamar mandi terlihat baru.

16. Kamar mandi laminasi

Laminate digunakan sebagai bahan utama di kamar mandi ini. Bagi yang suka motif kayu, dan ingin menghadirkannya dalam kamar mandi basah, konsultasikan dengan desainer kamar mandi Anda untuk lebih detailnya. 

17. Lantai kayu dan dinding batu

Berikutnya adalah ide menggunakan lantai kamar mandi yang terbuat dari kayu yang dilengkapi dengan atmosfer alam berupa penggunaan dinding batu. Jika area kamar mandi Anda kecil, gunakan dinding berwarna terang, agar kamar mandi terlihat lebih lebar.

18. Pola modern di lantai kayu halus.

Ini adalah pola dinding yang sangat trendi, untuk mengimbanginya lantai kayu harus terlihat halus dan glossy. Jangan lupa sediakan keset handuk untuk sesekali mengelap percikannya.

19. Elegan

 Kamar Mandi by TONO BAGNO | Pasión por tu baño
TONO BAGNO | Pasión por tu baño

Cases Singulars de l'Empordà – Tras Samària 14, Pals

TONO BAGNO | Pasión por tu baño

Konon tidak perlu kita membawa semua kayu ke dalam kamar mandi. Seperti kamar mandi ini yang menggunakan dinding batu. Kayu dipasang untuk melapisi bak air bagian luar. 

20. Gaya zen

Dan yang terakhir, kamar mandi mulus dalam gaya Zen  dengan tata letak sederhana. Garis tegas ditunjukkan dengan memilih nada kayu gelap. 

Apakah Anda suka? Jangan sungkan untuk mengambil ide cerdasnya  untuk kamar mandi Anda.

Kamar mandi mana yang menginspirasi Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!