by homify

8 Tips Mendekorasi Rumah Menurut Feng Shui

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Mendesain dan mendekorasi rumah pada tiap tahapannya menjadi bidang keahlian para arsitek, desainer interior, arsitek interior, kontraktor, bahkan pekerja bangunan. Tetapi siapakah di antara para profesional ini yang mengetahui cara mendekorasi rumah ideal menurut sudut pandang Feng Shui? Sebenarnya, siapapun bisa. Satu hal yang perlu diingat adalah, Feng Shui mengutamakan keseimbangan antar energi spiritual yang disebut yin dan yang. Secara umum, yin mewakili energi negatif, sedangkan yang simbol energi positif. 

Keseimbangan antara yin dan yang sebaiknya diperhatikan sejak rumah didirikan, bahkan sejak rumah baru berwujud desain. Ke mana air kotor mengalir, seberapa tinggi pagar, di mana meletakkan cermin, dll. sebaiknya dipertimbangkan bukan hanya untuk alasan artistik. Namun juga kesejahteraan penghuni rumah secara batin. Mengapa demikian? Kami yakin suasana rumah mempengaruhi suasana hati. Bila suasana hati tenang, pikiran pun akan tenang, dan semakin fokus beraktivitas setiap hari. Fokus dalam bekerja tentu akan ada hasilnya untuk bidang yang Anda tekuni. Mungkin bos jadi senang karena hasil kerja Anda memuaskan, sehingga gaji Anda dinaikkan. Atau pelanggan banyak berdatangan sehingga keuntungan jadi berlipat. Jadi, paham kan sekarang kalau Feng Shui tidak ada kaitannya dengan mistik?  

Menariknya, homify punya tips mendekorasi rumah ideal dari kacamata Feng Shui. Bacalah sekarang agar Anda tahu bagaimana cara menghasilkan kesejahteraan di rumah. 

1. Pagar

Pagar sebaiknya dibuat lebih tinggi dari jalan di depan rumah. Bila tidak, maka debu dan genangan air hujan bisa masuk ke dalam rumah. Pagar yang lebih rendah dari jalan juga tidak baik untuk bisnis. Ada yang mengatakan, usaha yang dilakoni penghuni rumah akan mudah terserang masalah. Secara logika, hal ini masuk akal karena bayangkan saja waktu yang terbuang untuk menyapu teras setiap saat karena debu atau kena banjir. Jika belakangan ini bisnis Anda sedang lesu, coba periksa jangan-jangan pagar rumah Anda penyebabnya. 

2. Pintu warna cerah

Warna terang di pintu bukan hanya sempurna untuk fasad rumah. Apalagi warna pintu yang terlihat kontras dengan dinding dan warna jendela. Warna terang juga membantu memulihkan energi spiritual yang kelelahan setelah seharian beraktivitas. Pertimbangkan juga untuk mengecat pintu dengan warna terang apabila Anda juga menjadikan rumah sebagai tempat usaha. 

3. Pohon tinggi

Rumah yang megah tiada artinya kalau sekitarnya gersang. Pepohonan melepaskan udara segar yang baik untuk kesehatan, dan gratis pula. Pohon-pohon tinggi juga akan menjadi peneduh alami yang menghalangi teriknya sinar matahari. Secara visual rumah juga akan lebih menarik. Siapapun akan betah tinggal di dalamnya dan menghabiskan banyak waktu bersama keluarga, daripada nongkrong di luar dan menghabiskan dana belanja. 

4. Tanaman berduri

Tanaman berduri seperti kaktus punya bentuk dan warna yang beragam, cocok sebagai dekorasi rumah. Meski menurut Feng Shui tanaman berduri adalah simbol kesabaran, meletakkan tanaman ini di dalam rumah bisa berbahaya. Apalagi bila Anda tinggal bersama orang berusia lanjut atau anak-anak. Oleh karena itu, Feng Shui menganjurkan kita meletakkan tanaman berduri di luar rumah. Bisa ditata menjadi taman kering minimalis seperti contoh. 

5. Hindari air kotor

Menurut ilmu Feng Shui, air kotor di sekitar rumah bisa menimbulkan hambatan finansial bagi penghuni rumah. Ini masuk akal karena air kotor bisa menjadi sumber penyakit yang mengganggu kesehatan. Bila kesehatan sudah terganggu, aktivitas mencari nafkah pun terganggu. Kolam ikan dan kolam renang harus dikuras secara teratur. Demikian juga saluran air kotor (got) harus lancar dan jangan sampai air kotor melimpah keluar. 

6. Jangan memajang sesuatu yang sudah rusak

Ada orang yang sangat kesal ketika mobilnya rusak, tapi mereka menyimpan kursi rusak, meja yang kakinya sudah tak lengkap, atau setumpuk perangkat rumah tangga yang tak berfungsi. Rumah adalah cerminan hidup kita. Kebiasaan membiarkan atau memajang perabotan rumah tangga yang sudah tidak layak akan membuat kita terbiasa membiarkan masalah tidak terselesaikan. Segera perbaiki perabot yang rusak, atau buang saja bila sudah tak bisa diperbaiki.  

7. Hindari tanaman merambat

 Taman by Arstudio
Arstudio

Ampliación Residencia BG

Arstudio

Tanaman merambat memang bisa memberikan efek eksotis untuk dinding rumah, solusi menghadirkan nuansa alami di rumah berhalaman sempit. Akan tetapi menurut Feng Shui, tanaman merambat melambangkan benalu yang menggerogoti kesehatan. Ini pun masuk akal karena dinding rumah bisa runtuh bila tanaman merambat sudah terlalu rimbun. Untuk menghindarinya, pilih taman vertikal untuk menghias dinding rumah Anda. 

8. Lampu meja

Botanica Apartment @ Kebayoran:  Kamar Tidur by Simply Arch.
Simply Arch.

Botanica Apartment @ Kebayoran

Simply Arch.

Dua lampu di meja nakas kamar tidur Anda lebih dari sekedar syarat estetika. Walaupun sedang tidak punya pasangan, kehadiran lampu di kedua sisi melambangkan Anda adalah pribadi yang mampu menjamin kenyamanan orang lain di sekitar. Keduanya juga mencerminkan keseimbangan dalam hidup di segala bidang. 

Adakah saran mendekorasi rumah menurut Feng Shui yang ingin Anda tambahkan? Silakan tulis di kolom komentar. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!