Taman by BLACKHAUS

18 Taman Indah Untuk Setiap Rumah

Mamora Basaria Mamora Basaria
Loading admin actions …

Populasi meningkat dengan cepat, sehingga terjadi peningkatan permintaan akan ruang. Ini berarti bahwa ruang hijau pun semakin menyusut dan secara bertahap menghilang, terutama pada kota-kota besar.
Terlepas dari zaman, situasi ekonomi dan keadaannya, orang-orang mencari cara untuk tetap menghadirkan ruang hijau berupa taman kecil pada hunian. Banyak yang menghadirkan taman pada balkon, halaman, teras, koridor hingga taman di dalam rumah. Dan bagaimana cara menghiasnya agar hunian kita semakin nyaman, asri dan juga indah? Mari kita lihat beberapa gagasannya di bawah ini.

1. Membuat Taman Di Balkon Rumah

 Taman by BLACKHAUS
BLACKHAUS

Girl and the cat

BLACKHAUS

Keterbatasan ruang membuat kita harus lebih kreatif untuk menciptakan ruang hijau pada hunian. Nah, jika rumah Anda memiliki balkon yang kosong dan tidak dihias apapun, balkon dapat menciptakan kesan asri dan alami jika ditambahkan dengan taman. Area ini bisa menjadi spot menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Selain bisa menyegarkan pikiran dan tubuh, taman di balkon bisa membuat udara di rumah Anda terasa sejuk.

Nah, Anda bisa memilih furnitur sofa dan meja yang disesuaikan dengan bentuk dan ukuran balkon. Berikan beberapa pajangan atau lampu-lampu agar suasananya semakin cantik, kemudian hiasi dengan tanaman hias dan bunga yang tumbuh di dalam pot, atau tanaman jenis merambat yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Ide menarik mengenai taman di balkon, Anda bisa membaca tips ini: 9 Cara Kreatif untuk Merancang Balkon Kecil dan 9 Balkon yang Atraktif dan Nyaman.

2. Area Outdoor Yang Mungil

Karena keterbatasan lahan, kita jadi ragu apakah dapat membuat taman? Jawabannya, tentu bisa! Ukuran tidak menghalangi kita untuk memiliki area hijau, dan kuncinya adalah pada dekorasi taman. Di taman yang mungil Anda tetap bisa membuat jalan setapak, menghadirkan kolam ikan, hiasi dengan tanaman dan bunga yang Anda sukai, hingga mempercantiknya dengan kerikil atau lantai kayu.

Lihat rekomendasi beberapa taman mungil pada Buku Ide ini: 7 Ide membuat Taman Mungil di Depan Rumah Anda dan 21 Ide Taman Mungil Untuk Menghiasi Pintu Masuk dan Koridor Rumah Anda

3. Penerapan Bahan Dekoratif

Ini adalah salah satu contoh aplikasi material yang paling efektif dalam perancangan jalan setapak. Anda bisa hiasi jalan setapak taman dengan bebatuan atau kerikil, material kayu dan juga rerumputan.

4. Do It Yourself dan Manfaatkan Kayu-Kayu Bekas

Dengan anggaran yang terbatas, Anda tetap bisa menghias ruang kecil yang kosong menjadi ruang hijau. Dengan bantuan tukang atau jika Anda bisa membuatnya sendiri, Anda dapat memanfaatkan kayu-kayu bekas atau box kayu untuk dijadikan pot tanaman dan pot bunga. Ukuran dan bentuk pot bisa Anda kreasikan dan sesuaikan dengan area kosong tersebut.

5. Manfaatkan Ambalan Atau Stand Untuk Membuat Taman

Jika dihadapkan dengan batasan, sudah tentu kita harus menemukan cara kreatif untuk memanfaatkan ruang. Nah, ide lain untuk mendekorasi taman kecil, Anda bisa menghias halaman atau teras dengan rak ambalan atau stand seperti contoh pada gambar. Rak ini bisa Anda isi dengan berbagai pot tanaman atau bunga. Cantik bukan?

6. Batu Alam Menjadi Hiasan Dinding

Alih-alih pagar biasa, taman ini memanfaatkan kawat dan batu alam untuk dijadikan dinding yang artistik. Tak perlu menghias apapun, hanya dengan dinding unik ini, serta kombinasi pencahayaan yang cantik, Anda memiliki taman disekitar rumah yang sangat menarik.

7. Desain Taman Di Dinding Menggunakan Balok Beton

Kita pun dapat menghias dinding menjadi lebih hijau dan cantik seperti ini. Ide inovatif satu ini menggunakan beton untuk membuat pot dan menaruh tanaman kecil seperti hidroponik, kaktus, dan berbagai bunga kecil. Simpel dan sangat mudah perawatannya.

8. Dekorasi Eksterior Dinding Batu

Salah satu cara paling sederhana dan paling efektif untuk menghias dinding eksterior adalah menggunakan ubin tanah liat alami. Kombinasikan tekstur geometris yang artistik dengan bebatuan dibawahnya dan juga beberapa tanaman. Unik ya?

9. Percantik Dinding Dengan Warna Soft

 Taman by Rimini Baustoffe GmbH
Rimini Baustoffe GmbH

Mönch Nonne Halbschale Coppo di Domenica

Rimini Baustoffe GmbH

Dinding pun bisa dihias dengan sentuhan lembut dengan menerapkan warna cat pastel yang soft. Dikombinasikan dengan beberapa tanaman, hunian Anda akan terlihat indah dan menawan.

10. Teras Kayu Dengan Hiasan Berbagai Pot

Dengan menggunakan material kayu pada dinding, lantai dan furnitur, ini adalah contoh desain teras sederhana yang sangat manis. Yang mencuri perhatian kami justru dinding yang dihiasi berbagai pot tanaman. Ide yang menarik!

11. Material Dinding Yang Beragam

 Taman by Modulor Arquitectura
Modulor Arquitectura

Vestíbulo de Recepción Exterior A224

Modulor Arquitectura

Dinding teras ini terlihat stylish karena dirancang memakai berbagai material, dengan konsep seperti ditumpuk. Membawa keindahan pada ruang, warna yang dihasilkan pun terlihat kontras dengan hadirnya pot tanaman serta pencahayaannya. Saran kami, tambahkan kolam mungil yang ditaruh dekat dinding, Voila! Anda pun memiliki taman mungil yang cantik.

12. Hiasi Dengan Pot Tanaman Yang Unik

Berbeda dengan dua cara diatas mendesain taman menggunakan beton dan kayu, hunian satu ini justru memakai pot tanaman berbentuk unik yang ditempatkan secara seragam pada dinding. Area dan dinding yang awalnya kosong pun tidak terbuang percuma, sekarang menjadi lebih asri dan dihias dengan menarik.

13. Metode Paling Sederhana: Gunakan Warna

Jika Anda merasa sulit merancang dan menghias taman seperti yang disarankan di atas, solusi lainnya Anda dapat menghias dinding dengan palet warna yang cerah. Bisa satu warna atau memakai beberapa warna. Hasilnya, coba lihat taman mungil untuk bersantai ini? Terlihat nyaman sekali ya.

14. Hiasi Dinding Putih Polos

Jika Anda memiliki bunga yang tumbuh dekat dinding, mari kita hiasi area tersebut dengan beberapa tanaman tinggi pada area dinding. Sekarang hasilnya lebih menarik bukan, sederhana namun terlihat cantik.

15. Lengkapi Dengan Lampu Gantung

Taman tidak hanya kita nikmati pada sore, siang atau sore hari, tapi malam pun kita perlu tempat untuk relaksasi. Nah, agar suasananya sedemian nyaman, Anda bisa mempercantik penampilan taman dengan lampu gantung dan beberapa pencahayaan pada tanaman. Biayanya ramah dikantong, hasilnya pun luar biasa.

16. Kombinasikan Pergola Dengan Pot Tanaman

Area belakang rumah pun dapat menjadi tempat yang menyenangkan, berkat dekorasi yang kreatif. Nah, cara lain untuk menghadirkan ruang hijau pada hunian, Anda bisa menghadirkan atap bergaya pergola yang dikombinasikan dengan pot gantung, serta kombinasikan dengan tanaman yang menggantung di dinding. Brilliant!

17. Kebun Di Atas Atap

Tampilan rumah seperti di Eropa ini dapat Anda aplikasikan pada hunian, dengan cara menghias atap teras dengan banyak tanaman dan bunga. Yes! Atap biasa pun berubah menjadi atap hijau yang unik. Too pretty!

18. Atap Kayu Sederhana

Kayu pada atap dirancang selaras dengan sebilah kayu untuk menghias dinding, menciptakan bentuk geometris kotak dengan ruang kebun kecil. Pada hari-hari cerah, atap ini menciptakan bayangan indah.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!