by Electricians Johannesburg

6 Peralatan Yang Sebaiknya Diperiksa Secara Teratur Di Rumah

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Dalam seri homework  tahun 2018, homify akan terus mengenalkan Anda pada cara sederhana untuk memastikan kenyamanan dalam rumah Anda, salah satunya dengan cara memeriksa peralatan di rumah. Perangkat ini sering digunakan secara teratur sehingga butuh pemeriksaan dan perawatan berkala, jangan sampai ketika dibutuhkan peralatan ini dalam kondisi rusak.

Apa saja peralatan tersebut dan bagaimana cara nya?

1. Periksa pemancar wifi

Biasanya, bila pemancar wifi memiliki masalah yang mencegah Anda mengakses jaringan, Anda dapat menerapkan beberapa cek dan tindakan berikut:

- Reboot modem untuk memperbaiki router nirkabel

- Periksa suhu Modem

- Periksa kabel jaringan

- Tinjau posisi antena pemutar wifi

- Restart router

2. Periksa bohlam

Setiap bola lampu akan memiliki tee di luar, periksa apakah warnanya hitam atau hitam, jika tee hitam dan kehabisan cahaya, maka Anda perlu menggantinya.

Periksa pemberatnya. Bola ada di palung bola lampu, Anda menggunakan obeng untuk dilepas dan kemudian colokkan lampu lainnya untuk melihat apakah ballastnya bekerja dengan baik, jika masih berkedip-kedip, Anda perlu mengganti balastnya.

Periksa apakah sirkuit telah dipasang dengan benar, jika tidak, Anda dapat mematikan daya dan memasukkan sakelar untuk bohlam.

3. Periksa dan ganti saklar daya

Untuk mengganti saklar daya, pertama, Anda perlu melepaskan daya ke saklar. Kemudian gunakan obeng untuk melepaskan penutup dari sakelar. Gunakan tester listrik siap pakai untuk memeriksa apakah sakelar masih menyala dan kemudian periksa sebab dan perbaikannya. Jika kabel di dalam saklar tergores, rusak, maka Anda harus kembali atau diganti.

4. Periksa saluran air

Dengan alat yang mudah ditemukan di rumah, Anda bisa memeriksa saluran pembuangan air. Buka saluran di bawah sink dengan menggunakan kunci untuk membuka ring, kemudian bersihkan saluran dari rambut dan sampah yang tertinggal di selokan.

5. Periksa mesin cuci

Untuk mesin cuci pintu depan, Anda harus secara teratur memeriksa bantalan karet di pintu mesin cuci,  pastikan bebasa dari kotoran setelah mencuci untuk menghindari noda yang membekas. Lepaskan laci tempat deterjen dan pelembut dan cuci bersih laci beserta kolong nya.

Jika mesin cuci tidak dilengkapi dengan program pembersih diri, bersihkan mesin cuci minimal sebulan sekali. Tambahkan sekitar 2 cangkir cuka atau jus lemon ke drum cuci, lalu jalankan siklus cucian dalam mode terpanas untuk menghilangkan bau, noda atau deterjen.

6. Periksa kulkas

 Kitchen by Fisher & Paykel
Fisher & Paykel

New Flat white range of fridge freezers

Fisher & Paykel

Dengan kulkas, Anda melakukan pemeriksaan berikut ini:

- Lepaskan kabel daya kulkas dari stopkontak

- Kosongkan kulkas

- Keluarkan dan bersihkan rak dalam kulkas

- Bersihkan baki drainase di belakang kabinet, namun hal ini tidak perlu Anda lakukan untuk kulkas tertentu

- Pasang kembali rak yang telah dilepas, pasang kabel daya dan kulkas siap digunakan kembali.

Menjaga kebersihan peralatan adalah tips mendasar dari para tukang reparasi yang berguna memperpanjang masa pakai dari peralatan dalam rumah.

Bagaimana menurut Anda?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!