Koridor dan lorong by workshop.ha

Rumah Seluas 70 m2 dengan Nuansa Zen

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Jika Anda menyenangi Zen dan filosofi budaya timur, tentunya Anda memiliki gambaran rumah impian dengan pengaruh ketimuran tersebut. Mendesain rumah bukanlah perkara mudah, terutama ketika harus menyesuaikan dengan selera, nuansa meditasi dan agama Budha yang jauh lebih sulit dari desain rumah biasanya. Jika Anda mencari ide, atau inspirasi, maka buku ide berikut ini cocok untuk Anda!

Hari ini, Homify akan memperkenalkan Anda pada sebuah rumah kecil di Saigon dengan area seluas 4x18 m dan dihuni oleh keluarga dengan anggota sebanyak 7 orang. Keperluannya adalah untuk mendesain area yang seluas mungkin. Pengerjaan desainnya bertujuan untuk menghilangkan batasan-batasan yang sudah mengakar pada desain rumah. Partisi bergerak, taman yang memiliki ventilasi, toilet yang tersembunyi di dalam kabinet kayu, pencahayaan yang jatuh tepat di area berangin di seluruh rumah dan masih banyak desain menarik lainnya. Rumah ini mungkin mungil, namun terdapat banyak hal yang bisa dijadikan inspirasi.

1. Desain vertikal yang indah

Bagaimana cara mendesain tampilan depan rumah yang memenuhi segala keperluan rumah, mulai dari ventilasi, estetika sekaligus privasi? Responnya ada pada deasin berikut, yang menggunakan baja berlubang, di mana bingkai bajanya juga dikreasikan dalam desain yang indah dan sesuai dengan fungsi bagian depan rumah.

Menggunakan warna putih dengan highlight pada corak Budha, dicat dengan warna putih seluruhnya, namun juga sangat menonjol ketika bersanding dengan pemandangan di sekeliling.

Dari dalam, Anda dapat melihat sistem bagian depan rumah yang memastikan pencahayaan menyeluruh, serta menyediakan cahaya alami untuk interior taman. Momen di saat sinar matahari menyinari gambaran Budha di jendela sangatlah puitis dan mengandung banyak makna.

2. Pintu masuk yang mengombinasikan taman kecil

Sebuah taman kecil yang berlokasi di area pintu masuk utama menyediakan area hijau untuk rumah pada area sempit ini. Dengan aksen baja berlubang, arsiteknya memastikan bahwa suplai cahaya cukup untuk tanaman di taman agar bisa tumbuh secara natural.

3. Ruang terbuka, dibanjiri cahaya

Melangkah masuk, kesan pada ruangan yang tidak pekat, terasa dekat ketika dilihat dari luar, ruangan ini terbuka lebar dan penuh udara dengan cahaya alami. Dengan solusi pencahayaan dari atap yang dikombinasikan dengan langit, ruangan di rumah kecil ini terasa lebih terbuka.

4. Interior sederhana nan harmonis

Dengan setiap ruangan dalam rumah yang sangat terbatas karena hanya seluas 70 m2, desainer rumah ini telah memilih gaya sederhana yang menyesuaikan dengan ruangan di dalam rumah. Bahan yang digunakan memiliki warna netral, dengan warna utama putih, dikombinasikan dengan furnitur kayu. Highlight dari interior ini adalah warna hijau zamrud yang sangat mencolok dan memberikan kesan sejuk bagi rumah. Sebagai tambahan, pepohonan juga diikutsertakan pada area rumah sebagai elemen dari dekorasi interior bernuansa alam.

5. Area hijau pada tangga yang sejuk

Tangga yang terbuat dari baja dan dicat putih, tepat pada area anak-anak tangga ini terdapat kebun kecil, dikombinaskan dengan apik untuk menyediakan cukup cahaya matahari agar tanaman tidak mati. Solusi seperti ini sudah umum digunakan di dalam rumah-rumah di kota besar, namun kali ini, arsitek secara pintar mengombinasikan warna dengan tangga, membuat ruangan lebih harmonis dan indah.

5. Ruang meditasi

Di dalam rumah yang indah ini, jelas tidak ada ruang yang tersisa untuk membuat ruang meditasi sesuai kebutuhan setiap anggota keluarga. Alhasil, ruangan berikut didesain seperlunya, konsisten dengan gaya rumah dan filosofi meditasi itu sendiri.

6. Koridor cantik

Koridor ini ditata secara ahli menggunakan material kayu alami. Warna kayu yang hangat membuat ruangan lobi terasa lebih hidup, menciptakan highlight bagi rumah. Material kayu juga membantu menghubungkan berbagai ruangan berbeda di rumah, menciptakan keseragaman dan desain yang terhubung dengan luwes.

7. Area sekeliling koridor

Dekorasi dari pintu masuk utama diulang kembali pada area koridor, dan pada waktu bersamaan, cahaya alami di sini juga sangat menarik, Anda bahkan dapat melihat langsung dalam gambar yang tersedia.

8. Kamar tidur

Kamar tidur dalam rumah ini termasuk sederhana, namun sangat penuh fungsi dan nyaman, dikombinasikan dengan area dalam ruangan. Bahan utamanya adalah kayu, menonjolkan kekhasan Asia Timur yang berani. Dari kamar tidur, Anda dapat melihat balkon dengan pepohonan hijau.

9. Detail menarik di kamar tidur

10. Sudut untuk bekerja di dalam ruangan

11. Kamar mandi unik

Kamar mandi juga merupakan tempat di mana arsitek menunjukkan kreativitas mereka dengan sistem kaca berwarna muda yang unik, memungkinkan ruang kamar mandi untuk terkesan hidup dengan pencahayaan yang menarik.

12. Gambaran dari area rumah

13. Gambaran bagian-bagian ruamh

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!