by Loaf

Rumah Rustic, Tempat Bernaung Paling Romantis

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Beberapa rumah mampu membangkitkan kenangan kita pada rumah rustic. Di dalamnya, kita temukan beragam kisah dan sejarah. Di dalamnya, kita bisa rasakan hidup di tengah nuansa alami. Di dalamnya, kita juga bisa merasa terlindungi. Namun, kita tidak harus menerjemahkan konsep rustic secara literal. Meski kita mengagumi gaya rustic, intrepretasi ulang bukan sesuatu yang mustahil. Hal ini akan membawa masa lalu yang eksotik agar bisa dinikmati di masa sekarang. Bagaimana caranya? 

1. Fasad rumah batu

Di kaki gunung rumah ini didirikan. Wow, cantiknya! Kecantikan karena kesederhanaan yang merupakan paduan antara dinding batu dan kayu di tengah pemandangan indah dan tenang. Dinding dari batu berwarna kekuningan dan kayu adalah material ideal di tempat ini, sesuai dengan suasana pedesaan di sekitarnya. Oleh karena itu arsitek memasang kaca pada jendela yang di sini menjadi contoh nyata perpaduan gaya tradisional dan gaya modern. Balkon tampak menonjol di fasad rumah, dan terlindungi sehingga dapat digunakan di segala cuaca. Balkon lainnya dilengkapi dengan pagar balkon dari bahan logam untuk mengamankan saat-saat di luar rumah menikmati panorama pegunungan yang tinggi rendah. Kedua balkon sama-sama digunakan sesuai cuaca. Balkon tertutup cocok untuk duduk-duduk di luar saat cuaca dingin, sedangkan balkon lainnya cocok untuk nongkrong ketika cuaca cerah. Tradisi, modernitas, dan cita rasa tinggi adalah impresi yang kita rasakan saat memandang rumah ini. 

2. Balok kayu

 Ruang Makan by Mayer & Selders Arquitectura
Mayer & Selders Arquitectura

Quinta H | eco-renovation | Madeira

Mayer & Selders Arquitectura

Kayu adalah bahan mentah rumah rustic yang terbaik dibandingkan lainnya. Ketika kita membayangkan sebuah rumah dengan gaya ini, salah satu elemen sempurna yang bisa kita lihat adalah atap kokoh yang tersusun dari balok-balok kayu, pelapis masif yang memberikan keamanan dan perlindungan. Ruangan yang didesain oleh Mayers & Selders Arquitetura berikut ini berpedoman pada pokok pikiran ekologis. Di sini para arsitek menggunakan material berkelanjutan, yaitu kayu, yang juga digunakan pada elemen lainnya. Balok-balok kayu disusun lurus dan rendah dan tidak membentuk sudut seperti rumah dengan gaya lainnya. 

Lihat juga ide interior gaya rustic lainnya di buku ide ini

3. Teras serba kayu

 Rumah by Uptic Studios
Uptic Studios

Lucky 4 Ranch

Uptic Studios

Bagian rumah yang tampak pada gambar mengindikasikan kenyamanan, relaksasi, dan keramahtamahan. Ketika hujan turun, Anda masih bisa menikmati suasana di luar rumah di sini. Teras yang satu ini cukup spesial karena lantai kayu menjorok sampai ke halaman, seperti hendak menantang taman untuk mendekat. Aspek lain yang menonjol di sini adalah kayu dengan furnish yang sama digunakan untuk mendekorasi sekitar pintu dan jendela. Kayu dengan furnishing ini juga digunakan sebagai material meja dan kursi teras. Lampu di dinding dan gagang pintu besi mengingatkan kita akan suasana rumah jaman dulu kala. Pemilihan material yang tepat adalah poin penting di ruangan ini. 

4. Kamar tidur berdinding batu

Menggunakan material dalam bentuk paling murni/ mentah adalah keistimewaan gaya rustic. Dengan material ini, nuansa alami akan mendatangi kita apa adanya. Bisa dalam bentuk kayu atau batu dengan beragam variasi sentuhan akhir. Kita sering melihatnya baik di rumah rustic atau rumah gaya country sebagai detil arsitektural yang menonjol di suatu ruang natural pada bangunan. Contohnya adalah kamar tidur ini yang dirancang mirip sebuah gua. Salah satu sudut dinding batu bata dibiarkan terbuka dan memperlihatkan retakan pada dinding batu. Sudut ini bisa saja ditutup dengan batu bata, tapi hal itu tidak dilakukan. Retakan itu dibiarkan terlihat. Oleh karena itu, ruangan ini ditata dengan seksama. Meski demikian, kamar tidur ini sangat nyaman. Tempat tidur lengkap dengan tekstil yang menggoda, lampu remang-remang, tangga, dan dua batang kayu gelondongan berfungsi sebagai nakas. Apakah Anda mau tidur di sini? 

5. Dapur nenek

 Dapur by Marcello Gavioli
Marcello Gavioli

BioMalta RAL 7010 Grigio Tenda

Marcello Gavioli

Pemanfaatan elemen rustic belakangan inni menjadi tren pada tata ruang modern dan mewah. Perpaduan antara elemen rustic dan elemen avant-garde lainnya bisa menjadi bagian penting dalam mewujudkan rumah impian Anda. 

Pada contoh ini, perpaduan yang kita bicarakan terlaksana dengan sempurna. Dapur ini didominasi dengan elemen rustic, yaitu dinding batu dan pintu lemari dapur dari kayu yang difurnish lawas. Ada juga karakter khas bangunan lama lain seperti cerobong asap besar dan balok kayu yang melintang dan menyangga atap. Meja dapur dengan garis minimalis lengkap dengan rak dan lantai beton memperkaya tampilan dapur ini. Perhatikan juga meja tengah dapur dari kayu polos plus engsel di semua sudutnya. 

Sebuah komposisi interior yang seimbang dan mampu mendatangkan gaya lama tanpa ketinggalan jaman. Anda juga bisa melihat contoh desain dapur yang memadukan gaya rustic dan modern di sini

6. Ketika modernitas dan rustic bertemu

Aplikasi material dan warna tertentu adalah fitur penting arsitektur rustic. Tekstur material kayu, warna, dan bahkan baunya adalah elemen yang paling mudah diasosiasikan dengan gaya rustic. Menciptakan paduan sempurna antara gaya rustic dan gaya modern adalah sebuah tantangan dan sebuah cara untuk memberikan sentuhan romantis, unik, dan lebih hidup di lingkungan tempat tinggal yang kompleks. Di gambar ini kita bisa melihat bagaimana permainan antara elemen konstruksi, warna, dan dekorasi menghasilkan kesempurnaan. Keseimbangan juga dibentuk berkat penambahan elemen lain seperti pencahayaan dan dinding kaca. 

7. Tangga rustic

Entah berlokasi di kota atau pinggiran kota, rumah Anda bisa dilengkapi dengan elemen-elemen, detil, atau ruang kecil yang mengandung sensasi tertentu dan membawa Anda kembali ke masa lalu. Bahkan dalam sebuah rumah modern sangat mungkin untuk menciptakan ruang dengan sentuhan arsitektural atau dekoratif yang sepenuhnya terinspirasi oleh elemen dan karakteristik arsitektur rustic. Inilah detil dan kemampuan untuk mengetahui bagaimana menggunakan dan membagi elemen mentah untuk mendekorasi ruangan Anda. 

Dalam gambar ini Anda bisa melihat bagaimana tangga, susuran tangga, dan langit-langit mendapat dimensi dekoratif baru yang serasi dengan dinding dan lantai. Pemanfaatan kayu gelondongan yang kontras dengan dinding putih dan lampu built in di sepanjang tangga menghasilkan pertemuan manis antara gaya rustic dan gaya kontemporer. 

8. Di tengah hutan Australia

  by Woodlands Rainforest Retreat
Woodlands Rainforest Retreat

Australian Rainforest Retreat

Woodlands Rainforest Retreat

Rumah di pegunungan ini dikelilingi oleh ketenangan hutan lebat. Suara gemericik air dan kicau burung menjadi musik merdu yang menyejukkan jiwa. Rumah dalam gambar adalah sebuah tempat peristirahatan yang berlokasi di tengah hutan tropis Australia. Lengkap dengan teras, langit-langit miring yang disangga balok-balok kayu, dan di dalamnya ada sebuah perapian besar dengan tepian batu bata. Fasad rumah dilengkapi dengan jendela kaca, elemen arsitektur modern yang memungkinkan masuknya suasana alam di luar untuk masuk ke dalam rumah dan mengilhami penghuninya setiap hari.  

9. Furnish ulang furnitur Anda

 Office spaces & stores  by Loaf
Loaf

Quill Bureau

Loaf

Tak ada aturan tertentu untuk memfurnish sebuah rumah rustic. Furnitur yang difurnish tua akan menghasilkan atmosfer rustic yang elegan. Anda tidak perlu membeli furnitur baru, atau berburu furnitur antik. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cat kayu khusus atau dengan bantuan bahan alami seperti cuka dan teh. Caranya, pertama-tama Anda harus memilih dua nada warna yang ingin diaplikasikan di furnitur. Cat furnitur dengan warna pertama, setelah kering cat lagi dengan warna kedua. Kemudian ampelas furnitur sampai menghasilkan efek yang diinginkan. 

Ingin mendekorasi hunian dengan gaya rustic? Baca tipsnya di sini

10. Kisah cinta kaca dan kayu

Adakah yang lebih rustic dan romantis daripada rumah vila di pegunungan ini? Rumah yang dirancang oleh reitsema & partners architecten bna bagaikan rumah dalam dongeng peri. Atap pelana tinggi menjulang, ciri khas rumah pegunungan Belanda. Seluruh bagian samping rumah terdiri dari dinding kaca sehingga interior rumah terlihat jelas. Kita jadi menyadari bahwa di balik rumah rustic yang anggun dan serasi dengan suasana di sekitarnya, tersembunyilah tata ruang modern di dalamnya. 

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!