Rumah by Estudio Sespede Arquitectos

Segala Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengecat Rumah

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Banyak hal dapat dilakukan mendandani rumah agar terlihat menarik, salah satunya memberi sentuhan segar pada dinding dengan mengecat. Ketepatan memilih warna akan memberi nuansa berbeda. Semisal warna-warna cerah dan netral yang lazim dipakai hampir di seluruh rumah mulai dari tipe sederhana maupun mewah, baik di perkotaan maupun di pinggiran kota.

Tidak hanya simple dan indah, warna cerah pada dinding rumah dan atau bangunan lain diyakini membawa keberuntungan dan kebahagiaan para penghuninya. Apalagi bila dipadukan dengan interior rumah yang senada.

Untuk mendapatkan hasil yang indah dan menawan, jangan juga takut untuk bermain warna.  Kombinasikan warna-warna cerah dengan sedikit gelap untuk hasil yang cantik. Beberapa hal di bawah dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan warna maupun jenis cat untuk rumah Anda.

Jenis Cat

Sebelum mengaplikasikan warna cat rumah sesuai konsep, ada beberapa jenis cat yang perlu diketahui sebagai bahan pertimbangan dalam mengaplikasikannya, diantaranya:

 - Glossy 

Jenis ini memiliki 2 tipe yakni high gloss dan semi gloss. High gloss cenderung memantulkan cahaya hingga nampak berkilau. Cocok diaplikasikan untuk eksterior yang sering terpapar sinar matahari semisal pilar rumah. Jenis ini sangat mudah dibersihkan sehingga Anda tidak perlu repot. Sedangkan semi gloss memiliki tingkat kilap lebih rendah namun tidak mudah mengelupas. Cat ini pas digunakan untuk ruangan yang mudah terpapar noda semisal dapur dan kamar mandi.

 - Doff atau matte 

Cat ini memberi efek kilap pada permukaan. Meski tak sekilap glossy namun tetap terlihat lembut. Sangat berkarakter sehingga nampak menyatu dengan dinding. Cocok diaplikasikan pada dinding luar rumah karena tahan cuaca ekstrem, atau digunakan untuk kamar tidur karena karakternya yang lembut. 

- Eggshell 

Seperti namanya tampilannya mirip kulit telur, sedikit bertekstur namun halus ketimbang matte/doff. Eggshell lebih mudah dibersihkan dan tidak terlalu memantulkan sinar matahari. Cocok diaplikasikan di ruang kerja, ruang keluarga dan atau ruang tamu. 

- Satin 

Tampilan mewah namun tidak glossy dan juga tidak terlalu menempel seperti matte/doff. Jenis ini terasa lembut di tangan saat disentuh. Efeknya yang teduh dan tidak memantulkan cahaya cocok untuk diaplikasikan di ruang galeri atau resto. Di rumah akan cocok diaplikasikan di kamar tidur atau ruang tamu. Tipe cat ini juga mudah dibersihkan.

Mengenali warna

industrial Kitchen by Vipp
Vipp

Vipp kitchen

Vipp

Meski menentukan cat rumah adalah hak dari pemilik rumah yang biasanya menggambarkan karakter dari si pemilik. Namun kenyataannya tidak semua orang dapat memadupadankan warna dengan hasil akhir yang sedap dipandang. Penting memikirkan cara untuk menentukan pilihan warna cat pada rumah berdasarkan konsep yang diaplikasikan sehingga tidak terkesan kaku. 

Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah menentukan kombinasi warna cat rumah berdasarkan konsep yang ingin diterapkan. Umumnya sekitar 80% orang memilih warna-warna netral untuk dinding rumah dan 20% nya mengkombinasikan dengan warna-warna berani. 

Berikutnya untuk dapat mengkombinasikan warna, perlu memahami karakter tiap warna karena umumnya memiliki karakter beragam. Jangan sampai salah memilih, sesuaikanlah dengan kepribadian. Bila Anda terlalu banyak menggunakan warna-warna netral justru menimbulkan kesan kaku. 

Padukanlah dengan warna cerah atau tegas. Selanjutnya adalah mengenali warna-warna terbaik untuk diaplikasikan pada tiap ruangan. Tiap ruangan memerlukan warna khusus agar tidak membosankan. Karena itu pikirkanlah yang terbaik yang akan diaplikasikan entah di ruang tamu, ruang tidur, ruang keluarga atau dapur.

Warna-warna cerah

Pilihlah Warna yang Cerah:  Dinding by homify.co.id
homify.co.id

Pilihlah Warna yang Cerah

homify.co.id

Seperti diungkap sebelumnya warna-warna cerah dan netral sangat cocok diaplikasikan di rumah, khususnya yang berkonsep modern minimalis yang kini tengah marak di Indonesia. Diantaranya putih, abu-abu dan krem. Warna-warna dasar ini terbilang aman karena mudah untuk dikombinasikan dengan warna lebih tegas ataupun gelap. Ada beberapa warna cerah yang bisa menjadi referensi untuk digunakan dengan tepat, diantaranya: 

Kuning 

Warna kuning diyakini memberi kebahagiaan dan keceriaan karena identik dengan matahari. Membawa aura positif dan cozy. Sangat cocok diaplikasikan di ruang tidur anak atau ruang keluarga apalagi disesuaikan dengan interior ruangan. Membuat gradasi akan menambah keindahan lainnya. 

Orange 

Warna ini sering diasosiasikan sebagai warna “social” yang mampu membangun energy dan membuat rumah lebih “hidup.”Orange membawa ingatan pada angan-angan untuk berlibur. Bila diaplikasikan di ruangan yang tepat seperti ruang keluarga, ruang makan atau koridor akan membawa kehangatan tersendiri. Hindari pemakaiannya untuk ruangan yang sempit.

Warna Gelap

Hitam, meski identik dengan kekelaman, namun warna ini diyakini membawa hoki dan rezeki. Percaya atau tidak, silahkan coba mengaplikasikannya di ruang tidur. Selain hitam warna gelap lain yang juga memiliki daya tarik tersendiri adalah ungu, coklat, biru dan hijau. 

Warna ungu dengan kesan misteriusnya kurang cocok menjadi cat rumah tapi lebih sesuai di aplikasikan di ruang meditasi karena kesan spiritual dan elegan yang ditimbulkan. Coklat menyimbolkan energy baru dan hal-hal yang baik. Untuk warna cat rumah misalnya dark chocolate, gourmet coffe atau warna kayu mahogani yang indah. Akan terasa pas bila diaplikasikan di ruangan belajar atau ruang kerja, dan tidak dianjurkan untuk ruangan tempat beristirahat. 

Biru mereprentasikan banyak hal mulai dari langit, samudra, air dan biru indigo. Meski warna ini sangat digemari namun bagi mereka yang kerap stress hindari menggunakan warna ini. Menurut Feng Shui, ada beberapa aturan yang bisa digunakan untuk menggunakan warna biru sebagai cat rumah. Untuk kesehatan gunakan warna biru di sebelah timur, sudut tenggara untuk rezeki, dan utara untuk karier. 

Hijau menyimbolkan sesuatu yang harmonis karena identik dengan alam. Kendati begitu, warna cat rumah hijau sebaiknya tidak digunakan di ruangan keluarga, ruang belajar atau ruangan bermain.

Kesalahan-kesalahan

 Meski sudah mempersiapkan konsep secara matang, masih saja ada kesalahan-kesalahan yang luput dari perencanaan saat menentukan warna, semisal: 

1. Pencahayaan 

Tidak salah untuk memilih warna-warna terang dan kuat, namun jika interior rumah memiliki pencahayaan kurang, warna-warna yang terlampau berani berpotensi menjadikan ruangan nampak kusam dan melelahkan mata. Contoh pengaplikasian warna putih untuk ruangan sempit hanya akan membuat ruangan terlihat kusam. 

2. Lantai dan Plafon 

Acapkali dua hal ini terabaikan saat memilih warna cat dinding. Untuk lantai kayu, pilihlah warna cat yang lain dari kayu. Bisa saja kontras namun tetap selaras. Sedangkan untuk langit-langit rumah hindari menggunakan warna putih, krem akan terlihat lebih baik dan diyakini dapat menjaga mood. 

3. Seragam 

Kerap kali orang menyamakan warna cat dengan warna furniture, pintu atau jendela. Kesalahan yang dilakukan berulang-ulang karena menyeragamkan semuanya membuat ruangan menjadi hambar. Pilihlah warna cat yang lebih terang atau lebih gelap supaya pesona furniture Anda muncul. 

4. Terlalu banyak warna 

Memberi warna beda di tiap ruangan hanya akan merusak kepaduan dan keselarasan rumah. Biarkan satu ruangan dengan ruangan lainnya saling terkoneksi dengan mencipta warna yang senada. Sekiranya ingin membuat sedikit perbedaan cukup dengan memainkan gradasi warna antara putih ke krem semisal yang masih saling berkaitan. 

5. Fanatik Warna 

Tiap orang tentu memiliki warna favorit. Namun bukan berarti harus memaksa untuk mengaplikasikannya pada interior maupun eksterior. Menggunakan warna yang itu-itu saja tiap meremajakan tampilan rumah hanya akan menimbulkan kebosanan. Cobalah untuk mengeksplorasi warna baru. Yang terpenting adalah selera pribadi ataupun tren yang sedang berkembang paling baik dijadikan inspirasi untuk memilih warna yang dapar menyegarkan kembali rumah Anda. Jika anda memiliki ide mix and match tersendiri namun belum yakin, anda selalu dapat menanyakan pendapat pada arsitek interior terpercaya.

Harga Cat

 Setelah memahami penjabaran diatas saatnya melakukan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membeli cat. Ada beberapa merk cat terkenal dengan kualitasnya baik dan sangat rekomended diantaranya Dulux Weathershield dengan berbagai tipe dan jenis, estimasi harga mulai dari 130 ribu sampai dengan 300 ribu di ukuran 2,5 L. Cat asal Inggris ini sudah tersebar di Amerika, Selandia Baru, Australia dan juga Indonesia. 

Selanjutnya cat Aquaproof yang dikenal karena kekuatannya menahan bocor mulai dari harga sekitar Rp 50 ribu per kilogram sampai dengan hampir Rp 700 ribu per 20 kg. Cat tembok Catylac (eksterior) mulai dari harga Rp 100 rb/5 kg – Rp 480 rb/25 kg.

 Selanjutnya juga ada beberapa merk cat lainnnya seperti Jotun, Nippon Paint, No Drop, Propan, Avian, Decolith, Mowilex, Paragon, dsb dengan beragam harga mulai dari dibawah Rp 100 rb/kg sampai dengan diatas ratusan ribu diatas 5 kg. 

Kualitas cat yang baik tidak hanya memberi rasa puas namun turut mencipta pemandangan indah hunian Anda. Jadi semacam investasi jangka panjang untuk perlindungan maksimal.

Jangan lewatkan artikel berkiut untuk pengetahuan tentang cat rumah:

Tips Pro Mengecat Rumah

10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Mengecat Rumah

8 Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mengecat Dinding Rumah Anda

Warna cat rumah apa yang menjadi favorit Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!