Koridor dan lorong by homify

6 Trik Fengshui Untuk Area Depan Rumah

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Meski tak mempercayainya secara total, kata “Fengshui” mungkin tak asing lagi, ya, bagi Anda. Ya, ilmu topografi kuno yang berasal dari daratan China ini memang terbilang populer, tak hanya di kalangan penganutnya, tetapi juga di kalangan masyarakat awam. Dalam teori Fengshui, segala sesuatu ditinjau berdasarkan kaidah-kaidah air, angin, dan api. Kemudian, dikenal pula istilah Yin dan Yang, yang keduanya harus dipastikan selalu seimbang dan harmonis.

Benar memang bahwa belum ada teori ilmiah yang bisa membuktikan kaitan Fengshui dengan keberuntungan seseorang. Akan tetapi, sekadar untuk menambah wawasan Anda, tak ada salahnya membaca beberapa teori layout ruangan berdasarkan Fengshui. Yuk, simak selengkapnya!

​1. Benda dan Manusia Diklasifikasikan ke Dalam 5 Unsur

Dalam teori Fengshui, benda-benda di dalam alam semesta dikelompokkan ke dalam 5 unsur utama, yaitu:

- Kayu. Contohnya: warna hijau, musim semi, arah timur, bentuk persegi panjang dan vertikal, hewan naga, serta sifat baik dan loyal.

- Tanah. Contohnya: warna kuning, musim panas, arah tengah, bentuk persegi, hewan banteng, serta sifat beriman dan jujur.

- Air. Contohnya: warna hitam dan biru, musim dingin, arah utara, bentuk kurva dan horizontal, hewan penyu, sifat bijak dan tekun.

- Api. Contohnya: warna merah, musim panas, arah selatan, bentuk segitiga, burung phoenix, kesopanan, serta rasionalitas.

- Logam. Contohnya: warna putih (termasuk metalik dan warna emas), msuim gugur, arah barat, bentuk bundar, hewan macan, sifat kebenaran dan kebiasaan berpikir jernih.

Kelima unsur ini harus dipadupadan secara seimbang dan harmonis, agar tidak menimbulkan shar (panah beracun yang bisa menyebabkan ketidakberuntungan).

2. Cermin Dipercaya Memiliki Kekuatan Tersendiri

Dalam teori Fengshui, cermin dipercaya memiliki kekuatan tersendiri. Bahkan, peletakkan cermin pada posisi yang tepat diyakini mampu menangkal shar (panah beracun penyebab ketidakberuntungan). 

Menurut kaidah Fengshui, ketika cermin diletakkan pada bagian rumah yang berhadapan langsung dengan Shar, cermin ini akan mampu memantulkan Shar, sehingga ketidakberuntungan menjauh dari rumah Anda. Teori Fengshui lainnya menyebutkan, meletakkan cermin di sisi kiri pintu masuk adalah hal yang baik, karena dianggap mengundang rezeki dan keberuntungan.

3. Panduan Memilih Warna Menurut Teori Fengshui

Teori Fengshui meyakini bahwa tiap unsur di alam memiliki pengaruh tersendiri pada kehidupan seseorang. Dalam hal ini, warna termasuk di antaranya. Jadi, menurut kaidah Fengshui, memadupadankan warna dengan baik dan benar adalah hal yang tak boleh dilewatkan.

Berikut makna dari tiap warna menurut teori Fengshui:

- Merah: Warna keberanian dan ketegasan (melambangkan keberuntungan, baik dalam hal kesehatan maupun pekerjaan).

- Biru: Warna yang menenangkan dan penuh semangat (membawa keberuntungan dalam hal kesehatan, kualitas tidur yang baik, dan keberuntungan dalam hal pekerjaan).

- Kuning: Warna kebahagiaan (terkait erat dengan keberuntungan dan membantu seseorang menemukan potensi besar di dalam dirinya sendiri).

- Hijau: Warna damai dan sehat (melambangkan kesehatan dan bakat yang baik).

- Pink: Warna yang mengesankan kelembutan dan hubungan harmonis antar manusia (melambangkan keberuntungan dalam hidup, asmara, dan pernikahan).

- Hitam: Warna yang melambangkan misteri dan keagungan

- Putih: Warna yang melambangkan kekuatan dalam hal finansial serta identik dengan keberuntungan dan kebahagiaan.

​4. Arah

Seperti yang sudah dijelaskan pada bahasan di atas, arah termasuk salah satu unsur penting dalam teori Fengshui. Berikut penjabaran lengkapnya:

- Utara: Orientasi air (berhubungan dengan keberuntungan dalam hal asmara dan pekerjaan).

- Timur laut: Orientasi tanah (berhubungan dengan keberuntungan dalam hal ekonomi dan finansial, seperti kepemilikan aset dan sebagainya).

- Timur: Orientasi kayu (berhubungan dengan keberuntungan dalam hal keberuntungan kerja, keberuntungan belajar, dan pengembangan diri).

- Tenggara: Orientasi pohon (berhubungan dengan keberuntungan dalam hal kekuatan, kesehatan, cinta, dan pernikahan).

- Selatan: Orientasi api (berhubungan dengan keberuntungan dalam hal kecerdasan, kecantikan, dan popularitas).

- Barat daya: Orientasi bumi (berhubungan dengan keberuntungan dalam hal cinta dan relationship).

- Barat dan barat laut: Orientasi emas (berhubungan dengan kekuatan, keberuntungan, dan cinta).

​5. Interior Superior Fengshui

Ada pula teori soal barang-barang apa saja yang keberadaannya mampu memengaruhi Fengshui ruangan secara positif. Di antaranya:

- Cermin: Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam teori Fengshui, cermin dianggap memiliki kekuatan tersendiri. Saat diletakkan dengan benar (misalnya di area pintu masuk), cermin dianggap mampu menarik keberuntungan sekaligus memantulkan energi negatif sebelum masuk ke dalam rumah.

- Tanaman dedaunan: Selain cermin, tanaman hijau juga dianggap memengaruhi Fengshui secara positif karena mampu menyeimbangkan yin dan yang. Untuk jenisnya, tanaman berdaun bulat lebih direkomendasikan ketimbang yang daunnya memiliki ujung lancip. O, iya. Setiap daun yang layu sebaiknya juga harus langsung dipangkas. Hal ini dianggap memberikan aura yang senantiasa positif.

- Jendela: Cahaya alami yang dapat masuk ke ruangan dengan leluasa dianggap berpengaruh secara positif pada Fengshui di rumah. Jadi, jendela adalah salah satu benda yang keberadaannya penting.

- Hiasan di Pintu Masuk: Memasang pajangan dan hiasan di pintu masuk utama termasuk salah satu trik penting dalam Fengshui yang dianggap berpengaruh pada energi yang terbentuk pada ruangan. Sehingga, penting bagi Anda untuk memilih pajangan yang sesuai untuk pintu masuk Anda.

​6. Hal yang Sebaiknya Dihindari Menurut Teori Fengshui

Selain mengetahui beberapa benda yang menarik energi positif ke dalam ruangan, Anda mungkin juga perlu mengetahui benda-benda apa saja yang menurut teori Fengshui sebaiknya dihindari, karena dapat membuat energi yang tercipta menjadi negative.  Berikut beberapa di antaranya:

- Bunga kering/ mati: perlu dihindari karena dianggap memberikan nuansa negatif ke dalam ruangan.

- Limbah kertas dan karton: Cenderung membuat ruangan tampak berantakan, sehingga aura di dalamnya menjadi negatif.

- Payung yang tidak digunakan.

 Koridor dan lorong by TERAJIMA ARCHITECTS
TERAJIMA ARCHITECTS

光がこぼれる玄関ホール

TERAJIMA ARCHITECTS
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!