by The Wee House Company

Biaya Membangun Rumah Prefabrikasi Beserta Keunggulannya

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Di jaman yang serba cepat dan praktis ini, kebutuhan akan hunian menjadi salah satu prioritas mendesak yang dibutuhkan hampir seluruh masyarakat khususnya kaum urban metropolitan. Memahami urgensitas kebutuhan tersebut hadir hunian praktis dan nyaman yang dikenal dengan rumah prefabrikasi.

Rumah prefabrikasi adalah rumah yang dibangun dari komponen hasil rakitan pabrik menjadi panel modular. Modul yang telah siap inilah kemudian dibawa ke site bangunan kemudian disusun sesuai konsep desain. Sistem dan aplikasinya sangat mudah. Bila umumnya dibutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan menahun untuk membangun sebuah rumah konvensional sesuai konsep, maka Anda hanya butuh waktu mulai dari 1 bulan untuk membangun rumah jenis ini.

Untuk mengenal lebih jauh apa dan bagaimana rumah fabrikasi, Ada baiknya menyimak beberapa hal berikut:

Keunggulan Rumah Prefabrikasi

  by The Wee House Company
The Wee House Company

One Bedroom Wee House Exterior

The Wee House Company

 Meski belum begitu popular di Indonesia, namun rumah jenis ini sudah banyak diterapkan di beberapa negara karena praktis dan hemat waktu pembangunan. Banyak manfaat yang diperoleh dari rumah prefabrikasi ketimbang rumah konvensional, diantaranya: 

1. Hemat Biaya 

Di tengah keterbatasan lahan dan material alam yang semakin menipis akibat eksploitasi yang terus menerus, rumah ini menjadi pilihan tepat karena material yang dipergunakan tidak perlu semuanya berasal dari alam yang harganya makin kesini kian melambung. Anda bisa memangkas anggaran sekitar 50% membangun rumah ini. Ini dikarenakan material bangunan sepenuhnya diproduksi oleh pabrik, dan biasanya dalam jumlah besar. Sebagai perbandingan di masa kini, harga sebuah rumah konvensional termurah tipe 45 mampu membuat 2 rumah prefabrikasi atau satu rumah dengan ukuran besar dan megah.

2. Pengerjaan Singkat 

Rumah konvensional umumnya dibangun dalam kurun waktu panjang, hitungan bulan bahkan hingga ada yang menahun untuk hasil sesuai keinginan. Sedangkan rumah prefabrikasi singkat dalam pengerjaannya hampir setengah bahkan 1/3 waktu dari pembangunan rumah konvensional. Sebagai contoh rumah seluas 40m dibangun dalam jangka waktu 90 hari. Ini dikarenakan instalasi atau pembangunannya menggunakan mesin dan kontruksi bangunan dalam bentuk besar, dirakit dengan alat tertentu baru kemudian dipasang dengan teknik tersendiri.

3. Ramah Lingkungan 

Bahan yang digunakan biasannya berasal dari bahan yang ramah lingkungan dan minim limbah sehingga bisa mengurangi emisi CO2. Karena rumah prefabrikasi terdiri dari modul yang bisa langsung diaplikasikan di site bangunan. Hal terpenting yang harus diperhitungkan adalah lokasi bangunan, karena sekokoh apapun bangunan tetap tergantung pada kondisi tanah dan cuaca. Mencegah secara dini agar bangunan tidak bergeser jauh lebih baik ketimbang mengalami kerusakan dini. Pastikan juga rumah sudah diuji dari ketahanan gempa.

4. Hampir serupa 

Keuntungan lain yang tak kalah besar adalah kenyamanan rumah yang hampir serupa dengan rumah konvensional. Anda hanya perlu menyesuaikan cetakan baja bangunan yang digunakan dalam konstruksi sesuai dengan keinginan: dari ukuran, dimensi, hingga jenis pintu dan jendela. Anda pun dapat memilih eksterior, interior hingga segala fitur yang nantinya akan melengkapi rumah. Yang terpenting, segala keuntungan ini tidak mengurangi kekokohan rumah yang dibangun.

Material Rumah

Biasanya baja menjadi pilihan utama material rumah prefabrikasi karena kekokohannya. Disamping itu ada juga material kayu cetak. Material kayu dinilai menjadi cara cepat untuk mengkontruksi ketimbang membangun secara konvensional. Di Indonesia yang beriklim tropis, akan lebih cocok menggunakan bahan dari kayu. Selain nampak berbeda dari rumah umumnya di kota besar, kenyamanan dan estetika juga lebih menonjol. Anda bukan hanya menghemat waktu pengerjaan namun juga biaya konstruksi sekitar 30% dengan estimasi pengerjaan mulai dari 90 hari. Tidak usah kuatir dengan rayap karena perkembangan teknologi yang semakin cangggih mengikis permasalahan tersebut dan memungkinkan Anda untuk merawat rumah prefabrikasi berbahan dasar kayu tanpa masalah.

Syarat dan ketentuan

 Meski murah, praktis & cepat dalam pembangunan serta ramah lingkungan, rumah prefabrikasi tetap harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan berikut, yakni: 

1. Kemudahan pembuatan secara mekanis 

Umumnya material bangunan di produksi oleh pabrik dalam jumlah besar sehingga dan saat pengiriman dan pengangkutannya dibuat sedemikian mudah menggunakan alat khusus seperti craine dll. Demikian juga dalam pembangunannya. Kendati begitu material bangunan juga bisa dibuat di lokasi konstruksi bangunan menggunakan alat-alat mekanik sehingga lebih memudahkan waktu pengerjaan.

2. Kemudahan perakitan material 

Ini yang akan menjadi pembeda antara pembangunan rumah konvensional dan prefabrikasi adalah kemudahannya dalam merakit material. Kemungkinan sambungan dan koneksi structural yang layak dan memungkinkan untuk dibuat dengan cara yang paling sederhana 3. Minim pemeliharaan Praktis dan murah bukan berarti murahan, kualitas bangunan harus tetap menjadi prioritas utama. Umumnya konstruksi rumah prefabrikasi memiliki ketahanan baik karena telah lebih dulu diujicobakan. Sekalipun material dari kayu biasanya tahan rayap karena telah melalui proses khusus. Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk maintenance tidak membengkak.

4. Ketahanan yang baik 

Praktis dan murah bukan berarti murahan, kualitas bangunan harus menjadi prioritas. Harus ada standarisasi tertentu terhadap bangunan. Misalkan lulus uji ketahanan gempa untuk menjamim keamanannya.

Proses Pembangunan

Mengingat rumah prefabrikasi terdiri dari elemen-elemen yang dapat langsung diaplikasikan pada site bangunan, maka peran konsultan arsitek adalah membuat desain modul yang akan diaplikasikan. Yang perlu menjadi perhatian adalah kekuatan fungsi dan keindahan rumah sehingga fungsi kenyamanan serta estetika hunian tetap terjaga. 

Pembangunan dimulai dengan peletakan pondasi dan leveling lantai, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan rangka dinding, partisi, atap, dan penutup atap (bila rumah hanya satu lantai), atau ditambah pembuatan dak, pemasangan tangga, dan railing balkon untuk bangunan dua lantai. Seperti panel lain, bahan dak seperti beton pracetak dibuat di pabrik. 

Bahan bangunan rumah prefabrikasi seperti beton pracetak, gipsum, fiber semen, dan papan partikel umumnya didominasi logam dan bahan anti rayap. Untuk material tersebut umumnya produsen atau supplier rumah memproduksi sendiri bahan yang dibutuhkan dan atau bekerjasama dengan produsen lain. Untuk di Indonesia sebagai contoh Asosiasi Panel Indonesia (API) menyediakan mulai dari rangka, dinding, partisi, sampai penutup atap. Sementara untuk dinding dan partisi lainnya dipasok dari perusahaan lain. 

Contoh lainnya, salah satu produsen rumah prefab di Jakarta yakni PT Panca Harapan (PH) bekerja sama dengan dengan Kalsiboard, Harflex, Fersa, Onduline dan lain-lain memasok bahan dinding, plafon, dan atap. Diantaranya kusen, pintu, dan jendela dengan bahan baja di-powder coating (dilapisi) galvanis anti karat. Bahan bakunya dari Krakatau Steel dengan ketebalan 0,5 mm. 

Lazimnya, perusahaan menjual semua kebutuhan rumah prefabrikasi dalam satu paket. Konsumen tinggal memilih sesuai budget dan selera. Setiap paket memiliki kelebihan dan kekurangan. Melansir dari sebuah majalah housing estate dijelaskan bahwa karena menggunakan panel sandwich, jalur mekanikal elektrikal pada rumah prefabrikasi API tidak dapat ditanam di dalam dinding alias terekspos. Keuntungannya, jalur kabel mudah dipindah-pindahkan. Dinding styrofoam-nya kuat diganduli beban seperti wastafel. 

Sedangkan jalur plumbing sudah disediakan lubang-lubangnya. Tinggal dihubungkan satu sama lain hingga ke jalur pembuangan di kamar mandi, dapur, dan tempat mencuci. Kusen pintu, jendela, dan lain-lain dapat diselaraskan dengan rangka rumah atau sebaliknya. Kusen bisa dari logam, bisa dari alumunium, PVC, atau kayu. 

Desain layout ruangan bisa ditentukan sendiri. Supaya murah, cepat dipasang, dan lebih tahan gempa, layout disarankan simple dan sederhana. 

Karena terbuat dari panel baja yang tidak bisa melepaskan udara panas atau dingin ke luar, rumah prefabrikasi perlu dilengkapi bukaan dan penghawaan (secara alami dan atau dibantu exhaust fan) yang banyak. Plafonnya sebaiknya cukup tinggi (minimal 3 m). 

Misalnya, rumah panggung sedikit lebih mahal dibanding rumah dengan lantai langsung di atas tanah. Sebaliknya, rumah deret yang dibangun dua-dua, empat-empat, dan seterusnya, lebih murah ketimbang rumah tunggal. Sedangkan rumah berlantai keramik lebih mahal dibanding yang lantainya hanya coran beton diaci. Begitu pula rumah dua lantai, lebih mahal dengan masa pengerjaan lebih lama, karena butuh perhitungan struktur yang lebih seksama, material lebih kuat, dan komponen tambahan seperti dak, tangga, dan railing. 

Namun, dibanding rumah beton konvensional, harga rumah prefabrikasi lebih murah dengan waktu pengerjaan lebih cepat. Struktur misalnya, baru diperlukan bila bentangnya lebih dari 6 meter.

Estimasi harga

 Biaya produksi rumah sangatlah variatif, tergantung ukuran rumah, fasilitas, jumlah lantai dan lokasi/area. Rumah jenis ini umumnya memakan biaya Rp 2-2,5 juta per meter persegi untuk rumah berlantai satu dan Rp. 3 – 3,5 juta per meter persegi untuk rumah berlantai dua. 

 Untuk ukuran, tidak ada standar yang dibakukan. Dalam case tertentu, rumah jenis ini bahkan dapat dibangun lebih kecil dari 40m2 yang sulit dilakukan dengan rumah biasa karena biayanya akan nampak tidak masuk akal. 

 Di Indonesia rumah ini biasanya banyak dibangun dan ditujukan untuk karyawan perkebunan, pertambangan, dan project-project rekonstruksi di daerah eks bencana seperti Aceh, Yogyakarta, dll. Namun yang disayangkan modelnya masih belum beragam seperti di negara lain.

Untuk model rumah prefabrikasi Anda bisa simak dalam artikel berikut.

4 Rumah Prefabrikasi Terjangkau Dalam Berbagai Ukuran Dan Desain

5 Desain Rumah Knock Down Beserta Harganya

10 Ide Rumah Prefabrikasi Cantik Dan Terjangkau

Anda tertarik membangun rumah prefabrikasi? Tulis komentar Anda di bawah ini.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!