Rumah Permata Puri:  Rumah by SUKAM STUDIO

5 Jenis Rumah Keren Sesuai dengan Tipe Tanah

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Terdapat berbagai gaya dan desain rumah yang mudah kita temui saat ini. Namun, apapun gaya yang Anda suka, pastikan bahwa tanah untuk membangun rumah sudah cukup keras dan kering agar kuat untuk menahan pondasi bangunan. Sehingga, sebelum membeli sebuah lahan, ada baiknya mengechek apakah tanah tersebut berjenis tanah kering atau tanah gembur bekas area persawahan. Bentuk tanah pun tidak hanya kotak atau persegi panjang yang datar. Kondisi geografis Indonesia membuat kita kerap menemui jenis tanah dengan bentuk maupun contour yang unik. Konsultasikan pembangunan hunian Anda dengan arsitek atau ahli profesional agar rumah impian dapat diwujudkan dengan maksimal.

Dalam Buku Ide kali ini, homify akan mengajak Anda untuk melihat beberapa model rumah yang disesuaikan dengan bentuk tanahnya dan terlihat fantastis! Penasaran? Yuk!

1.

Rumah bergaya modern ini memiliki muka lahan yang lebar sehingga penempatan pintu masuk yang diapit oleh lahan terbuka di kanan dan kiri memberi kesan yang mewah. Pada gambar, tampak posisi bangunan sedikit lebih di atas posisi jalan lewat tanjakan di area parkir serta tambahan beberapa anak tangga di teras. Desain seperti ini cocok bagi Anda yang tinggal di kawasan rentan genangan air maupun banjir karena efektif mencegah masuknya luapan air ke dalam rumah.

2.

Rumah Permata Puri:  Rumah by SUKAM STUDIO
SUKAM STUDIO

Rumah Permata Puri

SUKAM STUDIO

Tanah seluas 180 m2 dengan bentuk trapesium tidak menjadi hambatan untuk membangun sebuah rumah yang indah. Desain yanng diusung oleh Sukam Studio ini terdiri dari 3 lantai yang terbagi dengan efektif fungsinya. Ingin tahu bagaimana denah rumah ini? Intip layout lantai 1 rumah di bawah ini.

Rumah Permata Puri:  Rumah by SUKAM STUDIO
SUKAM STUDIO

Rumah Permata Puri

SUKAM STUDIO

Bagaimana? keren ya? Jika Anda penasaran tampilan lain dari rumah ini, silahkan klik di sini.

3.

Siapa yang akan menyangka bahwa di tengah hutan bisa dibangun rumah modern yang super mewah?Tidak ada yang tidak mungkin di tangan para ahli! Contour tanah yang ekstrim diubah menjadi sebuah keunikan yang menawan. Kombinasi kaca transparan yang mengelilingi bangunan dan kayu membuat rumah ini terasa modern sekaligus ramah lingkungan. Anda pasti betah tinggal di dalamnya!

4.

Lahan sempit bukan alasan untuk tidak memiliki rumah yang cantik! Meskipun lebar muka hanya 6 meter dan luas keseluruhan 90 m2, Anda tetap dapat menikmati berbagai ruangan yang nyaman dan efisien. Sedikit sentuhan rustic yang berpadu dengan unsur minimalis, menjadikan rumah ini sangat cocok bagi pasangan muda yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya.

5.

Ukuran tanahnya memang tidak terlalu besar dengan bentuk sedikit melingkar namun hunian ini akan membawa Anda merasakan sensasi liburan setiap hari bagai berada di Bali. Desain arsitektur bergaya tropis yang didominasi oleh unsur kayu dan tanaman-tanaman hijau akan menyegarkan suasana. Plusnya lagi, siapa sih yang akan menolak membaca buku sembari berendam di kolam? Ah, senangnya…

Itulah tadi beberapa desain rumah menarik dengan berbagai bentuk tanah. Semoga dapat menginspirasi Anda!

Mana yang menjadi pilihan Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!