by Yantram Architectural Design Studio

Panduan Membuat Denah Rumah

Henti Kresdiana Henti Kresdiana

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Salah satu fungsi penting dalam management adalah perencanaan, perencanaan yang baik membawa pada ketepatan hasil. Demikian halnya dalam membangun rumah, diperlukan denah yang detail untuk hasil akurat.

Dewasa ini perkembangan denah rumah sangatlah pesat mengingat banyak jenis rumah yang mencakup tipe 36, tipe 45, 60, rumah dengan satu lantai, dua lantai hingga rumah idaman yang di desain sesuai dengan keinginan pemiliknya. Dalam pembuatan denah rumah tentunya juga disesuaikan dengan ukuran lahan yang tersedia. Dengan adanya perencanaan yang baik, maka rumah tidak akan terlalu besar atau pun kecil dan sesuai dengan rencana.

Fungsi Denah Rumah

Berikut adalah landasan yang fungsi seseorang dalam membangun sebuah hunian yang layak, yakni: 

1. Pedoman awal membangun 

Pola dan ukuran awal yang dibuat dalam denah akan sangat membantu para tukang yang mengerjakan pembangunan rumah dari kekeliruan dalam menentukan ukuran tiap ruangan. 

2. Membantu estimasi anggaran 

Denah membantu pemilik rumah dan kontraktor mengetahui anggaran yang diperlukan dalam pembangunan. Biasanya ini dilakukan dengan menghitung per meternya. Untuk itu denah harus dibuat sedetail mungkin dan tampak dari beberapa sisi. 

3. Memudahkan proses instalasi 

Bukan hanya para kontraktor yang akan mengalami kemudahan dengan adanya denah melainkan juga para instalor listrik. Sehingga mereka dapat dengan mudah membuat perencanaan biaya instalasi listrik yang dibutuhkan sebagai penerangan. 

4. Membantu efisiensi ruangan 

Sebuah denah akan membantu menentukan ruangan mana yang dibuat dengan ukuran lebih luas atau kecil sehingga membantu tercipta keseimbangan ruangan dalam rumah. Dengan cara ini juga fungsi ruangan akan maksimal. Efisiensi ruangan akan menjadi maksimal ketika denah dibuat oleh tangan ahli. Karenanya jika ada dana lebih jangan sungkan menggunakan jasa tenaga yang ahli di bidangnya. 

5. Gambaran awal 

Ini menjadi sangat penting manakala ingin membangun sebuah rumah di satu lahan. Mulailah menuangkan ide dalam sebuah coretan kertas sebagai denah yang dilengkapi berbagai hal detail rumah termasuk ukuran, jumlah ruangan, posisi jendela, pintu, pembatas ruangan dan beberapa hal lainnya. 

6. Gambaran sirkulasi ruangan 

Sirkulasi berkaitan dengan arus keluar masuk yang akan dilalui penghuninya. Dengan begitu denah akan memperhatikan tata letak pintu sehingga jalur akses antara ruang satu dengan lain akan lebih nyaman. Lebih jauh, membantu penghuni mencapai jalur satu ruangan ke ruangan lainnya dengan lebih cepat.

 7. Acuan manajemen bangunan seperti penentuan jalur evakuasi ketika terjadi bencana, penjelasan lokasi berdiri dan melakukan pemeliharaan bangunan. 

Anda yang telah memiliki rumah namun belum memiliki denah, tidak ada kata terlambat untuk membuatnya. Mungkin kebutuhannya tidak akan kita rasakan secara langsung, namun akan sangat berguna di lain waktu. Mulailah membuatnya dengan menentukan letak ruang tamu, kamar tidur, dapur dan ruangan-ruangan lain di dalam ruangan. Dengan begitu kita memiliki gambaran tentang rumah sendiri secara menyeluruh ketika akan melakukan renovasi, penambahan atau pengaturan ulang. Kita hanya tinggal menunjukkan denah rumah kepada arsitek dan menyampaikan bagian mana yang hendak diperbaiki. 

Denah rumah juga bisa membantu mengambil keputusan yang sifatnya darurat dalam kondisi kritis. Semisal dalam kondisi kebakaran pemilik rumah yang telah menguasai denah rumah lebih mudah menyelamatkan diri sekaligus menyelamatkan asset-aset yang dimiliki. Membuat denah rumah juga membantu mewujudkan impian untuk membangun rumah sesuai impian dan tidak terpaku pada pola perumahan.

Jenis Denah

Bentuk denah rumah sangat beragam, mulai dari yang sangat sederhana sampai dengan yang modern atau yang lebih dikenal dengan 3D. Dari beragam aplikasi desain rumah dan interior yang tersedia, Sweet Home 3D merupakan salah satu aplikasi desain rumah dan interior untuk PC yang dengan cepat membantu menggambar denah rumah, mengatur furniture di dalamnya dan bahkan bisa dilihat hasilnya dalam preview 3D.

Aplikasi ini menyediakan 75 model furnitur yang dapat ditempatkan di setiap ruangan. Semua model diatur dalam kategori sesuai dengan penempatan di rumah. Sehingga Anda dapat membuat rancangan khusus yang cocok untuk rumah, mengikuti semua pengukuran ruang dan rincian furniture. Dan semua dapat dilakukan secara gratis!

Anda dapat merancang kamar khusus, menentukan dimensi ruang, ketebalan dinding dan tekstur, dan banyak rincian lain. Sweet Home 3D dapat mengubah ide-ide dekorasi dalam imajinasi ke dalam rencana nyata, sketsa rumah Anda dapat dilihat dan disesuaikan untuk mempertimbangkan aspek fungsional dan estetika.

Berikutnya ada denah rumah sederhana. Biasanya banyak ditemukan pada selebaran brosur rumah yang jadi pelengkap informasi yang disediakan bagian pemasaran property. Begitu sederhananya, denah hanya berbentuk coreta gambar grafis dan seringkali tanpa warna.

Denah sederhana ini biasanya memuat desain bangunan dan bahan yang digunakan, lebih kepada semacam memberi gambaran sederhana akan kondisi rumah. Pada denah akan tampak posisi jendela, pintu, ruangan-ruangan berikut ukuran dan sekat pemisahnya. Akan nampak luas bangunan/ruangan sehingga orang akan dengan mudah mendapat informasi yang dibutuhkan akan rumah tersebut. Denah rumah akan digambar sedemikian rupa, seolah-olah dilihat dari bagian atas tanpa atap.

Biasanya dalam denah rumah sederhana akan menampilkan beberapa keterangan seperti skala untuk menunjukka luas bangunan/tanah, material bangunan, juga luas ruangan. Biasanya bangunan tidak terlalu luas, hanya terdiri dari 2 kamar agak besar atau tiga berukuran kecil. Demikian juga fasilitas yang hanya terdiri dari ruang tamu, ruang tengah atau ruang keluarga, kamar, dapur dan kamar mandi. Kelebihan luas tanah pun tidak begitu banyak.

Meski tidak dijelaskan dalam denah, rumah sederhana biasanya menggunakan bahan produk dalam negeri berkualitas baik.

Cara membuat Denah

  by Elchitekt
Elchitekt

Grundriss Bungalow

Elchitekt

Kelihatannya seperti sesuatu yang mudah membuat denah rumah, hanya perlu menuangkan ide bentuk rumah serta letak ruangan ke dalam satu rancangan gambar. Tapi tidak halnya dengan ketelitian, sifatnya harus.  Membuat denah rumah bukanlah mendesain sebuah rumah dimana hanya perlu menentukan letak ruangan dalam rancangan.

Diperlukan pertimbangan yang matang untuk membuat sesuatu yang penting, berikut beberapa tips membuat denah yang nyaman:

1.     Menyiapkan peralatan kerja yang dibutuhkan untuk membuat gambar seperti pensil, kertas computer serta beserta desain arsitektur. Untuk desain, anda bisa mendapatkan inspirasi dari manapun.

2.     Menentukan hal-hal yang menjadi kebutuhan ruangan yang akan dituang ke dalam rancangan denah. Sesuaikan dengan kondisi luas tanah.

3.     Menentukan hubungan konsep antar ruang. Misal ruang tamu baiknya di tempatkan bagian depan, sementara ruang keluarga dekat ruang dapur dan kamar. Dan ruangan-ruangan lain perlu diatur agar rumah benar-benar nyaman untuk keluarga.

4.     Pastikan ruangan dalam desain terbentuk denah serta pencahayaan dan sirkulasi udara. Mungkin terlihat sepele namun hal ini membantu terbentuknya rumah sehat kaya oksigen.

5.     Menyesuaikan ruangan dengan kebutuhan dasar akan kepercayaan pemilik. Misalkan anda muslim, tentukan letak mushola yang mengarah ke kiblat. Jika anda Chinesse, konsultasilah dengan ahli fengshui

6.     Mengatur dinding rumah sesuai konsep yang diinginkan seperti soal siku, struktur kolam, pondasi rumah.

7.     Menyesuaikan denah dengan luas lantai. Misal konsep Anda adalah rumah satu lantai, upayakan hasilnya maksimal di setiap ruangan.

Estimasi harga pembuatan denah rumah

Harga denah sangat bervariatif tergantung kebutuhan pesanan konsumen. Kebanyakan jasa desain rumah menyediakannya menjadi satu paket yang memudahkan Anda untuk memilih. Hitungan harga dihitung berdasarkan luasnya. Semisal harga paket lengkap dihargai Rp 30.000/m2 mencakup:

1.     Gambar desain 3D,

2.     Gambar arsitek: (Denah, tampak depan & belakang, tampak samping kiri & kanan), rencana pola lantai, plafon, atap, kusen pintu & jendela, detail fasad, tangga, pagar.

3.     Gambar Struktur: Rencana Pondasi, detail pondasi, rencana sloof & kolom, rencana pembalokan

4.     Gambar utilitas: Rencana Instalasi Air bersih, air kotor, detail resapan, septicktank, rencana listrik dan titik lampu

Biasanya harga paket tersebut berlaku untuk rumah dibawah tipe 200 m2, sehingga bila luas bangunan Anda kurang dari 200 m2 akan tetap dikenakan biaya minimum seluas bangunan tersebut.

Bila harga diatas dianggap terlalu tinggi, biasanya jasa desain rumah memberikan opsi lain yang lebih murah menyesuaikan budget customer.

Tiap orang tentu ingin hidup nyaman dan aman bersama keluarga dalam hunian sendiri. Namun seringkali kondisi dan kemampuan ekonomi keuangan terbatas, dan menjadi beban berat untuk mewujudkan apa yang diinginkan. Kendati begitu Anda harus tetap berusaha meraih apa yang diimpikan. Mungkin sebagai langkah awal tidak perlu modern, mulailah dengan rumah minimalis. Yang terpenting tetap berusaha dan serius untuk membuat desain interior rumah dan memahami cara membuat denah rumah yang baik.

Denah rumah merupakan langkah awal sebelum pembangunan rumah itu dimulai. Agar tidak ada kesalahan, desain harus dibuat dengan cermat dan teliti. Secara keseluruhan, cara membuat denah rumah sebenarnya dapat dilakukan sendiri sesuai selera. Selain itu kalkulasi biaya membangun rumah pun dapat anda lakukan sendiri. Apabila Anda merasa ragu, mintalah bantuan lebih lanjut pada jasa rancang bangun rumah yang profesional.

Sebagai awalan, jangan lewatkan artikel berikut untuk inspirasi denah rumah Anda.

4 Desain Rumah Fantastis Lengkap Dengan Denah

10 Denah Rumah Yang Inspiratif


 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!