Kolam Renang by Brengues Le Pavec architectes

Sebuah Rumah Impian Dengan Gaya Minimalis Modern

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah karya Brengues Le Pavec Architectes dari Montpeiller, Prancis berikut ini sungguh fantastis. Meski simpel dan hanya merupakan susunan ruang berbentuk balok. Mengapa bisa demikian? Ternyata rahasianya tidak serumit yang dibayangkan. Agar tidak penasaran, mari kita langsung saja jalan-jalan ke Prancis sekarang. 

Rumah minimalis dan kolam renang hitam

Kolam renang dengan dasar hitam adalah sesuatu yang tidak biasa, misterius karena kita tidak bisa melihat lantai dasarnya. Sambil berendam di pinggir kolam renang, kita bisa nikmati pemandangan di bawahnya. Dua warna kontras ditampilkan dengan harmonis di tengah alam yang menghijau. 

Tembus pandang

Penggunaan kaca sebagai dinding, pintu geser atau jendela geser adalah salah satu ciri khas arsitektur minimalis. Keterkaitan dengan lingkungan sekitarnya akan terjalin setiap saat karena mereka yang di luar dan di dalam sama-sama bisa saling memandang. Oleh karena itu, sudut-sudut kosong sebaiknya dimanfaatkan agar terlihat menyejukkan dipandang dari sudut manapun. Contohnya adalah taman minimalis di halaman belakang rumah ini. 

Penampakan dari luar area kamar tidur

Rumah ini dikelilingi area hijau yang luas, sesuai dengan fungsinya sebagai rumah vila atau rumah peristirahatan. Jendela kaca besar memungkinkan penghuni menikmati hamparan halaman berumput segera setelah bangun dari tidur. 

Koridor kaca

Jendela kaca besar juga membantu menciptakan ilusi keluasan, seakan-akan tidak ada batas antara tempat di mana kita berdiri dan ruangan di seberangnya. 

Ruang tamu

Bukan hanya gaya interior dan arsitektur, minimalisme juga menjadi pandangan hidup pemilik rumah ini. Lebih sedikit barang yang disimpan akan membuat ruang tamu ini terasa lapang dan lega. 

Dapur

Konsep minimalisme tidak mudah diterapkan bila kita berbicara tentang dapur. Ada banyak peralatan masak yang diperlukan, belum lagi peralatan makan dan peralatan kebersihan dapur. Bila memiliki banyak barang tidak dapat dihindari, simpan semua benda itu dalam lemari agar tersembunyi dari pandangan. Di sini, paduan antara meja dapur berlapis krom dan furnitur dapur berwarna putih menjadikan dapur ini tampil fantastis. 

Kamar tidur berpanorama kolam renang

Dengan pintu merangkap jendela geser kaca, semakin tipis batas antara kita dan dunia luar. Lebih membahagiakan bukan kalau tak ada yang disembunyikan? 

Kamar mandi

Untuk alasan privasi, kamar mandi dibuat di lantai bawah tanah rumah. Tujuannya agar aktivitas di kamar mandi tidak terlihat dari luar (mengingat hampir seluruh bagian rumah dihiasi jendela kaca lebar). Meski demikian, tata interior di kamar mandi ini tetap sinergis dengan ruangan lainnya di rumah ini. 

Suasana senja hari

Waktu senja tiba, saatnya lampu taman dinyalakan. Efeknya juga tak kalah luar biasa, menjadikan area teras tempat sempurna untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. 

Dari skala 1-10, berapakah skor yang Anda berikan untuk proyek rumah ini? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!