Dapur & Ruang Makan:  Unit dapur by Mora Project Medan Arsitek & Interior

Cara Merancang Dapur Minimalis

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Meski bukan ruang utama, dan seringkali di anak tiri kan, keberadaan dapur menjadi elemen penting dalam sebuah rumah. Betapa tidak, hampir sebagian besar kegiatan yang menuntut kebersamaan terjadi di tempat ini. Tak hanya sebagai tempat untuk memasak, makan, bekerja atau melakukan pekerjaan rumah, tapi dari tempat inilah awal kehangatan keluarga terbentuk setiap harinya.

Saat menyiapkan sarapan pagi dan atau makan malam, terjadi proses kreatifitas. Dan saat terjadi interaksi antar anggota keluarga, kehangatan terbangun di ruangan ini.

Bagi Anda yang telah terlanjur menganaktirikan dapur Anda dengan membatasi ruangannya, jangan kuatir selalu ada cara untuk menyiasati dan menatanya sehingga fungsinya yang komplek dapat terakomodir.

​Bagaimana mencipta dapur minimalis?

 Dapur by Elena Arsentyeva
Elena Arsentyeva

Кухня в скандинавском стиле

Elena Arsentyeva

Keterbatasan ruang tidak menjadi kendala memiliki dapur minimalis yang indah. Ungkapan dapur minimalis tidak hanya berhenti pada penampilan fisik semata namun mencakup beragam aspek di dalamnya. Misal penggunaan barang/alat seefektif mungkin agar nampak luas namun tetap tidak mengurangi kebutuhan akan barang-barang tersebut yang diperlukan untuk memasak atau menyantap makanan.

Dapur minimalis merupakan sebuah dapur dengan tatanan dan identitas minimalis yakni simple, sederhana dan tidak ruwet. Konsepnya tidak jauh dari interior minimalis yang menggabungkan antara estetika dan kesederhanaan. Penataan yang apik menghasilkan desain rumah yang luwes, tidak berlebihan dan memiliki banyak manfaat termasuk manfaat kesehatan.

Kenali style memasak Anda

Selain mengefisiensikan barang-barang dan perkakas yang tidak diperlukan di dapur, beberapa hal berikut dapat dijadikan referensi untuk mencipta dapur minimalis:

-        Mengenali style memasak

Tidak semua anggota keluarga senang memasak. Konsep desain minimalis akan menjadi ide sempurna bagi keluarga dengan typical ini. Mereka tidak akan betah menghabiskan waktu berlama-lama di dapur. Namun bila sebaliknya, aturlah ekspetsi atas ruang dan benda-benda yang diperlukan saat di dapur.

-        Menyusun sesuai kebutuhan

Biasakan memiliki rak tertentu untuk setiap peralaan yang digunakan agar tidak tercecer dan memenuhi ruangan sehingga nampak padat. Simpan barang-barang yang jarang digunakan pada rak paling atas dan sebaliknya yang paling sering digunakan dibawah untuk memudahkan akses.

-        Menyimpan makanan dengan teliti

Sebagai salah satu tempat untuk menyimpan makanan, dapur rentan menjadi tempat yang penuh tumpukan barang dan makanan, belilah sesuai kebutuhan dan keperluan. Kemudian siasati penyimpanan dengan jeli untuk efisiensi ruangan.

-        Kualitas bukan kuantitas

Kita tidak bisa menampik bahwa kemajuan teknologi memudahkan kita belanja peralatan dan kebutuhan dapur secara online dengan mudah. Membeli barang-barang yang bukan prioritas, pada akhirnya hanya menjadikannya tumpukan barang. Seringkali hanya untuk memuaskan kesenangan kita dan mengabaikan fungsinya. Belilah barang-barang berkualitas sekaligus multifungsi untuk berbagai kebutuhan. Semisal penyaring telur dan pencuci sayuran, atau pisau yang bisa dipakai untuk memotong beragam kebutuhan.

-        Permukaan bersih

Tempatkan 1-2 barang yang memiliki unsur dekoratif minimalis semisal pot-pot manis atau wadah tissue. Hindari menaruh barang-barang besar semacam oven, microwave, mesin kopi, dsb diatas meja dapur karena hanya akan membuatnya terlihat sumpek dan padat. Jangan juga lupa untuk selalu membersihkan dapur usai memakainya dari perkakas masak atau tumpukan piring kotor agar senantiasa terlihat luas.

Estimasi harga

 Dapur by homify

Bagi Anda yang ingin melakukan renovasi total dengan mengubah tampilan, membongkar dinding dan mengganti keramik akan membutuhkan dana cukup besar. Biaya tersebut mencakup pembelian dinding batako, rangka atap baja ringan, atap asbes, rangka plafon, instalasi pipa air, dak toren, lantai keramik, meja dapur beserta wastafel cuci piring. Bila dikalkulasi kasar dana yang dibutuhkan mencapai hampir Rp 20 juta untuk dapur berukuran 2x3 meter sampai dengan 2x6 meter.

Sedangkan untuk renovasi ringan dimana Anda hanya ingin mengubah penataan furniture dan dapur sudah terbentuk, estimasi biaya yang dibutuhkan sekitar 5 juta rupiah.

Estimasi harga material multipleks dan finishing HPL sekitar Rp 2,5 juta dan bisa lebih murah tergantung pada jenis material. Perangkat dapur lainnya seperti rak piring, wadah sendok & gelas, ambalan berkisar Rp 1 juta rupiah yang bisa diperoleh di supermarket atau toko kelontong untuk yang lebih murah lagi.

Untuk menambah kesan minimalis maka backpanel atau dinding dapur perlu diubah. Tambahkan glass block dengan ragam warna, corak dan kontur sesuai selera, selain material keramik. Harga glass block untuk dimensi 380x15x80 berkisar Rp 1 juta rupiah. Sedangkan estimasi biaya keramik mencapai Rp 500 ribu sesuai jenis yang dipilih.

Dapur minimalis sebenarnya sangat menitikberatkan pada model countertop dan kitchen set. Sebagai langkah awal tentukan kitchen set yang ingin dibuat (berupa cabinet atas dan bawah) menyesuaikan luas dapur.

Sebagai unsur terpenting dalam sebuah dapur minimalis, harga kitchen set dangat beragam mulai dari Rp 1,5 juta/m untuk yang termurah, menengah Rp 3 juta – 3,5 juta/m, metric kitchen Rp 5 juta rupiah/m, dan kelas JDC Rp 8 juta/m. Harga tersebut belum termasuk asesories dalam.  Harga tersebut termasuk dalam bahan standar (MDF sampai multipleks), finishing melamic atau HDF, table top granit.

Sedangkan untuk bagian dalammya ada 2 macam apakah stainless atau putih. Harganya berkisar Rp 350.000,- s/d Rp 1.500.000,-/pcs untuk yang stainless, tergantung jenis. Misalnya rak piring, rak botol atau rak bumbu dan lain-lain.

Sementara itu hitungan harga per meter kabinet atas bawah tidaklah kaku. Misal ada bagian-bagian tertentu yang tidak ada kabinet akan dihitung 1/2 nya saja atau ada hitungannya tersendiri. Begitu juga dengan island atau kabinet untuk kulkas yang tinggi, biasanya ada hitungannya tersendiri.

Manfaat dapur Minimalis

Kesederhanaan akan selalu memberi manfaat tersendiri, sama halnya dengan dapur minimalis. Berikut manfaat yang dirasa:

1.     Hemat uang dan waktu

Dengan mengefektifkan barang-barang yang dibeli untuk keperluan dapur otomatis anda melakukan penghematan keuangan. Demikian juga waktu dimana saat Anda memasak tidak perlu lagi berlama-lama mencari barang yang dibutuhkan. Menguntungkan bukan?

2.     Bebas penat

Tanpa tumpukan barang-barang di dapur termasuk piring, gelas dan masih banyak lagi, dapur akan terasa lapang yang bisa membawa ketenangan dan akan terasa manfaatnya untuk kesehatan penghuni.

3.     Mudah ditata dan dibersihkan

Keunggulan konsep minimalis adalah kemudahan untuk menata dan tidak membutuhkan perawatan maksimal. Karna barang-barang tidak lagi banyak, dapur akan lebih mudah dibersihkan dan terlihat apik.

4.     Fleksibel sekaligus multifungsi

Multifungsi karena barang-barang yang digunakan terbatas namun mencukupi semua kebutuhan keluarga. Sedangkan fleksibel berkaitan dengan kebergunaannya untuk bisa difungsikan kapapun semisal anda minim waktu untuk memasak di rumah karena kesibukan pekerjaan.

Yang terpenting sebelum Anda membuat dapur minimalis adalah memikirkan perencanaan dan konsep yang matang dan terstruktur. Pertimbangkan dengan baik luas dan bentuk dapur, penempatan perabot dan barang-barang, serta beberapa aksesoris dapur lainnya. Perencana dapur akan tahu, segala detail yang terbaik untuk dapur anda secara spesifik.

Selanjutnya adalah menyesuaikan anggaran sesuai kebutuhan bukan keinginan. Buatlah rencana budget sesuai model yang telah di desain dan jangan beralih focus sebelum desain utama selesai. Bila ada budget lebih, gunakan jasa desainer interior professional. Kolaborasi antara ide Anda dan desainer dijamin akan menghasilkan kesempurnaan tampilan dan fungsi dapur rumah.

Yang juga tak boleh luput dari perencanaan adalah menentukan style dapur dan pemilihan warna tema. Ini harus disesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Pemilihan warna membutuhkan insting seni. Inilah kenapa Anda butuh konsultasi dengan desain interior profesional, pilihan warna memang terlihat sederhana tetapi untuk membuatnya menjadi lebih tepat dan sempurna.

Terakhir adalah unsur kesepadanan dengan memilih perlengkapan yang selaras dengan tema ruangan. Perabotan diupayakan dapat menyatu dengan warna ruangan dapur, fungsi dan penempatannya.

Bila semua sudah sesuai dengan keinginan Anda, jangan lupa untuk melakukan perawatan agar tetap terjaga kebersihan dan kenyamanannya.

Sudah siap membuat dapur minim Anda? Temukan inspirasi dapur minimalis Anda dalam buku ide berikut.

17 Dapur Minimalis Semi Terbuka Yang Mempesona

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!