Bedroom 1:   by FIANO INTERIOR

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah minimalis yang hits tahun lalu sepertinya masih akan menjadi pilihan untuk sebagian kalangan. Arsitektur dan gaya interior minimalis bertujuan menciptakan kesan cantik dan berkelas dari sesuatu yang sederhana, inilah yang membuat orang jadi penasaran. Asal tahu saja, ternyata ada kisah menarik di balik sejarah terciptanya gaya minimalis yang bisa disimak di sini. Seperti semua ciptaan manusia, gaya minimalis juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Ulasan berikut ini dibuat sebagai bahan referensi yang pasti bermanfaat sebelum siapapun menjatuhkan pilihan pada rumah minimalis.   

1. Rumah minimalis: sedikit barang, sedikit kekacauan

Front Facade:  Rumah by Lukemala Creative Studio

Kelebihan rumah minimalis mengedepankan pemanfaatan sesedikit mungkin barang. Bila menggunakan banyak barang tak dapat dihindari, maka yang tampak oleh mata adalah barang-barang yang benar-benar perlu saja. Barang selebihnya disimpan dalam tempat penyimpanan. Bisa berupa lemari dinding, lemari gantung, atau laci. Gaya minimalis biasanya menonjolkan pemanfaatan furnitur multi fungsi, seperti lemari gantung dengan pintu kaca pada gambar ini. Harga kitchen set (furnitur dapur) minimalis saat ini dibedakan berdasarkan jenis bahannya, yaitu plywood dan blockboard. Rincian harga yang biasa ditawarkan adalah sebagai berikut:1. Kabinet bawah frame: plywood Rp 1,2 juta/ meter, blockboard Rp 1,1 juta/ meter;2. Kabinet bawah box: plywood Rp 1,7 juta/ meter, blockboard Rp 1,6 juta/ meter;3. Kabinet atas: plywood Rp 1,6 juta/ meter, blockboard Rp 1,5 juta/ meter. Sedangkan khusus untuk pembuatan mini bar, akan ada harga berbeda yang ditetapkan. KekuranganTerbiasa dengan segala sesuatu yang rapi dan bersih akan membuat seseorang merasa risih pada kondisi berantakan. Padahal, di tempat dengan aktivitas tinggi seperti dapur, berantakan adalah hal yang biasa. Apalagi setelah memasak untuk acara yang mengundang banyak orang. Terlalu terobsesi pada keteraturan dan kerapian kadang juga merupakan tanda-tanda gangguan kesehatan jiwa, yaitu OCD (obsessive compulsory disorder), atau dorongan untuk melakukan semua hal secara sempurna. Tak ada salahnya membiarkan dapur sedikit kotor saat memasak. Bekas percikan minyak atau tumpahan bumbu di meja bisa dibersihkan nanti setelah masakan dihidangkan di meja makan. Lihat beberapa cara praktis membersihkan dapur berikut untuk membantu anda.

2. Rumah minimalis itu terbuka, tapi…

Kelebihan
Keterbukaan itu baik untuk kesehatan jiwa dan raga. Kondisi fisik dan psikologis akan lebih sehat bila rumah terpapar cukup sinar matahari. Selain itu, suasana terbuka juga membantu memperbaiki jalinan komunikasi antar anggota keluarga. Tujuan ini bisa tercapai dengan mendesain rumah menjadi rumah minimalis, karena gaya interior minimalis mengutamakan atmosfer lapang dan fungsionalitas yang maksimal. Gaya ini juga cenderung mencerminkan konsep futuristik yang direalisasikan dengan dominasi material kaca. Gaya interior minimalis juga bisa jadi solusi bagi mereka yang ingin memperluas rumah tanpa membangun ruangan baru atau proses renovasi rumah besar-besaran. 

Interior open space memang bisa diterapkan pada gaya interior apapun, tapi pada gaya minimalis konsep open space adalah pakem atau karakteristik utama. Contoh desain pada gambar merupakan paduan antara gaya minimalis dan tropis, di mana dapur dan ruang makan juga diintegrasikan dengan halaman belakang. Untuk menghadirkan penampilan seperti ini, seorang pemilik rumah tentunya memerlukan bantuan seorang desainer interior atau arsitek interior untuk merancang gambar kerja dan merencanakan elemen apa saja yang akan digunakan. Saat ini, jasa desain ditawarkan dengan harga Rp 1 juta – Rp 5 juta kali per meter persegi lahan yang hendak direnovasi. Kalau pemilik rumah tidak punya waktu untuk berbelanja material seperti jendela skylight, semen, batu bata, lantai parket, cladding kayu, dll., ia bisa menyewa jasa seorang kontraktor dengan sistem borongan penuh. Dengan sistem ini pemilik rumah cukup menyediakan dana sebesar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per meter persegi area, karena pihak kontraktor yang akan menyediakan semua material sesuai permintaan. 

Kekurangan
Merenovasi rumah agar memiliki tampilan interior open space yang ideal perlu banyak biaya. Bila ketersediaan bujet relatif terbatas, pemilik rumah bisa menerapkan cara yang relatif murah, yaitu dengan meruntuhkan dinding-dinding pembatas di dalam rumah. Saat ini sudah ada kontraktor yang memasang tarif bongkar dinding biasa atau dinding keramik sebesar Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu per meter persegi. Selain itu, mendesain denah rumah minimalis tidaklah semudah kelihatannya. Panduan berikut ini akan dapat membantu anda.

3. Rumah minimalis tak lengkap tanpa furnitur minimalis

Bintaro House:  Dapur by Vicasso Interior
Vicasso Interior

Bintaro House

Vicasso Interior

Kelebihan
Furnitur minimalis dikenal dengan cirinya yang simpel, tanpa banyak lekuk dan detil, dan tidak makan banyak tempat. Sesuai dengan misi minimalisme yang bertujuan menciptakan lebih banyak ruang gerak. Selain itu, dengan berpedoman pada prinsip minimalisme seseorang akan termotivasi untuk hanya menempatkan perabotan yang benar-benar diperlukan. Sebagai contoh, untuk sebuah area yang terdiri dari ruang tamu, ruang makan, dan dapur, furnitur minimalis yang dibutuhkan adalah: 
- satu set sofa minimalis (tanpa meja) yang harganya berkisar antara Rp 2 juta sampai Rp 5 juta, tergantung berapa banyak dudukan (seat)nya;
- satu set meja dan kursi makan minimalis, sekitar Rp 800 ribu sampai Rp 6 juta, tergantung bahan, ukuran meja, dan jumlah kursi makan; 
- kitchen set minimalis siap pakai, harga sekitar Rp 6 juta sampai Rp 20 juta, tergantung dimensi, jumlah kabinet, dan bentuk meja dapur. 

Kekurangan
Bentuk furnitur minimalis yang simpel dan serba ramping pasti memikat siapapun. Jika dana mencukupi, mengapa musti ragu membelinya? Masalahnya sekarang, akan dikemanakan furnitur lama Anda? Jauh-jauh hari sebelum memutuskan mengganti furnitur lama, nasib furnitur lama perlu dipikirkan. Apakah akan dijual, diberikan pada kerabat atau orang yang membutuhkan… Semua terserah pada kebijaksanaan pemiliknya. Siapa tahu setelah pertimbangan yang mendalam, timbul ide untuk memperbarui furnitur dengan cara mempelitur ulang, mengganti pelapis sofa, atau mengecatnya dengan warna-warna yang lebih kekinian. 

4. Dinding putih bersih dan masalahnya

Bedroom 1:   by FIANO INTERIOR

Kelebihan
Dinding rumah minimalis umumnya dicat dengan warna putih polos. Sesuai dengan namanya, dinding minimalis tidak memerlukan banyak hiasan. Tidak juga dekorasi dinding dalam bentuk cladding atau pelapis kayu dan batu, atau stiker dinding warna-warni. Meski demikian, kamar mandi minimalis tetap memerlukan cladding keramik, marmer, atau granit untuk menjaga dinding dari kelembaban. Di rumah kecil, dinding putih bersih akan membantu menciptakan kesan lebih luas secara visual. Bagi mereka yang menyukai kesederhanaan, warna putih memang ideal. Selain itu, pos pengeluaran untuk dinding minimalis juga tidak mahal. Cukup beberapa kaleng cat putih yang harganya mencapai Rp 75 ribu sampai Rp 95 ribu per 5 kg. Pengecatan ulang bisa dilakukan setiap setahun atau dua tahun sekali, atau ketika dinding sudah terlihat kotor.  

Kekurangan
Meski ada banyak sisi positif warna putih, warna ini juga bisa memicu kesan kaku, dingin, isolasi diri, dan kekosongan batin. Selain menggantungkan bingkai foto atau lukisan, cara lain yang bisa menepis kesan ini adalah dengan menciptakan aksen dinding. Pilih satu bagian dinding ruangan yang ingin dijadikan pusat perhatian. Lalu catlah dinding itu dengan warna yang tebal atau kontras. Misalnya abu-abu, coklat, biru, atau merah. Sesuaikan pilihan warna dengan nuansa warna elemen lain di ruangan itu, misalnya furnitur, kusen jendela dan pintu, dll. Dinding juga bisa didekorasi dengan stiker dinding. Cara ini sangat ekonomis karena harga stiker dinding tidak mencapai Rp 50 ribu. Agar tetap sejalan dengan misi minimalisme, pilih stiker dinding dengan gambar kecil-kecil, sedikit detil, dan warna yang tidak terlalu menyolok. 

5. Plus minus atap datar rumah minimalis

Kelebihan
Tidak semua rumah minimalis beratap datar. Apalagi bila rumah minimalis itu menerapkan kombinasi gaya arsitektur dengan gaya lain seperti gaya modern, gaya industrial, dll. Bisa dikatakan atap datar adalah bentuk atap yang paling sesuai dengan konsep minimalisme, yaitu kesederhanaan. Dengan atap datar, fasad rumah akan tampak lebih sederhana tanpa mengabaikan aspek kekinian. Keterbatasan lahan juga bisa diatasi dengan membangun atap datar. Ruang terbuka di atas atap bisa dimanfaatkan sebagai ruang bersantai atau lahan untuk berkebun dalam pot. Selengkapnya tentang manfaat, jenis-jenis atap datar dan biaya yang diperlukan untuk membangun atap datar bisa dibaca di tautan ini. 

Kekurangan
Sebelum membangun atap datar, perlu dipertimbangkan juga beberapa hal berikut ini:
1. Rumah dengan atap datar mempunyai sedikit ruang untuk insulasi, sehingga lebih mudah terdampak oleh perubahan temperatur yang ekstrem;
2. Lebih sedikit area yang bisa dimanfaatkan sebagai ruangan, karena dengan adanya atap datar rumah tidak punya loteng. Membangun mezzanine (ruangan tambahan di dalam rumah yang dibuat di bawah atap) pun tidak mungkin dilakukan. 
3. Diperlukan struktur tambahan agar atap mampu menyangga beban;
4. Atap datar tidak cocok untuk daerah yang sering diterpa angin kencang, karena desainnya tidak aerodinamis;
5. Ketika hujan turun, air tidak bisa langsung mengalir ke bawah seperti halnya pada atap pelana atau atap perisai. Saluran air hujan harus diperiksa secara berkala dan segera diperbaiki. Kerusakan atau penyumbatan di saluran ini sangat rentan mengakibatkan kebocoran. 

Apakah Anda ada usul tentang cara mengatasi kekurangan rumah minimalis?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!