by iamarchitex

Inspirasi Denah Rumah Minimalis

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Seiring berjalannya waktu, tempat tinggal dengan konsep minimalis semakin diminati terutama di daerah perkotaan. Gaya hidup modern yang praktis dan dinamis, ditambah lagi area yang terbatas di perkotaan serta mahal nya harga tanah membuat rumah dengan konsep minimalis menjadi sebuah kebutuhan. Konsep utama rumah minimalis cukup simpel, yaitu denah rumah sederhana. 

Anda yang tinggal di perkotaan sebenarnya mempunyai banyak pilihan untuk memiliki tempat tinggal. Apartemen, rumah susun, rumah dalam komplek dan cluster bisa menjadi opsi yang menarik, tinggal Anda menyesuaikan dengan bujet. Para pengembang pun saat ini berusaha menyesuaikan kebutuhan pasar dengan menyediakan tempat tinggal dengan konsep minimalis baik dari ukuran, jumlah kamar, fasilitas serta interior.

​ Keuntungan rumah minimalis

Tampak Belakang:   by Arginuring Arsitek
Arginuring Arsitek

Tampak Belakang

Arginuring Arsitek

Rumah dengan konsep ini memiliki beberapa keuntungan yakni:

-        Ekonomis

Sesuai namanya, rumah minimalis adalah rumah sederhana,  sehingga dalam merencanakan nya tidak membutuhkan desain interior ataupun furniture yang mewah dan banyak aksesoris. Ornamen-ornamen sederhana cukup membuat rumah ini nampak menarik. Dengan luas tanah minim dan bangunan terbatas Anda tidak perlu membeli lahan membuat bangunan dengan detail finishing seperti gaya klasik. Dengan kata lain ongkos tukang lebih sedikit karena pengerjaan relatif lebih cepat.

-        Efektif & Efisien

Karena ukurannya yang tidak terlalu besar memungkinkan Anda dengan leluasa melakukan aktivitas di rumah. Rumah minimalis biasanya ditata dengan sangat fungsional sesuai kebutuhan penghuninya. Selebihnya, tentu saja menghemat tagihan listrik serta lebih mudah dalam merapikan dan membersihkan.

-        Fleksibel

Dengan lahan dan bangunan yang tidak luas memungkinkan Anda mendapat denah lantai terbuka dan interior yang saling terhubung. Desain tanpa sekat memudahkan Anda saat ingin mendesain ulang sesuai dengen kebutuhan Anda.

Berapa kamar yang Anda butuhkan?

Ada beragam jenis dan denah rumah minimalis yang dapat menjadi pilihan sesuai dengan kebutuhan sebagai berikut:

 -        Rumah minimalis satu kamar. 

Biasanya menjadi pilihan orang yang tinggal sendiri,  karena tidak luas tentu membutuhkan biaya yang relatif terjangkau. Apartemen studio juga menjadi hunian favorit bagi si single.  

-        Rumah minimalis dengan 2 kamar tidur. 

Menjadi tipe rumah yang banyak dipilih dengan luas dan harga yang bervariasi. 

-        Rumah minimalis dengan tiga kamar. 

Juga menjadi salah satu pilihan mereka yang telah berkeluarga. Harga dan luas bervariasi. Namun pada dasarnya bentuk dan konsep rumah minimalis dipersepsikan berbeda oleh tiap orang mulai dari ukuran, bentuk dan juga stylenya.

Berikut ini homify akan memberikan inspirasi denah rumah minimalis berdasarkan jumlah lantai dan kamar yang dimiliki.

Denah rumah minimalis dua lantai

Ini adalah contoh denah rumah yang sederhana. Lantai dasar digunakan sebagai area publik lengkap dengan fasilitas yang diperlukan keluarga seperti kamar mandi dan toilet. Dapur terbuka yang menyatu dengan ruang makan dan ruang tamu menjadi ciri kas konsep rumah minimalis. Di lantai atas menjadi area pribadi yang terdiri dari kamar tidur serta kamar mandi dan toilet.

Dua kamar dalam satu lantai

Berikutnya adalah denah rumah minimalis dengan dua kamar tidur dalam rumah satu lantai.Denah seperti ini lebih komunikatif jika dilihat dari sisi pemilik rumah, karena denah rumah seperti ini lebih berwarna dan menggambarkan kondisi rumah pada nantinya seperti apa. 

Arsitek berhasil menyajikan dua kamar tidur dalam satu lantai yang masing-masing bisa mengakses udara segar dengan baik. Konsep dapur terbuka terlihat dalam denah ini dengan bentuk L yang menghadap ke taman.

3 kamar dengan garasi yang luas

Dari denah rumah sederhana ini, Anda dapat melihat pembagian ruangan di dalam rumah. Di sisi kiri gambar, terlihat dua kamar tidur yang di antara keduanya terdapat sebuah kamar mandi. Sementara, di sisi kanan gambar, Anda dapat melihat kamar tidur terbesar di rumah ini.  Denah ini juga menunjukkan pada Anda bagaimana sinar matahari dapat masuk dengan baik ke dalam dan menerangi seisi rumah di siang hari.

Dapur dengan konsep terbuka dipilih oleh oleh arsitek pada rumah satu lantai berdesain sederhana ini. Hal ini dapat terlihat dapur yang menyatu dengan meja makan dan dari luas space yang diperuntukkan bagi dapur. Pada sisi sebelah kanan gambar, terdapat pintu dapur yang mengarah langsung ke garasi. 

Keberadaan denah rumah merupakan hal yang mutlak ketika hendek membangun maupun merenovasi rumah. Jika Anda mempunyai cukup waktu dan ketrampilan membuat denah rumah, Anda bisa membuat denah rumah Anda. Namun jika tidak, jasa arsitek profesional akan banyak membantu.

Para Arsitek akan memberikan banyak pilihan paket jasa membuatkan denah rumah. Biasanya mereka memberlakukan tarif per meter persegi. Untuk membuat denah rumah kisaran harganya sangat beragam mulai dari Rp. 15.000,- per meter Sampai dengan Rp.100.000 tergantung dari gambar apa saja yang ankan mereka sajikan.

Idealnya seorang arsitek akan mengikuti seluruh proses pembuatan rumah, mulai dari perencanaan Sampai dengan pembangunan. Untuk jasa seperti ini kisaran tarif yang dipasang juga beragam, mulai Rp.100.000 per meter  atau mereka memberlakukan tarif prosentase dari nilai proyek pembangunan yaitu sekitar 3-7%. 

Siap merencanakan rumah minimalis Anda, dan jangan lewatkan artikel Panduan Membuat Denah Rumah  atau segera hubungi arsitek untuk berkonsultasi.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!