Teras by ICAZBALCETA Arquitectura y Diseño

20 Inspirasi Aksen Kayu untuk Rumah Anda!

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Saat mendesain sebuah rumah, area bersantai yang dipenuhi dengan cahaya natural, merupakan bagian yang tak boleh Anda lewatkan. 

Terdapat berbagai macam ruangan santai outdoor maupun semi-outdoor seperti teras atau balkon, kolam renang, serta taman atau kebun yang indah. Nah, Anda pasti bertanya-tanya, material apa yang cocok digunakan untuk ruangan tersebut? Jawabannya adalah… kayu!

Mengapa bilah-bilah kayu menjadi pilihan? Tentu saja karena dengan memakainya, Anda dapat menikmati udara dan tetap terlindungi dari sinar matahari langsung, ataupun derasnya air hujan. Selain itu, penggunaan balok-balok kayu dapat menciptakan suasana yang hangat, akrab, dan ramah lingkungan. 

Kali ini, kami telah mengumpulkan 20 desain pemakaian bilah kayu untuk teras Anda. Setiap desain memiliki keunikan dan gaya tersendiri yang dapat menginsipirasi Anda. Selamat menikmati.

1. Bambu nan Sederhana, Hangat, dan Alami

Ini adalah salah satu jenis kayu yang cantik dan mudah didapatkan. Potongan-potongan tipis bambu yang digunakan sebagai dekorasi atap maupun tirai, sukses membuat nuansa tropis hangat khas Indonesia menjadi semakin istimewa.

2. Sebuah Teras Pribadi yang Mungil

 Konservasi by Ambiento Arquitetura
Ambiento Arquitetura

Pergolado Residência Paineiras

Ambiento Arquitetura

Jika Anda memiliki teras kecil tak terpakai, segera renovasi dan sulaplah menjadi sebuah teras yang menenangkan. Gunakan balok kayu berukuran sedang sebagai elemen dekorasi atap, tambahkan deretan kayu yang lebih kecil di dinding untuk pengganti tirai, serta sebuah kursi kayu untuk tempat Anda duduk menikmati suasana yang menyenangkan. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa pot tanaman agar ruangan terasa makin segar!

3. Paviliun Kayu di Tengah Kebun

 Taman by RABAIOLI I FREITAS
RABAIOLI I FREITAS

À sombra do pergolado, um convite!

RABAIOLI I FREITAS

Apabila rumah Anda memiliki kebun yang luas dan tidak tahu bagaimana memaksimalkannya, bangunlah sebuah paviliun kayu untuk area bersantai. Ruangan tersebut dapat dihiasi oleh gorden putih di sekelilingnya, serta dilengkapi dengan kursi berwarna mencolok. Nyaman, bukan?

4. Sudut untuk Berkhayal

Area kecil di belakang rumah dapat didekorasi dengan sebuah dek kayu dan kursi malas, serta beberapa hiasan tanaman hijau. Bunga-bunga yang merambat memberikan sentuhan segar dan romantis.

5. Teras Kayu Beratap Kaca

Untuk area outdoor, Anda dapat membangun sebuah teras beratap kaca transparan yang dikombinasikan dengan balok-balok kayu sebagai pemanisnya. Anda tetap dapat bersantai tanpa takut terkena hujan. Asyik, kan?

6. Teras Kayu Sederhana

Pada gambar, terlihat bahwa balok-balok kayu yang digunakan untuk membangun area bersantai ini, tidak terlalu banyak. Memakai ukuran balok yang cukup besar, ruangan menjadi tampak kokoh. Tirai putih juga semakin mempercantik teras Anda.

7. Teras Modifikasi

Apabila biasanya Anda menutup seluruh atap dengan bilah-bilah kayu, desain kali ini menyuguhkan dua area sekaligus! Saat hujan atau matahari terlalu terik, Anda dapat bersantai di bawah atap, namun ketika sore datang dengan angin yang sejuk, Anda dapat bebas menikmati udara di teras tanpa atap. Dijamin Anda pasti akan menyukainya!

8. Teras Depan

Desain ini cocok bagi Anda yang memiliki beranda di bagian depan rumah. Anda dapat mendesain teras ini dengan bilah-bilah kayu berukuran sedang untuk menciptakan nuansa ramah bagi tamu yang akan berkunjung. Gunakan kayu yang dicat berwarna coklat muda seperti pada foto di atas. Terlihat keren, kan?

9. Kebun Berbingkai Kayu

Jika rumah Anda memiliki jendela besar yang terhubung ke area kebun, cobalah untuk membangun teras kecil di depan jendela tersebut. Tambahkan kursi kayu untuk tempat bersantai, dan voila!, ruangan baru telah tercipta!

10. Teras Kayu di Tepi Kolam

Area lantai kayu yang bersebelahan dengan kolam renang ini cukup besar. Desain fasad kayu di bagian atas terlihat menonjol dengan campuran pilar dekoratif bergaya Yunani. Tampilannya menarik, dan perpaduan desainnya terlihat serasi. Brilian!

11. Balkon untuk Bersantai

Rumah modern ini memiliki balkon yang cukup luas. Lantai keramik dipadukan dengan struktur dari kombinasi kayu dan besi, untuk ruangan ini menjadi kekinian. Warna-warna furnitur yang dipakai sangat cerah dan kontras, namun tetap terasa alami. Pas untuk bersantai!

12. Teras Multifungsi

Jika Anda memiliki area kosong, jangan ragu untuk mendesainnya menjadi sebuah ruangan multifungsi seperti pada foto di atas. Balok kayu digunakan sebagai atap, sementara lantai semen dan pot-pot tanaman hijau, dapat menciptakan suasana rustic di area ini. Selain untuk tempat bersantai, Anda dapat mengajak keluarga untuk makan malam di sini dengan suasana romantis.

13. Balkon yang Cerah

Untuk Anda yang tinggal di apartemen dan ingin mempunyai ruangan untuk bersantai, ubahlah balkon Anda dengan memberi sentuhan kayu pada langit-langitnya, serta tambahkan sedikit tanaman hijau yang segar. Seketika Anda akan memiliki tempat berjemur sekaligus membaca buku, deh.

14. Teras Makan

Struktur kayu yang digunakan sebagai pilar dan atap area ini, menciptakan ruang lebih untuk halaman Anda. Anda dapat mengadakan pesta kecil atau sekedar brunch bersama teman di sini. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, tapi tetap terasa hangat, ya?

15. Kayu Melengkung

Desain unik yang digunakan sebagai atap kayu pada foto di atas, menambah manisnya halaman ini. Desainernya mengusung gaya retro yang terlihat dari pemakaian kayu dengan finishing coklat tua dan bentuk melengkung. Kesan country kemudian diperkuat dengan hiasan bunga-bunga cantik di sekitar area. Hm… Inspirasi yang menarik!

16. Dekorasi Ruangan dengan Furnitur yang Sesuai

 Teras by VN Arquitetura
VN Arquitetura

Vista mesa

VN Arquitetura

Agar suasana ruangan lebih khas, gunakan lampu bergaya modern yang dapat menyatu alami dengan perabot lainnya. Pemilihan meja kayu panjang juga memberi kesan lebih natural. Jika Anda tidak yakin jenis furnitur yang cocok untuk digunakan dengan nuansa kayu yang ada, konsultasikan dengan ahli profesional di homify, yang selalu siap membantu Anda.

17. Area Barbeque juga Wajib Memiliki Pelindung!

 Teras by INSIDE Création
INSIDE Création

Cuisine d'été

INSIDE Création

Area barbeque di luar rumah sebaiknya didesain sedikit tertutup seperti pada foto di atas. Atapnya menggunakan alumunium berwarna hitam yang berpadu sempurna dengan lantai kayu berwarna cokelat, sehingga nuansa modern sangat kental di sini.

18. Atap Kayu di Garasi Anda

Rumah dengan sisa lahan terbatas, umumnya tidak dapat menyediakan garasi tambahan untuk mobil yang ada. Nah, jika Anda memiliki sedikit space di samping rumah, cukup tambahkan atap kayu dengan harga terjangkau serta mudah dibangun, dan Anda pun akan memiliki lahan parkir ekstra. Trik ini cocok untuk segala jenis rumah, lho!

19. Kompak, Modern, dan Natural

 Garden  by homify
homify

Pergola

homify

Area duduk yang kecil ini didesain dengan indahnya lewat sentuhan lengkungan bilah-bilah kayu sebagai pilarnya. Ah, serasa ingin segera bersantai di sana!

20. Bilah Kayu Gaya Skandinavia yang Nyaman

 Balconies, verandas & terraces  by homify
homify

pergola FRANGISOLE

homify

Terakhir, kami hadirkan desain balok kayu berwarna putih bergaya Skandinavia yang simpel namun stylish. Sangat cocok untuk acara formal maupun bersantai biasa.

Manahkah favorit Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!