Kamar Mandi by Lucas Lage Arquitetura

Cara Memilih Keramik Kamar Mandi

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Salah satu unsur penting yang turut menentukan keindahan dan kenyamanan ruangan adalah lantai keramik, termasuk lantai keramik kamar mandi. Hal ini disebabkan keramik terbukti tangguh menghadapi air dan kelembaban.

Memilih lantai keramik kamar mandi bisa dibilang susah-susah gampang. Anda harus cermat dan jeli karena akan berimbas pada ketahanan, ketepatan dan kesesuaian saat diaplikasikan. Lebih jauh mempengaruhi suasana dalam ruangan bahkan juga mood. Buku ide kali ini, homify akan berbagi tips memilih keramik kamar mandi untuk Anda semua.

​Jenis kamar Mandi

Seebelum memilih keramik, Anda harus memastikan kamar mandi yang akan Anda buat termasuk dalam kamar mandi kriteria apa. Kamar mandi dibedakan menjadi 2  yakni kamar mandi kering dan kamar mandi basah. 

Kamar mandi kering mampu menciptakan suasana nyaman karena bebas dari air yang menggenang. Dari segi kesehatan akan lebih baik karena bebas dari sarang nyamuk dan lebih muda terjaga. Sedangkan kamar mandi basah memiliki keunggulan akan simplisitas karena tidak membutuhkan saluran air yang panjang layaknya kamar mandi kering.

Berikut rekomendasi jenis keramik yang sesuai dengan desain kamar mandi:

Kamar mandi kering

Kamar mandi kering secara umum terbagi menjadi 2 bagian. Pertama bagian untuk mandi tepat di bawah shower dan Kedua bagian kering selain dibawah shower.

Untuk bagian di bawah shower sepertinya kurang tepat menggunakan keramik dan akan lebih cocok menggunakan batu-batu alam seperti batu koral ukuran besar atau kecil. Anda bisa menatanya sedemikian rupa sesuai keinginan, menyemennya dan menambahkan hiasan tanaman untuk menambah keindahan. Sedangkan untuk kamar mandi keringnya ada bisa memilih keramik bermotif atau polos sesuai selera dan desain.

Kamar mandi basah

Kamar mandi basah identik dengan genangan air baik di bak mandi utama atau bak mandi pelengkap. Kondisinya yang lembab menyebabkan air dapat merembes, bahkan cenderung tidak aman karena rentan membuat orang terpeleset. Memahami kondisi ini, sangat tepat untuk menggunakan lantai keramik bertekstur kasar, atau keramik matte agar tidak rentan terpeleset.

Keramik dengan motif-motif timbul akan cocok digunakan. Selain itu motif kotak-kotak, motif bunga, motif kayu yang muncul juga dapat dijadikan pilihan menarik.

​Ukuran & Jenis Lantai Keramik

Bentuk, ukuran dan corak lantai kamar mandi dibuat dalam berbagai macam ukuran dan motif. Umumnya berukuran 20x20 cm atau 25x25 cm atau 20x30 cm. Permukaannya cenderung kasar agar tidak licin. Sedangkan untuk dinding kamar mandi biasanya permukaannya halus. Ukurannya 20x25 cm atau 25x40 cm. Akan nampak indah bila pengaplikasiannya dibuat senada antara lantai dengan dinding.

Sementara itu dari segi kualitas, keramik dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis yakni KW 1, KW2 dan KW 3. Harga pun berbeda-beda. Sekilas ketiganya nyaris tiada beda baik warna, ukuran dan juga motif. Namun bila dilihat lebih detail perbedaan nampak pada kemasan dan ukurannya. Keramik KW1 kemasan lebih rapi dan ukuran lebih akurat hingga ke milimeternya. Keramik KW2 dan KW3 kemasan kurang rapi dan ukuran kurang persisi sehingga dalam pemasangan harus jeli agar nat keramik terlihat lurus.

Ada beberapa macam merk keramik terkenal yang beredar dipasaran antara lain: Platinum, Milan, Granito, Roman, Hercules, Arwana dan beberapa merk lainnya dengan harga bervariatif.

Bila Anda masih bingung terkait ukuran, model yang akan digunakan. Mintalah saran kepada sang ahli atau teman yang pernah membeli dan memasang keramik.

​Tips memilih keramik

Direktur Eksekutif Fasilitas dan Desain Ruang Pamer Walker Zanger, Kim Bernard, memberikan tips jitu dalam memilih keramik kamar mandi sebagai berikut:

1.     Pilihlah ubin keramik, porselen, atau batu yang tepat. Alasannya sederhana, ubin-ubin jenis itu tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk. Beberapa tipe ubin yang terbuat dari batu alam, seperti marmer dan batu kapur cocok digunakan sebagai penutup dinding bagian pancuran di kamar mandi. Hanya, Anda perlu meyakinkan bahwa batu-batu tersebut sudah diberi lapisan yang membuatnya anti rembes.

2.     Kedua, pastikan material ubin tidak licin. Ini sangat berhubungan dengan keamanan dan kenyamanan penguna kamar mandi. Dalam keadaan basah, keramik yang sangat berbahan glossy biasanya licin. Anda disarankan mencari keramik yang tidak terlalu mengilat.

Bernard juga mengingatkan bahwa meski ubin batu bisa digunakan sebagai penutup lantai kamar mandi, namun beberapa jenis batu tidak kuat jika harus digunakan di kamar mandi uap. Anda mesti menghindari penggunaan batu kapur (limestone) berwarna gelap di daerah kamar mandi basah. Sementara itu dalam memilih corak dan warna, Bernard mengajurkan warna putih sebagai warna paling netral.

Selain bahan batu alam, ubin kaca dapat menjadi alternatif lainnya dan amat diminati karena ketersediaannya dalam banyak warna dan ukuran. Ubin jenis ini memberi “kedalaman” dan kilau dalam kamar mandi.

Revousi teknologi dunia ubin porselen memungkinkkan Anda memperoleh representasi corak apapun. Mulai dari batu hingga kayu. Sebenarnya corak apapun bisa diaplikasikan dalam kamar mandi semisal corak kayu. Tidak perlu menggunakan bahan dasar kayu, hanya mengambil keramik dengan corak tersebut. Anda juga bisa pertimbangkan penggunaan ubin mozaik untuk daerah pancuran yang miring di kamar mandi. Ubin mozaik lebih mudah digunakan pada dataran tidak rata di kamar mandi.

Jika kamar mandi anda berdimensi sempit, tips berikut ini akan sangat bermanfaat.

Berikut adalah beberapa contoh keserasian antara tema dan warna yang dilansir dari sebuah site bangunan:

 Kamar Mandi by emc|partners
emc|partners

Mieszkanie w kamienicy

emc|partners

-        Hunian bergaya etnik dapat menggunakan elemen kayu yang terekspos, seperti warna keramik abu-abu, paduan putih dan krem/kuning, coklat dan terakota. 

-        Hunian bergaya modern atau minimalis akan sesuai dengan keramik warna lembut dan tidak ramai, seperti warna putih atau warna semen.

-        Hunian bergaya natural cocok dengan keramik bermotif batu alam atau bambu, sehingga mendukung suasana alami yang hendak dipamerkan.

-        Hunian bergaya klasik pas dengan keramik seperti marmer atau granit. Jika ingin memiliki suasana anggun dan elegan, sebaiknya pilih corak seperti itu atau motif baroque. 

-        Hunian bergaya mediterania serasi dengan keramik warna krem, coklat tanah, atau yang memiliki gradasi kedua warna tersebut. 

-        Hunian bergaya country ideal menggunakan keramik corak floral atau geometri. Disamping kombinasi warna hal lain yang penting untuk turut diperhatikan adalah kualitas, corak dan material yang memudahkan Anda untuk melakukan perawatan.

Berikut beberapa pertimbangan dalam memilih keramik lantai kamar mandi:

 Kamar Mandi by Equipe Ceramicas
Equipe Ceramicas

​Evolution Inmetro Dark Grey / Evolution Gris Oscuro 7,5x15

Equipe Ceramicas

1.     Sesuaikan dengan bujet

Akan ada banyak pilihan model dan jenis keramik di pasaran. Anda bisa membeli keramik mahal atau keramik murah berkualitas. Yang  terpenting adalah menyesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki.

2.     Menyesuaikan jenis & Ukuran

Keramik memiliki 4 jenis lapisan yang paling umum yakni satin, glossy (mengkilat), memiliki tekstur dan juga matte, keempat jenis keramik ini mempunyai tekstur yang licin dan juga tidak licin. Untuk area kamar mandi basah, sebaiknya pilih keramik yang teksturnya tidak licin sehingga aman saat diinjak, khususnya jika kamar mandi tersebut lebih sering digunakan oleh anak-anak atau manula. Selain itu, tekstur keramik yang tidak licin akan lebih mempermudah anda untuk membersihkan lumut serta jamur yang sering hinggap pada area basah tersebut.

Sedangkan untuk keramik glossy disarankan untuk dipasang pada dinding kamar mandi. Ini akan memudahkan Anda membersihkannya dari sisa sabun atau jamur dan lumut yang menempel.

Untuk ukuran keramik selaraskan dengan ukuran kamar mandi yang dimiliki agar keramik bisa digunakan dengan maksimal. Karena itu ukurlah kamar mandi dengan seksama. Perhatikan juga aliran listrik sebab ini akan menjadi penentu tingkat kemiringan lantai ke arah pembuangan. Unsur lainnya yang juga peril dicermati adalah sinkronisasi antara layout dan besar ruangan. Kamar mandi kecil, keramik ukuran besar akan memberi kesan luas begitu juga dengan ukuran keramik yang dibuat memanjang secara horizontal.

3.     Selaraskan dengan Tema

Pastikan untuk memilih corak dan warna keramik yang senada dengan tema kamar mandi. Seleksilah warna keramik dengan cermat. Bila ruangan kurang mendapat sinar matahari keramik dengan corak warna terang bisa menjadi alternatif, dan begitu sebaliknya.

Desain keramik baik untuk lantai maupun dinding kamar mandi turut memengaruhi hasil akhir yang senada dengan tema rumah. Keramik dekoratif seperti listello, dot corner atau panel, boleh disisipkan guna memberikan nuansa kamar mandi yang lebih cantik.

4.     Garansi

Meski terkesan sepele, tanyalah kepada kepada toko material apakah produk yang dibeli memiliki garansi atau tidak. Ini akan memudahkan pengembalian atau penukaran bila barang cacat atau rusak saat dibuka. Begitu juga dengan stok motif, pastikan Anda mengukur kebutuhan kamar mandi dengan baik dan memastikan keberadaan stok keramik jika terdapat kecelakaan, misal keramik pecah saat proses pemasangan.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!