Garasi by J-STYLE GARAGE Co.,Ltd.

Cara Mendesain Garasi

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Salah satu elemen penting dalam sebuah desain rumah adalah garasi. Fungsi garasi tak hanya sebagai tempat menyimpan kendaraan agar aman terlindung dari sengatan sinar matahari dan hujan dan atau tangan-tangan jahat bila ditaruh diluar rumah, namun secara estetika mampu mendukung tampilan rumah agar nampak menarik dan indah. Karena itu desainnya perlu diperhatikan.

Setiap rumah memiliki style dan gaya masing-masing sehingga penting untuk mendesain garasi sesuai dengan tampilan rumah. Semisal rumah dengan gaya minimalis, buatlah garasi dengan trend senada hingga menjadi satu kesatuan utuh dan sedap dipandang mata.

Pertimbangkan hal berikut

Beberapa hal berikut dapat menjadi perhatian sekaligus panduan saat hendak merancang dan mendesain garasi, yakni:

1.     Luas

Ini harus menjadi pertimbangan utama karena melibatkan skala prioritas saat hendak membangun dan atau mendesain garasi. Sangat tidak disarankan untuk memiliki garasi bila luas tanah rumah anda kurang dari 90m2. Kecuali garasi menjadi prioritas utama mengalahkan rumah. Semisal luas tanah Anda 70 m2 kemudian Anda memaksakan diri membangun garasi, maka bersiap-siaplah mengorbankan luas ruangan lain yang memiliki fungsi lebih baku seperti ruang tamu atau ruang keluarga.

2.     Ukuran

Pertimbangkanlah ukuran yang tepat saat pertama kali hendak mendesainnya. Sesuaikan luas garasi dengan kebutuhan. Biasanya ini tergantung dari ukuran kendaraan yang dimiliki. Semisal mobil yang dimiliki jenis city car seperti,Jazz, Yaris, Karimun, Picanto dan mobil sejenis lainnya maka garasi dengan luas 2.4m x 4.8m akan cukup memadai. Anda masih bisa menambahkan lemari atau perabot lain di samping atau di depan.

Sebaliknya bila kendaraan berukuran besar dan lebih dari satu, Anda memerlukan garasi dengan ukuran lebih besar minimal 3m x 6m, dan atau lebih, dengan tinggi minimal 2.8m. Ukuran besar dibutuhkan untuk menampung jumlah kendaraan juga membantu manuver mobil saat keluar masuk garasi. Ukuran ini tentulah sangat fleksible karena Anda mungkin akan memarkir kendaraan lain semisal motor atau sepeda diantara mobil dan tembok.

Atau bahkan Anda tak hanya ingin menjadikan garasi sebagai tempat kendaraan semata namun juga tempat menyimpang barang-barang yang jarang digunakan atau barang-barang yang sering dipakai. Ini akan memudahkan Anda menggapainya. Cukup menambahkan area di samping atau di bagian depan garasi.

3.     Warna

Bukan hanya style yang senada dengan rumah, demikian juga warna cat garasi. Akan terlihat lebih serasi bila warna sejenis. Aplikasikanlah warna-warna netral/cerah semisal putih atau krem yang akan membuat ruang garasi tampak terang dan tidak sumpek meski seringkali penuh dengan tumpukan barang-barang pelengkap kendaraan.

4.     Ventilasi

Ventilasi berguna membuang keluar debu dan partikel lain yang bergerak naik dari mobil disamping melancarkan sirkulasi udara. Karena itu pastikan sirkulasi berjalan baik karena unsur ini kerap kali terabaikan. Buatlah pintu garasi dengan kisi-kisi udara tepat di moncong knalpot mobil agar gas buangan knalpot langsung terbuang keluar. Tambahkan juga ventilasi udara di sisi kanan atau kiri atas pintu masuk untuk memudahkan sirkulasi.

5.     Lantai

Sebagai tempat menyimpan kendaraan, Anda perlu mempertimbangkan jenis lantai yang sesuai untuk garasi. Kendaraan yang diletakkan rentan mengeluarkan tumpahan minyak, ceceran oli, tetesan air AC, dll yang cepat mengotori lantai. Pilihlah lantai yang memiliki pori-pori kecil seperti keramik atau granit agar tidak mudah menyerap kotoran dan mudah dibersihkan. Pilihlah jenis keramik yang tidak licin dan berwarna tidak terlalu cerah agar nampak tidak kotor.

6.     Keamanan

Umumnya ini terkait jenis pintu yang tepat untuk dipilih. Jenis pintu yang pas tidak hanya memberi efek langsung terhadap tampilan garasi, namun juga memenuhi efek kebutuhan dan keamanan.

​Model Desain Garasi Samping

Rumah Minimalis :   by Dunia Arsitek
Dunia Arsitek

Rumah Minimalis

Dunia Arsitek

Salah satu model garasi yang sering digunakan dan menjadi pilihan masyarakat Indonesia pada umumnya adalah model garasi samping yakni letak garasi disamping rumah. Keunggulan model desain garasi ini adalah letaknya yang disebelah tidak akan memakan terlalu banyak tempat, apalagi bila rumah Anda tipe minimalis. Garasi samping tidak akan menganggu bagian depan ataupun bagian pintu masuk rumah. Memang penting adanya mengintegrasikan desain rumah dan garasi, beberapa contoh berikut dapat menjadi inspirasi anda.

Saat hendak mendesain garasi samping ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar model desain tepat, efektif dan tidak menganggu bagian dalam rumah, yakni:

-        Ketinggian lantai

Sebagai tempat menyimpan kendaraan, garasi juga sekaligus menjadi tempat untuk membersihkannya. Oleh sebab itu perhatikan ketinggian lantai garasi mobil samping rumah Anda. Buatlah desain yang cocok dan memudahkan kala membersihkan mobil atau motor air dapat mengalir dengan lebih mudah ke pembuangan.

-        Keran Air

Pasang keran air di area yang mudah dijangkau tapi juga tidak menghalangi lalu lalang Anda saat beraktivitas atau memarkir kendaraan. Pastikan aliran air terbuang ke tempat pembuangan semestinya. Sehingga garasi tidak menjadi becek dan kotor saat sedang mencuci kendaraan.

-        Atap Garasi

Pemilihan atap garasi menjadi pertimbangan penting untuk melindungi bodi mobil, atau motor dari sengatan sinar matahari dan guyuran hujan. Perhatikan ketinggian, panjang dan lebar mobil saat mendesain garasi. Untuk mobil jenis hatchback bentuklah desain garasi mobil yang cocok untuk MPV.

-        Pintu Garasi

Pemilihan pintu garasi akan mempengaruhi tampilan garasi samping rumah Anda. Ada beberapa jenis pintu diantaranya rolling door, sliding door, folding door, sampai pintu elektrik dengan remote control. Pemilihan pintu dan kepraktisan pintu akan mempengaruhi mudah atau tidaknya Anda mengeluarkan atau memasukkan mobil. Untuk menghemat ruangan, Anda dapat memilih pintu geser sebagai model pintu yang tepat.

Model garasi Samping lain

Garasi bawah Tanah

 Rumah by ArqCubo
ArqCubo

garage

ArqCubo

​Menata Garasi

Disamping berfungsi sebagai tempat menyimpan kendaraan, garasi juga sering digunakan sebagai ruang penyimpanan misalnya peralatan bengkel, peralatan kebun, tong sampah, bahkan alas kaki dan masih banyak lagi. Wajar saja bila akhirnya ruangan ini menjadi ruang multifungsi yang penuh sesak dengan bermacam peralatan.

Akibatnya seringkali kita mengalami kesulitan mencari peralatan yang dibutuhkan. Barang-barang berserakan dimana-mana. Kita bahkan mungkin mengalami kecelakaan kecil degan tersandung atau terluka karena tidak sengaja menginjak benda-benda tajam di ruangan ini.

Mengantisipasi hal tersebut, beberapa solusi berikut dapat dicoba untuk mengantisipasi garasi mobil tidak penuh sesak dan tertata rapi, diantaranya:

Built in cabinet

Buatlah lemari sepanjang dinding ke dinding dan lantai hingga plafon. Tujuannya untuk menyimpan semua peralatan dengan rapi dan aman dari jangkauan anak-anak. Lemari akan membuat barang-barang lebih terorganisir. Anda tinggal mengelompokannya berdasarkan jenis dan atau frekuensi pemakaiannya. Tentunya akan membutuhkan anggaran lebih besar, namun layak dipertimbangkan apalagi mengingat fungsinya yang akan bertahan lama.

Bangku Panjang

Bangku ekstra panjang yang diletakkan disebelah pintu garasi dapat menjadi solusi penyimpanan yang tepat. Kait, laci dan kursi yang nyaman dapat menjadi media penyimpanan cerdas di dalam garasi. Kursi dapat digunakan untuk duduk-duduk santai atau meletakkan barang bawaan Anda sambil menunggu mobil dipanaskan atau dibersihkan. Di lain sisi kunci kendaraan dapat dikaitkan pada pengait dan peralatan bengkel lainnya atau apapun dapat disimpan di laci bawah kursi.

Yang penting untuk diperhatikan adalah panjang kursi disesuaikan dengan luas garasi agar nampak tidak menyita tempat atau bahkan menjadikannya semakin sesak.

Serambi atas

Langit garasi yang tinggi dapat dimanfaatkan sebagai ruang tambahan di garasi kecil. Ruang tersebut dimanfaatkan sebagai area penyimpanan barang-barang Anda. Dengan cara ini garasi mobil tak hanya tampak rapi, tapi juga terlihat artistik. Jangan lupa untuk menyediakan tangga kayu sebagai penghubung antar ruang. Untuk membuat ini mungkin Anda membutuhkan sedikit ekstra dana.

Overhead storage

Berkebalikan dari serambi atas, jika Anda belum siap untuk menginvestasikan waktu dan dana untuk membangunnya di garasi Anda, maka overhead storage dapat menjadi alternative ide lainnya. Caranya cukup dengan menempatkan rak tepat diatas pintu garasi. Kemudian taruhlan barang-barang yang kurang tertata dalam rak untuk menghindari kesan berantakan.

Mungkin lokasinya akan sulit dijangkau, karenanya gunakan rak hanya untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan.

Penataan garasi layaknya showroom pribadi

Garasi yang bersih dan indah bukan hanya sedap dipandang tapi akan membuat seluruh rumah tertata rapi. Mulailah mendisiplinkan diri untuk menjadikannya rapi. Buang atau jual peralatan yang tidak lagi terpakai seperti ban bekas, kaleng oli, part bekas yang tidak terpakai atau barang rumah seperti kursi rusak, buku-buku, alas kaki dan sebagainya. Atau setidaknya anda memindahkannya ke ruangan lain dan tidak menumpuknya semua di garasi layaknya sebuah gudang.

Membuat rak atau cantolan akan turut memudahkan untuk menemukan dan mengambil barang yang dibutuhkan. Dengan begitu Anda tak akan kesulitan mencari barang-barang yang dibutuhkan karena sudah diatur dengan baik dalam penyimpanan yang tepat.

Terakhir adalah rutinlah membersihkan garasi Anda sambil mengecek peratalatan yang disimpan dan yang sudah tidak lagi terpakai untuk menghindari dari risiko kecelakaan dan penumpukan. Selalu konsultasi langsung dengan tenaga profesional jika anda belum yakin. Selamat mendesain!

Baca juga :

10 Kesalahan Saat Membangun Garasi

10 Gerbang Spektakuler Untuk Pintu Garasi Anda

Garasi seperti apa yang Anda inginkan? Tulis komentar Anda.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!