by dimarziodesign

Mengapa Memakai Jasa Arsitek itu Penting?

Henti Kresdiana Henti Kresdiana

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Ketika Anda hendak membangun rumah idaman untuk keluarga, tentu ada banyak hal yang menjadi pertimbangan Anda. Bagaimana mendesain rumah, menyiapkan bujet, struktur bangunan,  siapa yang mengawasi, kapan rumah selesai dll… Problem-problem tersebut seringkali muncul saat membangun rumah  dan membutuhkan jawaban serta solusi.

Jika Anda punya cukup waktu dan energi untuk menjawab sendiri pertanyaan itu tentu bukan menjadi masalah. Namun bagi Anda yang tidak punya, menggunakan jasa Arsitek adalah solusi nya. Mengapa memakai jasa arsitek itu penting.

Berikut  alasan-alasan mengapa memakai jasa Arsitek adalah penting.

Ahli di Bidangnya

Seorang arsitek sesuai dengan namanya, mereka adalah orang yang ahli di bidang merancang bangunan. Bisa dibayangkan bahwa mengerjakan desain rumah, memilih bahan sampai menentukan anggaran adalah makanan sehari-hari sang arsitek.  

Anda bisa bayangkan seorang arsitek untuk bisa menjalani profesi arsitek harus lulus ujian sertifikasi yang terdiri dari 13 poin kompetensi yang terdiri dari:

1. Perancangan Arsitektur

Mempunyai kemampuan membuat rancangan arsitektur mempunyai indah dan sekaligus memenuhi persyaratan teknis, dan juga bertujuan melestarikan lingkungan.

2. Pengetahuan Arsitektur

Mempunyai pengetahuan yang cukup tentang sejarah dan teori arsitektur yang terdiri dari seni, teknologi dan ilmu-ilmu pengetahuan manusia.

3. Pengetahuan Seni

Mempunyai pengetahuan tentang seni rupa dan pengaruhnya terhadap kualitas rancangan arsitektur.

4. Perencanaan dan Perancangan Kota

Mempunyai pengetahuan yang memadai tentang perancanaan tata kota serta terampil dan mengetahui prosesnya.

5. Hubungan antara Manusia, Bangunan dan Lingkungan

Memahami hubungan antara manusia dan bangunan gedung serta lingkungannya. Selain itu  juga memahami pentingnya mengaitkan ruang-ruang yang terbentuk di antara manusia, bangunan gedung dan lingkungannya tersebut untuk kebutuhan manusia.

6. Pengetahuan Daya Dukung Lingkungan

Menguasai pengetahuan yang memadai tentang cara menghasilkan perancangan yang sesuai daya dukung lingkungan .

7. Peran Arsitek di Masyarakat

Memahami tentang keprofesian dalam bidang Arsitektur dan perannya di masyarakat.

8. Persiapan Pekerjaan Perancangan

Memahami metode penelusuran dan penyiapan program rancangan bagi sebuah proyek perancangan.

9. Pengertian Masalah Antar-Disiplin

Memahami permasalahan struktur, konstruksi dan rekayasa yang berkaitan dengan perancangan bangunan gedung.

10. Pengetahuan Fisik dan Fisika Bangunan

Menguasai pengetahuan tentang ilmu fisika, teknologi dan fungsi bangunan agar dapat memahami kondisi internal serta memberi kenyamanan serta perlindungan terhadap iklim di sekitar gedung.

11. Penerapan Batasan Anggaran dan Peraturan Bangunan

Menguasai keterampilan yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan dalam hal pembangunan gedung dalam rentang biaya dan peraturan yang berlaku.

 pihak pengguna bangunan gedung dalam rentang-kendala biaya pembangunan dan peraturan bangunan.

12. Pengetahuan Industri Kontruksi dalam Perencanaan

Menguasai pengetahuan yang memadai tentang industri, organisasi, peraturan dan tata-cara yang berkaitan dengan proses penerjemahan konsep perancangan menjadi bangunan gedung serta proses mempadukan penataan denah-denahnya menjadi sebuah perencanaan yang menyeluruh.

13. Pengetahuan Manajemen Proyek

Menguasai pengetahuan yang memadai mengenai pendanaan proyek, manajemen proyek dan pengendalian biaya pembangunan.

Sehingga tidak diragukan lagi, seorang arsitek memang mempunyai banyak ilmu tentang bagaimana membuat sebuah bangunan yang memperhatikan estetika, seni, tata kota, peraturan dan lingkungan.

Berdiskusi dengan Anda

Private Residence @ Karawaci:  Dapur by Kamala Interior
Kamala Interior

Private Residence @ Karawaci

Kamala Interior

Sebagai seseorang yang hendak membangun atau merenovasi rumah, tentu Anda mempunyai banyak keinginan dan tentu saja keterbatasan. Seorang arsitek yang baik, sebelum membuat desain mereka  akan mengajak Anda berdiskusi tentang proyek rumah atau ruang seperti apa yang Anda inginkan.  Saat inilah Anda mengeluarkan segala ide, keinginan tentang fasad, ruang tamu, kamar tidur, dapur, gudang, garasi, apapun termasuk bujet yang Anda sediakan untuk proyek pembangunan rumah Anda. 

Berdiskusi sangat penting karena seorang arsitek yang baik akan memberikan gambaran realistis bagaimana mempertemukan antara keinginan Anda, kondisi riil di lapangan dengan anggaran yang Anda punya. Sehingga saat yang sangat awal ini Anda harus terbuka, jujur dan realistis dalam banyak hal.  Bersikap terbuka pada ide-ide arsitek akan membantu proyek Anda berjalan lancar.

Arsitek akan mewujudkan hunian impian Anda

Mr.Dino's House in Renon - Bali:  Rumah by ANJARSITEK
ANJARSITEK

Mr.Dino's House in Renon – Bali

ANJARSITEK

Setelah mendengarkan curhat Anda serta berdiskusi tentang rumah atau ruang seperti apa yang Anda inginkan, arsitek akan membuatkan desain untuk Anda.  Dengan keahlian dalam merancang bangunan, arsitek akan mempertimbangkan aspek estetika, budaya dan sosial dalam desain mereka. Mereka juga akan merencanakan bangunan serta mengkoordinasikan kostruksi bangunan. 

Hal ini bisa mereka lakukan karena seorang arsitek memegang lisensi pendidikan dan pengalaman khusus serta lulus Ujian Standar Kompetensi Arsitektur (SKA), yang artinya seorang arsitek bukan orang sembarangan yang hanya bisa mendesain sebuah rumah atau ruang. Mereka memperhatikan banyak hal dalam mendesain, termasuk diantara dalam hal estetika, persyaratan teknis dan bertujuan melestarikan lingkungan.

Rumah impian Anda sebelum dibangun akan ditunjukkan dengan denah rumah, desain interior, penampakan fasad dari atas, samping dan 3D. Perkembangan teknologi membuat desain yang diberikan oleh seorang arsitek sangat mendekati kondisi riil rumah yang akan dibangun. Sehingga relatif mengurangi salah persepsi tentang keinginan Anda dan desain arsitek.

Memilih Material

Setra Residence:   by Juxta Interior
Juxta Interior

Setra Residence

Juxta Interior

Memilih material dan memadukan material ternyata bagi sebagian besar orang merupakan masalah besar. Banyaknya material yang ada di pasar serta desain yang kreatif membuat orang tericu untuk lebih kreatif memadu padankan material dalam bangunan rumah. Setiap bahan/material yang ada di pasaran dibuat berdasarkan kebutuhan pasar baik secara fungsi estetika maupun fungsi teknikal atau bangunan. 

Contoh sederhana adalah batu atau semen, pada awalnya batu dan semen adalah bahan dasar bangunan yang berfungsi untuk memperkuat bangunan, namun saat ini dengan berkembangnya desain rumah, penggunaan batu dan semen menjadi berkembang pula. Pada awalnya semen dan batu ditutup dengan cat yang menarik namun saat ini dengan konsep industrial, warna alami semen menjadi daya tarik tersendiri ketika ditata sedemikian rupa, gaya industri ini sering menjadi rujukan untuk rumah hemat karena tidak memerlukan material finishing yang banyak yaitu cat dan keramik.

Sedangkan batu alam, menjadi daya tarik tersendiri dalam rumah dengan konsep alam, begitu halnya dengan material kayu yang tidak kalah menarik dan populer. Namun desain rumah dengan memanfaatkan material2 tersebut tidak akan mempunyai nilai lebih dan daya tarik yang luar biasa jika tidak ditata dengan baik. Penataan ini yang memrlukan kreatifitas dan pengetahuan seorang arsitek.

Mengawasi Pembangunan Rumah Sampai Selesai

Tampak bagian depan:  Dinding by Kahuripan Architect
Kahuripan Architect

Tampak bagian depan

Kahuripan Architect

Perencanaan dan desain rumah yang baik tidak akan optimal jika tidak dilakukan kontrol yang baik saat pengerjaan rumah. Idealnya, seorang arsitek akan memantau setiap perkembangan sebuah pembangunan/renovasi rumah. Mereka akan bekerjasama dengan seluruh tim konstruksi untuk membuat rumah sesuai dengan desain yang telah Anda setujui gambarnya. 

Arsitek mempunyai peran penting dalam seluruh aspek proyek pembangunan rumah mulai dari desain, pengawasan konstruksi dan setiap prosedur penyelesaian proyek. Anda sebagai pemilik rumah dengan mudah bisa memantau setiap perkembangan pembangunan rumah. Arsitek akan memberikan dokumentasi setiap perkembangan pembangunan rumah sesuai dengan timeline yang disepakati. Arsitek juga akan memberikan gambaran tentang kendala yang terjadi di lapangan.

Dengan memakai jasa arsitek kita sangat di mudahkan dalam mengontrol perkembangan dalam pengerjaan rumah.

Menyusun Anggaran Biaya

American Classic home:  Ruang Keluarga by Kamala Interior
Kamala Interior

American Classic home

Kamala Interior

Seringkali kita mendengar orang mengeluh mengalami over bujet saat membangun ataupun merenovasi rumah. Pernahkah Anda menanyakan kepada mereka, apakah mereka mamakai jasa arsitek? 

Seorang arsitek, setelah membuat desain rumah, mereka akan menghitung perkiraan biaya yang akan dihabiskan untuk membuat rumah yang direncanakan. Mereka akan meng update harga material yang digunakan serta menghitung jasa yang dipakai dan memperkirakan kapan proyek akan selesai.

Dengan pengalaman mereka, kita akan terhindar dari over bujet, kecuali jika kita memang melakukan pengembangan proyek diluar dari perencanaan. 

Tata letak ruang lebih efisien

Rumah Tinggal Bpk. Arif:  Dapur by samma design
samma design

Rumah Tinggal Bpk. Arif

samma design

Dengan mempertimbangkan segala aspek yang arsitek ketahui? Secara keseluruhan, arsitek akan memikirkan dengan matang berapa luas tiap ruangnya, di mana letak jendelanya, berapa tinggi pintunya, bagaimana hubungan antar-ruang dan hal-hal detil lainnya. Beberapa arsitek bahkan juga memikirkan soal fengshui tiap ruangan agar bisa membawa hoki bagi pemiliknya.

Tata letak ini sangat bermanfaat terutama bagi kita yang tidak memiliki area yang sempit untuk membangun rumah. Arsitek akan memberikan alternatif-alternatif area tempat penyimpanan sehingga ruang menjadi tampak lega.

Berapa fee Arsitek?

Medina Dental Clinic 1 :  Klinik by samma design
samma design

Medina Dental Clinic 1

samma design

Terakhir namun tidak kalah penting adalah tentang fee arsitek. Untuk jasa desain saja biasanya seorang arsitek mematok harga per meter dari ukuran sebuah rumah. Harga desain sangat beragam mulai dari Rp.30.000 tergantung dari jasa desain yang diberikan dan tingkat pengalaman arsitek.

Sedangkan jasa desain dan membangun biasanya dihitung berdasarkan prosentaase dari harga nilai fisik bangunan yang tercantum di RAB. Tarif jasa arsitek berada pada kisaran 3% s/d 7% dari RAB. Namun banyak juga yang menawarkan harga mulai Rp.100.000,- per meter persegi. Hal tersebut kembali lagi kepada fitur jasa yang diberikan dan tingkat pengalaman arsitek. 

Jika anda masih ragu mengenai bujet dan desain rumah yang diinginkan, anda dapat mencoba menyimak artikel berikut ini untuk melihat lebih rinci cara menghitung biaya membangun rumah.

Apakah Anda masih menganggap belum memerlukan jasa arsitek dalam proses pembangunan rumah Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!