Taman by Camila Tiveron Arquitetura

Kumpulan Ide Taman Cantik untuk Memperindah Rumah Anda

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Arstitektur bangunan tak selalu menjadi satu-satunya faktor yang membuat rumah tampak cantik dan indah. Untuk mewujudkan rumah yang cantik, Anda butuh unsur penunjang lainnya, seperti taman. Keberadaan taman membantu menghadirkan kesan asri, sekaligus mengurangi kegersangan serta kesan kaku di rumah.

Nah, lewat Buku Ide kali ini, Homify akan menunjukkan beberapa taman yang didekorasi dengan apik untuk menginspirasi Anda mewujudkan area hijau nan cantik di rumah. Yuk, simak!

​1. Taman Depan yang Luas

Rumah bergaya modern ini memiliki halaman depan yang cukup luas. Sebagiannya digunakan sebagai area masuk dan lahan parkir, dan sebagian lainnya difungsikan sebagai taman. 

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, taman depan ini begitu colorful dan terlihat ceria. Rumput Jepang, pohon, tanaman, dan bunga aneka warna berbaris apik di sana.

​2. Taman Kering A La Gurun Pasir

Tak punya banyak waktu untuk mengurus dan menyirami tanaman di kebun tapi ingin tetap mempercantik rumah dengan tanaman? Taman kering a la gurun pasir berikut bisa dicoba. Pilih jenis tanaman berdaun ramping yang tidak membutuhkan air terlalu banyak seperti kaktus. Untuk tempatnya, Anda dapat memilih area pintu masuk rumah.

​3. Taman Sederhana dengan Aneka Tumbuhan

Taman ini terbilang tidak terlalu rapi, namun cenderung terlihat alami. Arsitek kami memilih tanaman dengan aneka bentuk dan aneka tone hijau untuk mengisi taman ini. Lempengan beton disusun menjadi jalan setapak untuk tiap orang yang ingin bersantai menikmati asrinya taman.

4. Taman Kaktus

Tak peduli besar atau kecil ukuran rumah Anda, taman kaktus ini layak jadi referensi. Bila halaman rumah terasa terlalu sempit, Anda dapat mewujudkannya di dalam rumah. Dengan hiasan kerikil merah bata seperti itu, taman kaktus tentu membuat interior rumah jadi tampak lebih unik.

5. Taman Bergaya Mediterania

Tak hanya tampak cantik, rumah dua tingkat bergaya modern ini juga terlihat asri. Sebab, sebagian lahannya difungsikan sebagai taman. Supaya tampak selaras dengan desain rumah yang bergaya modern, arsitek kami memilih mendesain taman dengan gaya mediteranian.

​6. Taman yang Menghubungkan Antarbangunan di Rumah

Taman di rumah ini menjadi penghubung antara bangunan yang satu dan yang lain di rumah. Di atas rumput hijaunya yang segar, arsitek kami menyusun bebatuan secara berurutan sebagai jalan setapak di taman ini. Aneka pohon berukuran sedang menjadi pagar alami yang membuat taman makin asri.

​7. Taman Vertikal

 Taman by Vivero Sofia
Vivero Sofia

Jardín con piedra

Vivero Sofia

Anda juga dapat membuat area hijau di rumah dengan menanam tanaman rambat di dinding. Hiasi sekitarnya dengan batu berukuran sedang agar taman vertikal Anda semakin cantik.

​8. Taman dengan Nuansa Modern

 Taman by InGarden
InGarden

Residencial La Herradura

InGarden

Taman yang Anda lihat ini dirancang oleh INGARDEN, profesional kami di bidang arsitektur lanskap. Di samping menanami taman dengan rumput Jepang, INGARDEN juga menata taman ini agar terlihat lebih dimensional. Supaya terlihat lebih serasi dengan bangunan rumah, kebun ini diberi taburan kerikil bernuansa putih yang senada dengan warna dinding rumah.

9. Taman di Dekat Area Parkir

Meski arsitekturnya sudah terlihat bagus, rumah akan tetap kurang maksimal bila tidak memiliki area hijau sama sekali. Arsitek kami paham betul akan hal ini. Itu sebabnya, mereka merancang sebuah taman depan dengan bentuk memanjang untuk mengimbangi rumah yang menjorok ke dalam.

​10. Taman yang Penuh Warna

 Taman by homify

Gaya yang satu ini juga layak Anda coba. Padukan aneka tanaman dan bunga-bungaan warna-warni untuk mempercantik taman Anda, selanjutnya, rasakan sensasi kedekatan dengan alam yang lebih dalam!

11. Taman di Sisi Dinding

Bahkan, space yang sangat terbatas pun bukan halangan bagi Anda untuk berkebun dan memiliki taman yang cantik. Contohnya, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. Manfaatkan sisi dinding dekat jendela kamar Anda untuk menanam bunga dan beberapa tanaman untuk mempercantik hunian. Mudah, bukan?

​12. Rumah dengan Taman yang Apik

 Rumah by Art&Contexto Arquitetura
Art&Contexto Arquitetura

Fachada Frontal – Vila Branca I

Art&Contexto Arquitetura

Pohon berukuran cukup tinggi yang ditanam di area depan seolah menjadi gerbang masuk menuju rumah besar ini. Inilah highlight utama dari taman di rumah ini. Lampu sorot di bawah membuat taman tetap terlihat jelas bahkan di kegelapan malam sekalipun. Hal ini membuat atmosfer rumah terasa menyenangkan, bahkan saat malam hari.

​13. Kebun Cantik di Sudut

 Taman by Vivero Sofia
Vivero Sofia

Jardín irregular con palmeras y topiarios

Vivero Sofia

Kebun yang indah membuat rumah dan bangunan kian menarik. Semakin variatif tanaman yang Anda tanam, semakin menarik pula tampilan kebun Anda.

14. Taman Depan

Rumah bergaya modern dua lantai ini memiliki kebun yang cukup eye-catching. Pohon palem dan semak kecil di sana membuat area depan rumah lebih asri, tidak gersang, dan tidak kaku.

​15. Perluas Area Tanam Pohon

Meski tak ada lahan khusus untuk berkebun, Anda dapat menciptakannya sendiri, bahkan di dalam rumah. Contohnya, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas.

16. Tanam Pohon di Area Dekat Dinding

 Taman by 3HOUS

Tak melulu menanam pohon di tengah kebun, Anda juga dapat mencoba melakukannya di area dekat dinding rumah, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. Supaya lebih menarik, buatlah pinggiran taman bergelombang menyerupai ombak, kemudian hiasi dengan taburan kerikil putih. Selanjutnya, tanami dengan berbagai spesies memang menarik.

​17. Kebun Kecil yang Menyegarkan

Bahkan desain 3D rumah ini terlihat lebih cantik dan unik berkat keberadaan sedikit area hijau di depannya.

18. Taman Kecil yang Menarik

 Rumah by Estudio Ideas
Estudio Ideas

Exterior Jardinera

Estudio Ideas

Taman ini hanya membutuhkan area yang kecil. Di dalam rumah pun Anda bisa mewujudkannya. Cukup gali lubang yang dalam, seperti hendak membuat kolam, kemudian mulailah menanam beberapa pohon. Dengan galian yang cukup dalam, Anda tak perlu khawatir banjir saat menyirami tanaman Anda.

19. Taman Kecil yang Tampak Penuh

Satu lagi taman kecil di area pintu masuk yang bisa menjadi referensi. Pinggiran taman dibuat bergelombang dan ditaburi kerikil putih. Tanaman berdaun tajam dengan tone warna hijau yang beragam dipilih untuk ditanam di area ini. Sebuah kolam kecil membuat taman ini tampak lebih sempurna.

20. Barisan Pohon Berukuran Sedang yang Menyegarkan

Di rumah yang tampak colorful ini, barisan pohon berukuran sedang di atas berhasil mengurangi kesan gersang dan membuat atmosfer di sana lebih segar.

Nah, dari kedua puluh taman cantik di atas, mana yang membuat Anda tertarik? Beri tahu kami di kolom komentar, ya!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!