Rumah by 1.61 Arquitectos

14 Atap Unik Ini Dapat Jadi Pengganti Atap Rumah Anda!

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Atap bukan hanya sekedar alat berlindung dari sinar matahari, dan atap juga termasuk faktor pemercantik rumah yang dapat membuat rumah semakin menarik juga mempengaruhi sirkulasi udara di dalam rumah dan kenyamanan setiap anggota keluarga. Meskipun atap rumah memang juga berfungsi menambah keindahan pada rumah, atap rumah tetaplah harus konsisten dengan arsitektur dan ruangan dalam rumah. Jika Anda berencana merenovasi atau membangun rumah Anda, cobalah inspeksi beberapa gaya atap berikut untuk menentukan apa yang paling tepat untuk rumah dan budget renovasi Anda!

1. Atap tenda

Atap bergaya tenda sering ditemukan pada rumah-rumah kotak dengan panjang yang dapat dibandingkan. Keempat sisi segitiganya memiliki ukuran dan kemiringan yang sama.

2. Atap saddle

 Rumah by STUDIO = architectuur
STUDIO = architectuur

Moderne landelijke woning te Nijverdal

STUDIO = architectuur

Saddle alias tempat duduk yang dipasangkan di punggung kuda merupakan sesuatu yang dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Model atap saddle sendiri sangat sering digunakan sebagai atap bangunan sekolah atau kantor. Jenis yang umum ditemui pada jenis atap ini adalah struktur piramida dengan tingkat kemiringan sekitar 30 hingga 40 derajat menciptakan bentuk tenda yang sesuai dengan kondisi tropis Indonesia. Air hujan akan dengan mudah jatuh ke tahan dan langit-langit yang tinggi akan selalu membuat ventilasi udara di rumah berjalan dengan baik dan mengurangi temperatur panas dalam rumah.

3. Atap miring di salah satu sisinya

Atap yang miring hanya di salah satu sisinya sering ditemui di bangunan pabrik karena kesederhanaannya dan hanya membutuhkan perlindungan bagi mesin pabrik terhadap hujan. Kini, atap jenis ini digunakan untuk rumah-rumah modern.

4. Jenis tetrahedron

 Rumah by Iv-Eugenie
Iv-Eugenie

Проект коттеджа в Скандинавском стиле

Iv-Eugenie

Atap yang satu ini juga dikenal sebagai atap piramida, dengan keempat sisi atap mengikutsertakan dua permukaan trapesium dan segitiga. Jenis atap ini sering ditemui di Indonesia.

5. Atap multisisi

Atap rumah berikut merupakan kombinasi dari atap rata dan atap miring, cocok untuk rumah berukuran medium dan lebar. Atap segitiganya diperpanjang ke salah satu sisinya sementara bagiannya yang tegak menggunakan atap jenis saddle.

6. Atap rata

 Rumah by 1.61 Arquitectos
1.61 Arquitectos

vista sur / este

1.61 Arquitectos

Yang berikut ini merupakan contoh tersederhana jenis atap, dengan bentuk horisontalnya ditarik dari salah satu sisi ke sisi lainnya. Atap model ini sering digunakan pada rumah bergaya minimalis atau minimalis modern, menciptakan siluet rumah kotak yang rapi.

7. Gaya atap

 Rumah by Apriori Albero
Apriori Albero

Dom4 (VS – Italy)

Apriori Albero

Model atap ini mengambil gaya miring yang tradisional. Aslinya, atap ini digunakan di berbagai bangunan sebelum digunakan untuk bangunan utama dan memberikan kesan spesial. Atap ini cocok untuk arsitektur modern dan mudah dikenali.

8. Atap saddle dobel

 Rumah by Canexel
Canexel

Fachada trasera

Canexel

Desain atap saddle ganda menciptakan bentuk yang unik, dan ketika dilihat dari bagian depan rumah, bentuknya akan menyerupai huruf M.

9. Atap bergaya dome

Atap yang satu ini berbentuk seperti setengah bola dan dapat dilihat di tempat seperti bangunan masjid. Dalam perkembangannya, bentuk atap bergaya dome alias kubah ini sering digunakan untuk bangunan hall konser, museum, bangunan utama di kota atau bangunan untuk aktivitas seni.

10. Atap Gambrel

 Rumah by ARK+

Atap gambrel dikenal juga sebagai atap bergaya Belanda, dapat ditemui di Inggris serta Amerika Utara. Atap ini terdiri dari dua permukaan mendatar pada kedua ujungnya dan dua atap miring pada sisi lainnya. Desain atap ini jarang digunakan di Indonesia, namun masih dapat ditemui di berbagai monumen kolonial.

11. Atap piramida

 Rumah by Техно-сруб
Техно-сруб

Летняя кухня

Техно-сруб

Gaya atap piramida digunakan pada rumah bersisi heksagonal atau oktagonal, sehingga permukaan atap segitiganya dapat menjadi lebih besar daripada sekedar empat sisi.

12. Atap ala Prancis

Tipe atap ini banyak digunakan di Prancis pada era abad pertengahan awal. Model ini merupakan perpaduan antara atap Gambrel dan atap miring tradisional. Tipe atap ini memiliki kepingan atap yang berguna karena atap malah menciptakan lebih banyak tempat ekstra di lantai sebagai loteng penyimpanan atau bahkan kamar tidur.

13. Atap bertingkat atau joglo

Pelindung di level atas ala atap berikut mengingatka pada gaya piramida, namun sejatinya, atap ini banyak digunakan di rumah-rumah Jawa tradisional dan disebut sebagai atap joglo.

14. Atap ala kupu-kupu

 Rumah by Office of Feeling Architecture, Lda
Office of Feeling Architecture, Lda

PT – Vista dos Planos de Vidro EN – Glass Openings View

Office of Feeling Architecture, Lda

Bentuk kupu-kupunya merupakan perwakilan simetris dari tipe atap saddle, dengan dua ujung atapnya lebih tinggi daripada bagiannya yang miring. Desain atap berikut ini, selain menambahkan kesan menarik, juga memiliki efek menarik air hujan untuk mengisi air di kolam ikan yang berada di bawahnya.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!