Cottage Tomok Island:   by GreenArt Studio

6 Inspirasi Desain Arsitek Indonesia: Mulai Dari Adaptasi Gaya Tradisional Sampai Modern

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Mungkin bagi Anda pembaca setia Homify kerap berpikir, mengapa banyak contoh di dalam buku ide diambil dari luar Indonesia? Apakah Indonesia kekurangan desainer berbakat? Tentunya tidak. Fakta yang kami temukan adalah sebaliknya. Terdapat banyak sekali arsitek dan desainer Indonesia yang berbakat dan mampu mendesain mulai dari gaya tradisional modern sampai dengan modern minimalis ala arsitek Jepang. Pada buku ide kali ini kami akan memperkenalkan desainer dari dalam negeri dan membawa kalian semua untuk melihat karya – karya anak bangsa yang juga merupakan professional Homify pilihan kami.

1. Rumah dengan Halaman Tengah

HANAZAKURA HOUSE - BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN:  Rumah by IMG ARCHITECTS
IMG ARCHITECTS

HANAZAKURA HOUSE – BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN

IMG ARCHITECTS

Berbicara mengenai konfigurasi rumah, memang rumah pada area tropis bisa dikatakan cukup berbeda dengan area 4 musim. Jika pada negara 4 musim mungkin memusatkan bangunan pada satu tempat terlihat lebih umum karena alasan insulasi. Namun, bangunan di iklim tropis tidak memiliki masalah insulasi namun sebaliknya massa bangunan yang menyebar akan memberikan efek pengudaraan serta pencahayaan yang lebih baik. Merujuk kepada bangunan keraton, maupun beberapa rumah tradisional seperti Bali atau Jawa, Area halaman tengah adalah area yang penting.

HANAZAKURA HOUSE - BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN:  Rumah by IMG ARCHITECTS
IMG ARCHITECTS

HANAZAKURA HOUSE – BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN

IMG ARCHITECTS

Ide ini dibawa oleh salah satu arsitek Indonesia IMG Architects, melalui karyanya berikut. Gaya desain modern yang dipadu dengan konfigurasi tradisional ini merupakan pilihan yang sesuai untuk Anda yang mencintai taman serta memiliki lahan yang cukup besar.

​2. Rumah Atap Miring

Rumah dengan atap miring tidak selalu akan menjadi membosankan. Berikut adalah contoh bangunan hunian yang mengadaptasi bentuk atap miring namun hasil akhir yang ada terkesan sangat modern. Penggunaan atap miring serta tinggi ini sangat cocok untuk iklim tropis yang mempunyai curah hujan tinggi serta berhawa panas. Atap miring membawa air hujan turun ke tanah dnegan mudah, serta menjaga kenyamanan udara dalam ruangan karena adanya ruang lebih di atas untuk sirkulasi udara

​3. Rumah Panggung

Ragam topografi alam di tanah air Indonesia terkadang membuat kita harus menyesuaikan desain yang ada dengan kondisi tanah yang agak curam. Salah satu solusi desain yang diberikan oleh salah satu arsitek tanah air adalah Rumah Panggung. Sebenarnya Rumah Panggung bukanlah suatu inovasi yang sangat baru, karena sudah ada rumah tradisional Indonesia yang menggunakan konsep ini. Namun, arsitek Gubah Ruang mengemasnya menjadi modern dan sangat layak ditiru bagi Anda yang sedang mencari inspirasi rumah Modern dengan kombinasi gaya lokal tradisional.

​4. Rumah Panggung Modern

Pagar Huni Residence:  Rumah by ARAT Design
ARAT Design

Pagar Huni Residence

ARAT Design

Melangkah sedikit lebih maju dari desain sebelumnya, meski tidak berdiri di atas lahan miring ARAT Desain juga menggunakan inspirasi rumah panggung untuk desain rumah mereka yang sangat modern. Kombinasi bentuk atap miring dengan material dinding putih serta kisi kisi kayu memberikan nuansa yang hangat. Sungguh sebuah gaya desain yang patut Anda pertimbangkan. 

Pengembangan desain serupa juga ditunjukkan oleh IMG Architects pada proyek dibawah ini.

BEKASI HOUSING - BEKASI, JAWA BARAT:  Rumah by IMG ARCHITECTS
IMG ARCHITECTS

BEKASI HOUSING – BEKASI, JAWA BARAT

IMG ARCHITECTS

​5. Bangunan di Atas Air

Selain tanah yang curam, banyak juga lahan di Indonesia yang didominasi oleh air, seperti area sungai maupun Pantai. Jangan biarkan kendala alam ini menghentikan Anda dari mendapatkan rumah idaman. Proyek lain dari Gubah Ruang memberikan kita salah satu contoh solusi bangunan di atas air. Selain itu, bentuk yang ada juga bisa menjadi lebih bervariasi, tidak hanya kotak saja, namun juga bisa bulat seperti rumah tradisional Lombok, rumah Bale.

​6. Bangunan Kotak Modern Minimalis

Perspektif Eksterior Ahouse 1:  Rumah by studiopapa
studiopapa

Perspektif Eksterior Ahouse 1

studiopapa

Tidak hanya bentuk bentuk bangunan yang terinspirasi dari bentuk lokal dan tradisional, ada juga beberapa arsitek tanah air yang sudah mengeksplorasi bentuk bentuk bangunan modern seperti di negara lain, misalnya Jepang. Salah satunya adalah Studiopapa dengan karya rumahnya yang nan cantik namun fungsionalis. Benar – benar membawa imaginasi kita terbang ke ruang modern seperti di luar negeri.

Perspektif Eksterior Ahouse 2:  Rumah by studiopapa
studiopapa

Perspektif Eksterior Ahouse 2

studiopapa

Jangan lewatkan lebih banyak inspirasi rumah modern di sini.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!