Ruang Keluarga by OTTOTTO

4 Kelebihan Dinding Kaca untuk Rumah Anda

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, kaca menjadi salah satu alternatif terbaik untuk pembatas antar ruang di rumah. Akan tetapi, karena beberapa alasan, banyak orang masih ragu mengeksekusi ide ini. Apa Anda termasuk salah satunya? Bila iya, yuk, simak serba-serbi penggunaan kaca sebagai material pembatas antar ruang di rumah lewat Buku Ide berikut!

​Beberapa Alasan Mengapa Menyekat Ruang dengan Dinding Kaca adalah Ide yang Bagus

Tak hanya cantik, berikut beberapa alasan mengapa kaca menjadi pilihan yang sempurna untuk menyekat ruang di rumah Anda:

- Berbeda dengan material lain, kaca memiliki tampilan yang transparan. Hal ini membuatnya mampu menyekat ruang tanpa membuatnya tampak sempit.

- Dinding kaca memastikan cahaya di ruangan dapat terdistribusi dengan baik, sehingga menghasilkan efek lebih cerah dan lebih luas.

- Asalkan ketebalannya wajar, dinding kaca juga bisa kokoh dan tidak rentan pecah.

Mengenal Kaca untuk Interior Saat Ini

Kini, kaca tak melulu murni kaca. Terutama yang digunakan untuk dinding penyekat, pengaman tangga, dan meja. Untuk kebutuhan interior, umumnya kini yang digunakan adalah jenis kaca tempered, yaitu kaca float biasa yang kekuatannya sudah ditingkatkan dengan cara dipanaskan hingga titik didih tertentu (biasanya 700 derajat Celcius), kemudian didinginkan secara sekaligus dengan semburan udara dingin pada kedua sisinya.

 Gedung perkantoran by Autovidreira
Autovidreira

Escritório de seguradora

Autovidreira

Selain itu, ada pula kaca laminasi. Jenis kaca ini pertama kali ditemukan oleh kimiawan asal Perancis, Edouard Benedictus, yang terinspirasi sebuah insiden laboratorium. Sebuah botol kaca telah dilapisi plastik selulosa nitrat dan ketika jatuh tidak hancur berkeping-keping. Awalnya, kaca laminasi digunakan dalam dunia otomotif demi mengurangi luka dalam kecelakaan mobil. Selanjutnya, penggunaannya pun kian berkembang hingga kini, termasuk untuk dunia interior dan arsitektur.

Ada pula kaca patri. Kaca ini dibuat dengan menambahkan garam metalik ke dalam adonan kaca, sehingga kaca yang dihasilkan memiliki warna yang berbeda-beda. Untuk menghasilkan gambar atau pola tertentu, kaca dipotong dan disusun dalam sebuah bingkai yang disangga bilah timbal. Mengingat proses pembuatannya cukup rumit, kaca patri umumnya dihargai cukup mahal.

Biaya yang Diperlukan

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menerapkan dinding kaca di rumah Anda beragam, tergantung jenis kaca yang dipilih serta luas kaca yang diperlukan. O, iya, untuk pemasangan dinding kaca, kami sarankan agar Anda menggunakan jasa profesional demi hasil yang maksimal.

Nah, itulah beberapa info dasar seputar penggunaan kaca sebagai dinding pembatas untuk tiap ruang di rumah Anda. Info detail lainnya dapat Anda temukan di Buku Ide selanjutnya.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!