Koridor dan lorong by 你你空間設計

Dinding Papan Tulis Hitam untuk Dekorasi Rumah Anda!

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Ingatkah Anda dengan papan tulis (yang biasanya berwarna) hitam pada zaman sekolah dulu? 

Sekarang, bayangkan jika properti itu dimasukkan ke dalam desain interior rumah. Selain bisa melindungi dinding-dinding dari coretan anak-anak, tapi kita juga bisa mendapatkan elemen dekorasi yang menarik dan berguna di berbagai ruang hunian kita, seperti ruang keluarga, dapur, ruang kerja, kamar anak-anak, dan lain sebagainya. Tentu sangat menyenangkan! 

Tertarik untuk tahu lebih banyak? Baca saja terus!

Apa Itu Papan Tulis?

Papan tulis, dibuat dari lembaran papan kayu yang diberi cat khusus yang mengandung partikel pasir kuasa, yang memungkinkan kita untuk menulis di lembaran papannya dengan menggunakan kapur tulis.

Ada dua jenis cat untuk papan tulis ini, berminyak dan berair. Namun cat berminyak memiliki bau yang menyengat, dan bahan pelarut organik sebagai pengencernya, mengandung sejumlah zat karsinogen yang berbahaya seperti benzol dan xilol, yang membuatnya tidak disarankan untuk digunakan pada interior rumah. 

Berbeda dengan cat yang berbasis air, cat jenis ini lebih ramah lingkungan, karena hanya menggunakan air bersih sebagai bahan pengencernya, yang tentu tidak berbahaya bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, ini adalah pilihan yang terbaik.

Aman? Apa Kelebihan dan Kekurangan dari Cat Dinding Tulis Kapur?

Cat dinding tulis kapur yang berminyak, umumnya tidak direkomendasikan, karena mengandung zat yang berbahaya. Namun cat yang berbasis air tidak beracun dan tidak berbahaya. Cat jenis ini paling aman dan ramah lingkungan, sehingga dapat digunakan semua orang. Selain itu, cat jenis ini juga tahan aus, gosok, dan juga air. Jadi, kita hanya perlu menggunakan lap basah saja untuk membersihkannya. 

Tapi karena cat jenis ini lebih aman daripada yang berminyak, harganya juga menjadi lebih tinggi – sekitar dua kali lipat – dan masa pembuatannya pun lebih lama, karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dikeringkan.

Varian Warna

 Kamar Bayi & Anak by 禾廊室內設計

Cat dinding tulis kapur yang paling umum berwarna hijau gelap dan hitam, yang ideal untuk digunakan dalam pelajaran, kamar anak-anak, ruang keluarga, dinding dapur, yang juga dapat menciptakan kontras dengan warna dinding yang lain. 

Namun selain dua pilihan klasik di atas, beberapa merek seperti Flugger buatan Denmark, menawarkan ratusan warna lain seperti abu-abu yang ada di foto atas, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan warna rumah Anda.

Buat Dinding Tulis Kapur Anda Sendiri!

Mengaplikasikan cat dinding tulis kapur, pada dasarnya sama dengan mengaplikasikan semen dan cat lateks. 

Secara umum, Anda dapat menggunakan roller atau kuas. Tapi jika Anda ingin cat terlihat lebih halus dan tidak ada partikel-partikel yang menempel, maka Anda bisa menggunakan spray gun

1. Persiapan 

Pertama, Anda perlu menyiapkan cat dinding tulis kapur berbasis air, lalu wadah plastik untuk mencampurkan cat dengan air, kemudian roller, atau kuas, atau spray gun untuk mengecat. Kemudian, encerkan cat dengan jumlah air yang tidak boleh melebihi 20% bahan cat, karena jika lebih, maka cat bisa menjadi terlalu tipis. Dan sebelum memulai, pastikan bahwa dinding yang akan diaplikasikan cat rata, atau bebas dari tonjolan-tonjolan. 

2. Buat Frame 

Setelah semua perlengkapan tersedia, gunakan selotip kertas yang tidak akan merusak dinding, untuk membingkai area yang ingin Anda cat. 

3. Mulai Mengecat 

Selanjutnya, gunakan perlengkapan – roller, kuas atau spray gun – untuk menempatkan lapisan pertama cat. 

Setelah lapisan pertama dikeringkan, tambahkan lapisan tambahan 1 hingga 2 kali, untuk memastikan warna cat sudah jenuh atau padat. Ingat, Anda juga perlu terus mengaduk cat di dalam wadah plastik selama proses ini berlangsung. 

4. Perawatan 

Setelah proses cat selesai, tinggalkan dinding sekitar satu minggu atau lebih, sebelum Anda mulai menggunakannya. Dan untuk perawatan sehari-hari setelahnya, Anda bisa membersihkan tulisan kapur dengan menggunakan air dan lap.

Opsi Tambahan: Cat Magnetik

Ya. Sebagai tambahan, Anda juga bisa membuat dinding tulis kapur Anda menjadi tempat untuk menempelkan elemen-elemen dekoratif lainnya, dengan menggunakan cat magnetik yang mengandung serbuk besi, sehingga setelah cat ini diaplikasikan pada dinding Anda, maka dinding Anda akan mempunyai sifat magnetik. 

Caranya mudah, Anda dapat menemukan cat magnetik yang aman dan berbasis air di pasaran, lalu aplikasikan cat antara 4 sampai 5 lapis ke dinding agar menyerap, lalu keringkan, dan aplikasikan lagi 1 sampai 2 cat dinding tulis kapur sebagai penutupnya. 

Dengan cara ini, tidak hanya sebagai tempat untuk menulis atau mencoret-coret bagi anak-anak Anda, dinding juga dapat berfungsi sebagai wadah kita menempatkan elemen-elemen dekorasi bermagnet. 

Keren kan?

Mana yang Anda favoritkan?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!