Ruang Tamu:  Ruang Keluarga by Tata Griya Nusantara

Cara Mendesain Ruang Tamu

Henti Kresdiana Henti Kresdiana

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Ruang tamu bukan hanya berfungsi sebagai tempat untuk menerima tamu seperti namanya, namun juga berfungsi sebagai tempat berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Sebegai tempat kebersamaan bersama keluarga dan orang-orang terkasih akan lebih tepat bila suasana dan keberadaannya didukung dengan desain yang indah dan nyaman. Ini akan membantu siapapun yang berada di dalamnya merasakan ketenanangan dan kesejukan usai melakukan aktivitas sepanjang hari atau baru saja tiba dari perjalanan jauh.

Banyak ragam desain yang bisa kita kreasikan untuk mecipta ruang tamu yang menawan. Kita hanya perlu menyesuaikannya selaras dengan konsep rumah. Semisal rumah tipe minimalis yang menjadi pilihan banyak orang. Konsep ini dianggap paling cocok untuk mendapat kesan sederhana, rapi, bersih, dan juga modern.

Ruang tamu kecil

Bagi Anda yang memiliki ukuran rumah minimalis dan tidak terlalu besar, beberapa hal berikut dapat menjadi pertimbangan dalam mendesain ruang tamu Anda:

1.     Pembatas/Divider

Rumah minimalis umumnya berukuran type 36 atau 45. Karena tidak terlalu besar sebaiknya jangan menggunakan tembok untuk memisahkan ruangan antara ruang tamu dan ruang tengah yang identik dengan ruang kumpul keluarga. Tujuannya untuk menghindari kesempitan dan kepenatan. Untuk menyiasatinya Anda bisa memasang gordyn atau tirai sebagai pembatas. Tirai memberi manfaat tambahan manakala ada acara keluarga dan ruang tamu Anda tidak lagi memadai, maka tirai pembatas ruangan hanya perlu disingkap. Sekejap ruang tamu menjadi luas dan menyatu dengan ruang tengah.

Anda bisa juga bisa menjadikan buffet sebagai pembatas ruangan atau lemari TV sebagai alternative pemisah lainnya.

2.     Furniture

Kurangi furniture yang kurang fungsional untuk ruang tamu yang berukuran tidak terlalu luas. Misalkan cukup menaruh kursi minimalis untuk 2-3 orang tamu dan satu kursi untuk tuan rumah, dan sebuah meja kecil. Solusi cerdas lainnya Anda bisa menggunakan karpet sebagai pengganti kursi untuk mencipta ruangan yang terkesan luas.

3.     Warna

Warna-warna cerah sangat cocok diaplikasikan di ruang tamu karena akan memberi kesan ramah bagi siapapun yang berkunjung.

4.     Cahaya

Meski terkesan sepele, pencahayaan memiliki fungsi yang tidak kalah penting di ruang tamu. Fungsi utamanya adalah memberikan penerangan untuk meja, lampu dan lantai.

Untuk ruang tamu atau ruang keluarga, task lighting akan menjadi pilihan yang cocok karena meski sudah mendapat asupan cahaya dari luar di siang hari namun kurang terfokus sehingga perlu sumber cahaya buatan yang efektif, lebih lagi karena ruangan ini kerap dipakai membaca. Task lighting merupakan system pencahayaan yang difokuskan pada suatu area dengan tujuan membantu aktivitas tertentu. Saat lampu utama (general lighting) dimatikan, Anda bisa menghemat energy dengan hanya menyalakan task lighting.

Ruang tamu yang sehat

Ruang Santai villa puncak tidar malang:   by JM Interior Design
JM Interior Design

Ruang Santai villa puncak tidar malang

JM Interior Design

Usai mempertimbangkan hal-hal diatas, waktunya untuk mempertimbangkan aspek berikutnya. Penataan ruang tamu yang apik tidak hanya memenuhi fungsi estetika namun juga sisi kesehatan yang akan sangat berguna bagi para penghuninya. Ini adalah sejumlah tips menata ruang tamu yang sehat dan menyegarkan, yakni:

1.     Menata Ruang kecil

Anda pasti pernah mendengar atau mungkin merasa bahwa kecemasan terbentuk dalam ruang-ruang kecil. Untuk menghindari efek tersebut dan menjadikan ruang tamu nampak luas mulailah dengan meringkas furniture dan perabotan yang ada. Taruhlah benda-benda yang memang penting dan singkirkan yang sebaliknya.

Cara lainnya gunakan furniture multifungsi, semisal meja yang juga berfungsi sebagai rak buku. Ini akan sangat membantu mengurangi kepadatan ruang tamu hingga Anda bebas dari kecemasan dan bisa bernafas lega.

2.     Konsentrasi cahaya

Pencahayaan sangat berpengaruh terhadap suasana, nuansa serta atmosfer sebuah ruangan. Pencahayaan ideal pada sebuah ruangan memiliki dampak positif pada mood dan suasan hati.

Sebuah ruang tamu yang sehat sudah seharusnya mempertimbangkan pentingnya pencahayaan. Pencahayaan yang terkonsentrasi lebih baik daripada instalasi pencahayaan untuk seluruh ruangan. Memang memerlukan ekstra biaya, namun sepadan dengan hasil yang diinginkan untuk mencipta atmosfer yang segar dan menenangkan.

3.     Space melangkah

Seperti diulas sebelumnya, furniture dan perabot yang menumpuk di ruang tamu tak hanya menjadikannya terlihat sumpek namun juga memberi efek ketidakleluasaan saat bergerak dari satu titik ke titik lain. Ruang tamu yang sehat harus menyediakan jalur untuk penghuninya bebas bergerak dan berlalulalang dengan mudah.

Jalur pedestrian sangat penting untuk kenyamanan bersama. Dapat dibayangkan bila Anda atau tamu yang datang mengalami kesulitan bergerak saat beranjak dari tempat duduk terbentur kaki sofa atau meja ruang tamu.

Terbukti banyaknya perabot tidak menjamin ruang tamu Anda memenuhi standar kesehatan dan kenyamanan, yang terpenting adalah fungsional dan efektif.

4.     Skema Warna

Dalam color Pshycology, skema warna dapat memberi pengaruh mencipta suasana dan merubah atmosfir untuk hasil yang nyaman. Sedapat mungkin aplikasikan warna serupa atau selaras saat hendak mencampur dan memadukan berbagai variasi warna untuk ruang tamu.

Pemilihan warna yang tepat akan menghasilkan suasana dan nuansa ruangan yang menenangkan.

5.     Natural Inside

Sebuah Riset yang dilakukan oleh University of Rochester mengungkap bahwa suasana outdoor (alam) yang berhasil diadaptasi ke dalam ruangan dapat memberikan suasana natural yang nyaman dan menarik serta memberikan daya dukung dalam berinteraksi.

Elemen natural dicontohkan seperti tanaman dan atau sejenisnya, pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik.

Dekorasi ruang tamu

 Ruang Keluarga by TATO DESIGN:タトデザイン株式会社
TATO DESIGN:タトデザイン株式会社

モロッコ風のリビング・ダイニング

TATO DESIGN:タトデザイン株式会社

Dalam mengkreasi rumah yang benar-benar mendamaikan, sehat dan nyaman, dekorasi haruslah benar-benar dipikirkan. Meski dalam kadar minimal sekalipun, dekorasi mampu mengubah suasana ruangan sesuai impian Anda.

Bagi Anda yang sudah memiliki ruang tamu dan ingin memberikan sentuhan berbeda untuk mencipta suasana baru, beberapa ide renovasi berikut dapat menjadi referensi:

1.     Ganti cat

Merubah suasana sangat mungkin dilakukan dengan mengganti warna cat. Cobalah mengganti warna-warna natural dengan lebih berani agar nampak tegas, unik dan segar. Atau tambahkan akses wallpaper di beberapa sudut untuk menambah unsur tegas dan mengkreasi perbedaan dari sebelum-sebelumnya. Bila perbedaan masih dirasa kurang, nampaknya Anda perlu mengecat atau menambahkan aksen warna di beberapa bagian lainnya tak hanya dinding. Semisal menggunakan warna berani pada lantai, menambah atau mengganti warna karpet.

2.     Kombinasi warna

Kombinasikan warna cat dinding dengan warna lantai, dan warna furniture. Semisal warna dinding cerah, warna lantai gelap/tegas dan warna furniture campuran keduanya netral dan tegas. Semisal sofa warna netral sementara gordyn berwarna gelap/tegas.

3.     Tanaman Hidup

Tanaman hidup terbukti dapat memberikan suasana baru nan segar dalam satu ruangan. Tidak perlu banyak cukup 1 atau 2 dalam pot besar. Atau bila ingin menaruh yang kecil taruhlah di atas menggantung dekat langit-langit. Yang terpenting tanaman tersebut temasuk jenis yang cocok dan kuat ditaruh dalam ruangan dengan pencahayaan yang seadanya.

4.     Ornament-ornament

Bila jenuh dengan ruang tamu yang standar tanpa hiasan apapun, mungkin saatnya menambahkan lukisan di dinding atau menaruh guci berukuran besar di sudut ruangan agar terhindar dari anak-anak. Pilih sesuai selera namun selaraskan dengan konsep ruang tamu Anda.

5.     Jendela terbuka

Bosan dengan ruangan yang terkesan sumpek akibat gordyn tebal , mungkin saatnya untuk melepasnya dan membiarkan bias cahaya dari luar masuk. Dijamin ruang tamu Anda seketika akan nampak luas dan lega.

Berapa jasa desain ruang tamu?

Mendesain ruang tamu berarti bersiap untuk melakukan perubahan pada ruangan keluarga. Anda mungkin memerlukan jasa desain interior untuk membantu menata dan memberikan keindahan. Untuk mengetahui estimasi biaya jasa interior di Indonesia, penjelasan berikut dapat menjadi referensi:

1.     Per meter

Umumnya jasa desain interior professional memberikan tarif dengan hitungan per meter persegi. Kisarannya Rp 250 ribu s/d Rp 450 ribu.

2.     Per View (gambar jadi)

Harga untuk per view/gambar jadi yang disediakan penyedia jasa biasanya berkisar Rp 500 rb s/d Rp 1 juta rupiah. Kendati begitu biasanya harga ini akan menjadi “cair” manakala kita memakai jasa sekaligus mengorder furniture di tempat penyedia jasa. Umumnya Anda akan mendapat discount 20-50%. Dengan harga desain 3D per meter Rp 75 ribu atau per view nya Rp 350 ribu.

3.     Presentasi project

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menetapkan harga 7% dari nilai project. Namun beberapa desainer professional menarifkannya sesuai presentase project yakni kisaran 2%-7%.

Meski banyak jasa desain interior yang menawarkan harga lebih murah, namun sebaiknya Anda tidak mudah tergoda dengan harga tersebut. Karena hasilnya belum tentu sesuai dengan ekspetasi yang diharapkan. Dalam mendesain dibutuhkan kreatifitas dan taste yang baik tanpa mengabaikan nilai estetika yang ada. Namun semua tergantung preferensi Anda.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!