20 Rumah Indah Jepang yang Cocok Ditiru di Indonesia | homify

20 Rumah Indah Jepang yang Cocok Ditiru di Indonesia

monica wijayanthy-homify monica wijayanthy-homify
富永大毅建築都市計画事務所 Rumah Gaya Skandinavia White
Loading admin actions …

Jepang adalah negara yang indah dan unik dalam banyak hal. Sebagai tempat tujaun wisata, Jepang memiliki banyak hal menarik, mulai dari budaya, alam yang eksotis, makanan lezat, kawasan belanja, sampai gerai-gerai kosmetik. Tak heran jika negeri ini menjadi tempat wisata tujuan populer warga Indonesia.

Tradisi Jepang begitu memberikan penghargaan lebih terhadap ranah arsitektur, salah satu hal luar biasa lainnya dari Jepang. Rumah dan bangunan, banyak toko-toko indah sekaligus kreatif yang kita lihat di setiap sudut Jepang. Setiap lokasi di kota atau desa akan memiliki desain yang berbeda.

Namun Jepang adalah pulau kecil yang masyarakatnya hidup dalam ruang yang terbatas. Untuk membangun rumah, perlu mempertimbangkan tata letak dan metode paling tepat untuk memaksimalkan ruang. Hari ini kami ingin memperkenalkan 20 rumah bergaya Jepang sebagai inspirasi bagi Anda yang berencana membangun rumah. Jangan kuatir, desain rumah gaya Jepang berikut cocok diterapkan di lingkungan Anda.

Ciri Khas Rumah Jepang Tradisional

ruang tamu Livint design Ruang Keluarga Gaya Asia Kayu Lapis Beige
Livint design

ruang tamu

Livint design

Sebelum menyimak referensi kami, kenali enam karakteristik paling menonjol pada desain rumah Jepang tradisional, di antaranya:

  • Pembangunan rumah tradisional jepang diawali dengan membuat fondasi datar dari tanah atau batu. Fondasi menjadi alas bagi tiang kayu dan rangka penopang utama bangunan. Bangunannya memiliki kolong untuk menghindari kelembapan tanah.
  • Struktur rangka pada desain rumah kayu Jepang terdiri dari kolom vertikal, balok horizontal, serta penyangga diagonal, tersusun tanpa paku sama sekali. Tidak heran Jepang mengembangkan metode sambungan kayu kompleks yang bermacam-macam jenisnya.
  • Rumah gaya Jepang memiliki atap besar dengan overstek lebar. Bentuknya miring dan cenderung melengkung untuk memberi perlindungan maksimal dari empat musim.
  • Di masa lalu, rumah Jepang selalu dilengkapi beranda luas. Fasadnya hampir mirip balkon modern, biasa dipakai untuk menerima tamu.
  • Setiap ruangan pada rumah Jepang selalu terhubung oleh koridor, bahkan sejak dari pintu depan. Di depan, koridor memisahkan ruang tamu dan pintu terluar, biasanya di sini orang-orang melepaskan alas kaki sebelum masuk rumah.
  • Dinding ruangan adalah sekat berupa layar kertas dengan rangka dan bingkai kayu. Setiap layar tersebut dapat diubah posisinya tergantung kebutuhan. Model layar yang sama juga digunakan untuk pintu geser.

1. Rumah country

Rumah ini adalah alun-alun kuno. Identitas yang kita lihat di pedesaan. Hangat dan menawan.

2. Rumah modern dengan taman batu

Ciri khas lain Jepang adalah taman batu yang sederhana. Ini berlaku untuk desain rumah bersama.

3. Rumah dengan loteng

Rumah ini ada di kota dan dirancang  menarik dengan atap besar dan menonjol dari rumah. Ada juga ruangan kecil di bawah atap. Untuk pemandangan kota, ini terlihat kuno dan menawan.

4. Rumah kayu di taman

Rumah kayu di taman ini penekanannya adalah pada udara bersih yang dikelilingi oleh taman. Ini adalah rumah warisan Jepang yang unik.

5. Rumah kotak

Beberapa rumah di Jepang ada di bukit, seperti rumah kotak ini yang dibangun di atas bukit. Ini adalah rumah sederhana yang berfokus pada area yang bermanfaat dengan banyak kamar yang cukup untuk anggota rumah.

6. Rumah modern ditampilkan di atap.

Atap besar hitam menutupi seluruh rumah untuk membantu melindungi dari matahari, hujan dan udara dingin. Arsitektur yang sangat cantik dan pintar.

7. Rumah di taman

Ini adalah rumah yang hangat dan tenang di tengah-tengah pepohonan dan rumput. Sebuah rumah tradisional.

8. Rumah danau

Rumah berlantai tunggal dengan bentuk persegi panjang dengan hawa bening dan sejuk. Setiap ruangan memiliki perabotan lengkap dan menekankan pada sentuhan tanah, air, dan lingkungan alami.

9. Rumah bergaya cantik pada lampu.

Rumah terbagi menjadi dua lantai dengan atap miring yang manis serta lampu terang. Kehangatan rumah ini begitu menonjol. 

10. Rumah dengan kotak

Untuk ruang terbatas, rumah ini cukup persegi untuk menampung keluarga kecil. Mudah dirakit dan dipindahkan.

11. Kotaknya vertikal

Rumah di area terbatas dirancang dalam bentuk sebuah kotak bergaya penuh gaya.

12. Rumah atap miring kontemporer

Rumah berdesain kontemporer dengan kaca. Kedua pintu kaca dan jendela rumah ini jernih dan sinar matahari telah ditransplantasikan. Termasuk atap miring dapat membantu menguras air hujan. Rumah ini dirancang oleh para arsitek dengan sangat baik.

13. Rumah kreatif

Rumah ini lahir dari desain kreatif dengan perpaduan bentuk yang diinginkan para pemilik rumah. 

14. Rumah geometrik

Rumah dicirikan oleh bentuk geometris. Rumah ini dibangun untuk mengakomodasi 3 kamar tambahan, termasuk observatorium dengan tampilan modern.

15. Rumah berbentuk persegi

Jika ruang terbatas jangan lupa untuk memikirkan bangunan bertingkat ganda. Cat putih membuat rumah ini semakin mudah dikenali.

16. Rumah ini aneh tapi menawan

Rumah ini  aneh dan tidak biasa. Lantai kedua dirancang untuk melewati pintu depan.

17. Rumah alami sederhana

Hinanai Village House dygsa Rumah Modern
dygsa

Hinanai Village House

dygsa

Dekorasi rumah sederhana. Cukup gunakan pintu kaca besar sebagai pintu masuk dan jendela lebar, Anda akan memiliki rumah yang terlihat bagus.

18. Rumah horizontal

Rumah berbentuk persegi yang ada di area parkir dalam ruangan dan alun-alun berikutnya ke ruang keluarga.

19. Jendela rumah klasik lebar

Rumah tunggal dalam gaya Jepang kuno. Suasana taman klasik dengan cermin besar untuk pemandangan alam.

20. Rumah misterius

Rumah normal di Jepang dicat kayu putih atau alami. Tapi rumah ini diperkuat oleh cat hitam dari pagar dan pintu depan. Ini semakin menambahkan misteri dan tampilannya menarik.

7 Ide Untuk Memaksimalkan Ruang Keluarga Kecil

33 Kamar Tidur Mempesona yang Akan Buat Anda Terlelap Seketika!

Ingin segera mengubah gaya rumah Anda seperti buku ide ini?

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian