Taman by CURADORAS

5 Cara Membuat Taman Minimalis di Lahan Sempit

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Tanpa taman, rumah akan terlihat sepi, gersang, dan kurang hidup. Selain itu, anjuran pemerintah untuk memiliki lahan terbuka hijau di rumah perlu ditanggapi dengan serius mengingat degradasi lingkungan semakin parah dari tahun ke tahun. Dengan adanya ruang terbuka hijau di rumah kita sudah berperan serta secara pribadi dalam upaya pelestarian lingkungan. Ruang terbuka hijau bukan hanya akan berfungsi sebagai area resapan air, tapi juga upaya untuk menghadirkan udara yang lebih bersih dan sehat di lingkup terdekat kita. 

Masalahnya tidak semua dari kita memiliki cukup ruang di halaman untuk membuat taman impian seperti dalam majalah. Kita tidak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan menciptakan taman minimalis. Mengapa harus dan taman minimalis dan bagaimana cara membuatnya? Kami akan membahasnya untuk para pembaca setia homify. 

1. Kesesuaian antara luas taman minimalis dan dimensi tanaman

Masih tidak jauh-jauh dari konsep minimalis, taman minimalis juga memiliki misi yang sama. Di sini artinya, taman minimalis menonjolkan kesederhanaan dan menciptakan keindahan dari sedikit tanaman saja. Lahan sempit pun sebaiknya tidak memiliki terlalu banyak tanaman, atau akibatnya malah kesemerawutan dan bukannya keindahan yang dipancarkannya. Namun ini tidak berarti taman minimalis hanya boleh memiliki satu atau dua tanaman saja. Memiliki banyak tanaman pun tidak masalah, asalkan terlihat proporsional dan harmonis. 

Untuk itu hal yang sebaiknya diperhatikan adalah dimensi atau ukuran tanaman yang akan ditanam di taman minimalis. Pada contoh ini, taman terlihat hanya menempati sejengkal lahan. Tapi mengapa terlihat menarik? Di taman ini tanaman-tanaman perdu mendominasi lahan dengan dua pohon bonsai sebagai titik fokus. Untuk menciptakan kesan rimbun, tanaman-tanaman perdu ditanam berdekatan dengan memperhatikan komposisi warna daun dan bunganya bila ada. Dalam jangka panjang, pemotongan tanaman secara rutin juga perlu dilakukan untuk menjaga agar tanaman perdu tetap terlihat pendek dan tidak mendominasi lahan taman minimalis. 

Untuk menghindari kesan ramai, usahakan untuk mengutamakan keseragaman bentuk daun. Misalnya, tanaman berdaun panjang dipadukan dengan tanaman bertekstur tipis. Hindari tanaman berdaun lebar dan tebal, karena bila tanaman semacam ini di saat tumbuh sedikit lebih besar daunnya akan terlihat memenuhi ruang sehingga tidak cocok untuk taman di lahan sempit. 

2. Buat taman minimalis di beberapa lokasi terpisah

 Taman by CURADORAS

Dalam artikel sebelumnya kami sudah menekankan pentingnya mengukur luas lahan sebelum mendesain taman. Di lahan terbatas, hal ini penting untuk menentukan bagaimana cara kita membagi area untuk setiap jenis tanaman maupun dekorasi taman. Tidak perlu berkecil hati bila lahan yang dimiliki sangat terbatas, karena setiap keterbatasan pun sesungguhnya mengandung potensi. Bahkan sepetak lahan di samping rumah pun bisa disulap menjadi taman minimalis. Apabila ada beberapa petak lahan di rumah akan lebih baik lagi, karena kita bisa menciptakan bukan hanya satu taman minimalis tapi bisa dua atau tiga sekaligus. 

Untuk lahan sangat sempit kita memiliki beberapa pilihan ide taman minimalis, misalnya: 

1. Lahan berumput tanpa tanaman hias 

2. Lahan berumput dengan satu tanaman hias berukuran sedang.
Untuk ide ini, tanaman hias sebaiknya bukan jenis tanaman perdu namun tanaman yang ramping dan memiliki ranting-ranting yang panjang. 

3. Taman Zen sederhana dalam bentuk lahan yang ditutup batu-batu hias.
Saat ini batu hias bukan hanya dalam warna abu-abu dan putih saja. Batu hias warna hijau keabu-abuan, misalnya, sudah bisa dibeli di toko online dengan harga sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 65 ribu per kantung. Perhatikan komposisi batu saat hendak membuat taman Zen. Sebuah batu besar berbentuk unik atau bilah kayu tua bisa ditempatkan sebagai fokus perhatian. 

4. Taman Zen dengan tanaman hias. 
Ini juga ide bagus. Tetapi mengingat konsep taman Zen dan taman minimalis tidak jauh berbeda, maka jenis tanaman yang dipilih sebaiknya tidak mengandung lebih dari satu warna. Bisa juga terdiri dari dua atau tiga tanaman dengan gradasi warna kuning, kuning kehijauan, dan hijau tua. 


5. Deret tanaman 
Deret tanaman cocok untuk memanfaatkan lahan sempit memanjang yang biasanya ada di samping rumah. Atau area sempit di tepi area parkir kendaraan di depan rumah. Untuk deret tanaman, akan lebih baik lagi bila hanya terdiri dari satu jenis tanaman dan dibatasi oleh batu bata yang direkatkan dan dilapisi dengan semen bila ingin menambah sentuhan industrial di taman minimalis. Sedangkan batu bata yang disusun berderet sebagai pembatas tanpa direkatkan dengan semen bisa mewakili sentuhan rustic.  

6. Tanaman hias dalam pot
Ide ini bisa diterapkan bila sepetak lahan yang dimiliki sudah terlanjur ditutup dengan semen atau lantai. Susunan tanaman hias dengan berbagai jenis bentuk dan warna yang berbeda juga bisa menyulap lahan kosong kita menjadi taman minimalis. Asal perhatikan komposisi dan kesederhanaan warna. Membuat miniatur taman dalam pot keramik seperti contoh juga ide cemerlang. Kita bisa miliki taman minimalis dalam bentuk kecil tanpa menghabiskan banyak waktu untuk merawatnya.  

3. Jalan setapak penghubung antar area taman minimalis

Meski lahan sangat terbatas, bukan berarti peluang untuk mendekorasinya tertutup sama sekali. Kita masih bisa menempatkan jalan setapak yang menghubungkan antar sudut atau antar area yang ada di sekitarnya. Misalnya dari teras membelah tengah taman minimalis. Atau bisa juga menghubungkan antara dua tanaman yang menjadi titik perhatian di taman itu. Dengan cara ini kita bisa menciptakan keluasan ruang secara visual dengan cara yang tidak membosankan. 

Saat ini bahan-bahan yang banyak digunakan untuk membuat jalan setapak adalah lempeng batu alam, potongan kayu, cetakan semen, dan paving grass block. Lempeng batu alam dan potongan kayu bisa menambah nuansa alami di taman minimalis. Selain itu, jalan setapak dari dua jenis bahan ini sudah dijual bebas sehingga memudahkan proses pemasangan. Bila ingin cara yang lebih hemat ongkos, kita bisa membuat jalan setapak dari cetakan semen. Bentuk segi empatnya sesuai benar dengan konsep minimalis yang mengusung kesederhanaan. Sedangkan bila kita ingin menjadikan lahan terbatas sebagai area bersantai, menutup lahan dengan paving grass block bisa jadi pilihan. Dengan memasang paving grass block lahan bisa dikeraskan tanpa menutup sama sekali peluang bagi tanaman untuk tumbuh di atasnya. Namun hanya satu jenis tanaman saja yang bisa ditanam di paving grass block, yaitu rumput. 

4. Menyamarkan pagar taman minimalis

Kendala pada taman minimalis di lahan terbatas adalah terlihatnya pagar pembatas, entah itu dinding atau pagar besi. Pagar atau dinding menegaskan batas sesuatu yang sudah terbatas, sehingga kesan alami bisa hilang sama sekali. Bukannya kesan indah dan alami, suasana kaku lah yang bisa dipancarkan taman minimalis di lahan terbatas. Pada taman gaya lain, keberadaan pagar atau dinding bisa disamarkan dengan menanam tanaman semak di sepanjang garis dinding atau pagar. Namun di taman minimalis hal ini sepertinya kontradiktif karena apa yang ingin dikedepankan taman minimalis adalah kesederhanaan, sehingga ciri khas taman minimalis adalah tanaman yang juga simpel alias tidak tumbuh besar. 

Dengan demikian, solusinya adalah menanam tanaman berdaun kecil dan ramping di sepanjang garis dinding atau pagar. Tanaman yang dipilih sebaiknya ramping dan tidak tumbuh melebar. Bisa juga dipadupadankan dengan jenis tanaman lain yang lebih kecil dengan memperhatikan komposisi warna dan jarak antar tanaman. 

5. Cenderung ke atas

Residential_Landed_Semi-Detached House:  Taman by daksaja architects and planners
daksaja architects and planners

Residential_Landed_Semi-Detached House

daksaja architects and planners

Seperti yang juga sudah kami paparkan pada artikel-artikel sebelumnya, pada kondisi terbatas kita sebaiknya pandai-pandai memanfaatkan apa yang ada. Area yang sempit bisa diatasi dengan menonjolkan sisi vertikal di sekitarnya. Misalnya dengan memanfaatkan dinding untuk membuat taman vertikal, kemudian menempatkan kursi dan meja agar lahan sempit memiliki fungsi ganda sebagai taman minimalis sekaligus ruang duduk. 

Menciptakan kecenderungan ke atas juga bisa dilakukan dengan pemilihan tanaman yang tumbuh tinggi tapi tidak rimbun melebar. Sebenarnya tanaman apa pun bisa direkayasa untuk mencapai tujuan ini. Akan tetapi, kita perlu meluangkan waktu lebih untuk pemangkasan ranting dan dahan apabila jenis tanaman yang dipilih cenderung rimbun. Bila tak punya cukup waktu membuat taman vertikal sendiri, bisa dicoba cara lain yang lebih sederhana. Menyusun beberapa pot tanaman hias di dinding dengan arah vertikal juga bisa membantu menciptakan kesan cenderung ke atas. 

Masih bingung? Beberapa profesional di bidang taman homify bisa menjadi mitra handal untuk pembuatan taman di lahan terbatas. 

Apakah Anda punya ide lain agar taman minimalis tampak cantik di lahan terbatas? Berbagilah bersama kami di kolom komentar. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!