Rumah by homify

Panduan Praktis Memperluas Rumah

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Bertambahnya anggota keluarga atau bertambahnya kebutuhan penghuni rumah membuat memperluas rumah jadi tak terhindarkan lagi. Sama seperti membangun rumah, memperluas rumah juga perlu perencanaan desain dan perencanaan anggaran. Seperti apakah cara memperluas rumah yang fungsional tapi hemat biaya? Mungkinkah memperluas rumah dengan sedikit biaya? Berikut adalah ringkasan pendapat para ahli kami. 

1. Beberapa ide memperluas rumah

 Rumah by homify

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperluas rumah. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

1. Mengganti furnitur 
Mengganti beberapa furnitur lama yang berukuran besar dan banyak makan tempat cukup efektif untuk memperluas rumah. Lebih baik lagi bila furnitur yang dipilih bersifat multifungsi. Misalnya, sofa yang bisa dibentangkan menjadi tempat tidur. Tempat penyimpanan yang lapang juga membantu memberikan kesan lapang. 

2. Kemasi pernak-pernik yang kurang diperlukan 
Keramik berukuran besar peninggalan nenek mungkin akan menyita banyak tempat di ruang tamu yang sempit. Demikian juga hiasan dinding yang terlalu ramai dan tidak memiliki keterikatan warna maupun figur satu sama lain. Pernak-pernik itu tidak harus dibuang. Bisa ditempatkan di ruangan lain yang sesuai dengan warna dan figur pernak-pernik, atau disumbangkan ke anggota keluarga lain yang baru pindah rumah. 

3. Menciptakan ilusi kedalaman ruang 
Cara ini cukup mudah dan tidak makan banyak biaya. Memasang jendela kaca besar akan memberikan kesan luas di sebuah ruangan secara visual. Partisi atau sekat dari bahan kaca juga memberikan efek yang sama, tetapi sedikit membahayakan keselamatan penghuni rumah terutama bila ada anak-anak atau orang lanjut usia di rumah itu. Memasang cermin sudah banyak dilakukan di beberapa tempat usaha atau kios berukuran kecil. Di tempat usaha, memasang cermin bukan hanya dapat memperluas tampilan ruangan tapi juga diyakini dapat mengusir energi negatif yang berdampak buruk untuk kelangasungan usaha. 

4. Renovasi rumah
Bila memperluas rumah secara visual tidak bisa menyelesaikan masalah keterbatasan ruang tinggal untuk penghuni rumah, maka renovasi rumah mau tak mau harus dilakukan. Memperluas rumah bisa dengan cara mengubah rumah menjadi rumah dua lantai, membangun mezzanine, menggabungkan dua ruangan menjadi satu, atau bisa juga dengan mengubah area outdoor yang tersisa menjadi ruang keluarga. Cara selengkapnya berikut rincian biaya bisa dilihat di sini

Selanjutnya, kami akan membahas mengenai rincian pekerjaan renovasi rumah, apakah renovasi skala kecil bisa mengurangi biaya memperluas rumah dan beberapa tips praktis untuk menghemat biaya memperluas rumah. 

2. Rincian pekerjaan renovasi rumah

Tangga:  Tangga by FIANO INTERIOR

Memperluas rumah adalah aktivitas yang memerlukan keahlian khusus. Seorang pemilik rumah yang memiliki pengetahuan tentang konstruksi pun memerlukan bantuan tenaga ahli di bidang itu. Berikut adalah beberapa rincian pekerjaan yang akan dilakukan tenaga profesional dalam proyek memperluas rumah: 

1. Pekerjaan pembersihan awal. Saat memperluas rumah menjadi dua lantai, memindahkan furnitur dan membongkar atap termasuk dalam bagian pekerjaan ini.
2. Pekerjaan pemasangan bekisting kolom
3. Pekerjaan pemasangan plafon
4. Pembuatan dak
5. Pekerjaan konstruksi atap 
6. Pekerjaan pembuatan tangga (bila merenovasi rumah menjadi dua lantai) 
7. Pekerjaan membangun carport menjadi garasi tertutup 
8. Pemasangan lantai 
9. Pekerjaan memasang batu bata 
10. Pembuatan plesteran 
11. Pengecatan 
12. Pekerjaan pemasangan kanopi pada jendela baru. 

3. Apakah renovasi skala kecil akan menghemat pengeluaran?

PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG:  Dapur by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)
PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG

PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

Umumnya, pemilik rumah yang masih awam dalam bidang konstruksi akan mengira bahwa renovasi skala kecil, seperti menggeser dinding rumah ke depan atau ke belakang, biayanya akan lebih kecil daripada merenovasi rumah dalam skala besar (misalnya mengubah rumah menjadi rumah dua lantai). Penyebabnya, saat menggeser dinding rumah 3 meter dari tempatnya semula, struktur atap juga berubah. Bila diputuskan membuat sambungan atap untuk menyambungkan struktur atap lama dan struktur atap ruangan baru, sebagian struktur atap lama tetap harus dibongkar pada proses pengerjaan ini.

Selain itu, pekerjaan pembongkaran dinding mungkin akan mengorbankan sedikit struktur dinding lama. Dengan demikian, ada pekerjaan tambahan yang perlu dilakukan, yaitu membongkar dan membangun dinding lama. Implikasi dari perubahan struktur atap dan dinding adalah bertambahnya biaya yang dikeluarkan untuk memperluas rumah. Sebelumnya kami pernah mengulas bahwa biaya memperluas rumah dengan sistem borongan ialah Rp 2,5 juta per meter persegi. Jadi jika hendak menambahkan ruangan berukuran 4 x 4 meter = 16 meter persegi, maka biaya yang dibutuhkan adalah 16 meter persegi x Rp 2,5 juta = Rp 40 juta. Kami sarankan untuk menambah anggaran biaya memperluas rumah menjadi sekitar Rp 3 juta per meter persegi, karena dua pekerjaan tambahan di atas bisa membuat biaya yang harus dikeluarkan jadi membengkak.

Inilah sebabnya kami menekankan bahwa renovasi rumah skala besar maupun skala kecil hampir tidak ada bedanya bila menyangkut masalah biaya.  Namun tetap ada cara-cara yang bisa dilakukan pemilik rumah untuk menghemat biaya memperluas rumah.

4. Tips menghemat biaya memperluas rumah

TAMPAK DEPAN SESUDAH RENOVASI (MALAM HARI):  Rumah by PT.Matabangun Kreatama Indonesia
PT.Matabangun Kreatama Indonesia

TAMPAK DEPAN SESUDAH RENOVASI (MALAM HARI)

PT.Matabangun Kreatama Indonesia

Berdasarkan pemaparan sebelumnya, bisa diambil kesimpulan bahwa proyek renovasi rumah selalu memakan biaya besar walaupun luas area baru hanya beberapa meter persegi saja. Meski demikian, ada beberapa trik penghematan yang bisa diterapkan agar si pemilik rumah tidak bangkrut ketika proyek memperluas rumah berakhir. 

1. Menggunakan jasa arsitek atau arsitek interior
Banyak orang mengira kalau menggunakan jasa arsitek akan membuat biaya memperluas rumah bertambah. Anggapan ini kurang tepat. Sebaliknya, arsitek atau arsitek interior akan memberikan saran profesional sesuai keinginan pemilik rumah sehingga kesalahan konstruksi yang bikin biaya membengkak pun bisa dihindari. 

2. Memanfaatkan lahan kosong 
Memperluas rumah bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan tersedianya lahan kosong di samping, depan, atau belakang rumah. Bila lahan kosong tidak tersedia, maka merenovasi rumah menjadi dua lantai adalah satu-satunya solusi memperluas rumah. 

3. Memanfaatkan struktur asli rumah 
Pembuatan struktur baru akan memakan banyak biaya dan waktu, apalagi struktur beton. Manfaatkan struktur pondasi, balok, dan kolom yang sudah ada. Bila membuat struktur baru tak terhindarkan, pilihlah material baja. Proses pemasangan konstruksi baja lebih cepat, sehingga bisa menghemat upah pekerja. 

4. Renovasi bertahap
Memperluas rumah sangat mendesak untuk dilakukan, tapi bujet sangat terbatas? Solusinya, lakukan renovasi secara bertahap. Namun tetap ada kemungkinan biaya material akan naik di tahun-tahun berikutnya. 

5. Jangan ketinggalan diskon 
Saat ini supermarket bahan bangunan sudah bermunculan di beberapa kota besar. Masing-masing supermarket kerap mengadakan program diskon yang berbeda satu sama lain. Akan tetapi keberadaan supermarket ini mungkin belum menyentuh daerah-daerah pelosok. Toko bangunan konvensional biasanya memberikan perlakuan khusus untuk pelanggan setianya. Misalnya, kesempatan membayar bahan bangunan dengan cara mengangsur. 

6. Cat ulang 
Bila hanya bagian belakang atau bagian lain rumah saja yang direnovasi atau diubah menjadi dua lantai, pengecatan ulang seluruh bagian rumah lainnya bisa dilakukan untuk memberikan penampilan baru yang hemat biaya. Warna cat sebaiknya disesuaikan dengan warna dinding, pintu, dan jendela di ruangan baru agar tercipta kesinambungan. 

5. Tips memilih kontraktor borongan untuk memperluas rumah

Menggunakan jasa kontraktor dan atau pekerja borongan sering dianggap sebagai solusi praktis oleh mereka yang berniat merenovasi rumah. Sebabnya, ada kontraktor yang menyediakan jasa pengadaan material sehingga pemilik rumah tak perlu repot mencari dan membeli material sendiri. Kedua, sistem borongan juga akan lebih hemat dari segi pengeluaran untuk membayar pekerja bangunan. Meski demikian, namanya juga manusia, selalu tak luput dari kekurangan dan kelebihan. Ada kalanya kontraktor dan pekerja borongan bersikap kurang profesional, sehingga hasil renovasi rumah cepat rusak atau bahan yang digunakan tidak sesuai dengan permintaan pemilik rumah. 

homify memiliki beberapa tips untuk memilih kontraktor dan atau pekerja borongan yang bisa diandalkan: 

1. Minta saran orang terdekat 
Mintalah bantuan anggota keluarga atau kerabat untuk mencari kontraktor dan pekerja borongan yang sudah berpengalaman. Bila pemilik rumah tinggal jauh dari sanak famili, masih ada teman kerja atau tetangga yang bisa dimintai saran. Jangan mudah tertipu iklan jasa kontraktor atau pekerja di bawah harga standar, karena yang murah belum tentu berkualitas. 

2. Buat jadwal
Meski kontraktor mungkin sudah membuat jadwal pengerjaan renovasi rumah, ada baiknya pemilik rumah juga membuat jadwal proyek sendiri. Atau lebih baik lagi bila pemilik rumah dan kontraktor bisa membicarakan baik-baik dan membuat jadwal pengerjaan bersama. Dengan adanya jadwal, kedua pihak akan diuntungkan dan bisa saling menjaga. Kontraktor dan pekerja bangunan harus melaksanakan pekerjaan sesuai jadwal. Sementara pemilik rumah juga bisa lebih tenang karena pos pengeluaran untuk membayar upah pekerja tidak melebihi bujet. 

3. Sistem borongan upah
Seperti yang pernah kami ulas sebelumnya, ada dua sistem borongan, yaitu sistem borongan penuh dan sistem borongan upah. Menggunakan jasa sistem borongan penuh artinya pemilik rumah memercayakan urusan pengadaan material bangunan pada kontraktor. Bila pemilik rumah tidak dapat menemukan atau merasa ragu dengan kredibilitas kontraktor, maka pengadaan material harus diusahakan sendiri dan menyewa jasa kontraktor dengan sistem borongan upah.  

4. Garansi 
Sebelum pemilik rumah memutuskan menggunakan jasa kontraktor atau pekerja borongan, ia dapat bertanya apakah mereka bersedia memberikan jaminan atau garansi atas hasil kerja mereka. Garansi di sini artinya kontraktor bersedia memperbaiki atau membangun ulang bagian rumah yang selesai mereka kerjakan tetapi mengalami kerusakan tak lama setelah proyek renovasi dinyatakan selesai. Garansi juga termasuk adanya kekeliruan pengerjaan renovasi rumah yang tak sesuai dengan desain. 

Menurut Anda, adakah perbedaan antara biaya memperluas rumah skala kecil dan skala besar? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!