Botanica Apartment @ Kebayoran:  Kamar Tidur by Simply Arch.

10 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sempit

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kamar tidur bukan hanya sebagai tempat beristirahat. Di ruangan ini seseorang bisa berkontemplasi, meluangkan waktu untuk berdiam diri sejenak dan menyatukan pikiran untuk mencari kemungkinan arah atau tindakan berikutnya esok hari. Ini perlu dilakukan agar tidur lebih nyenyak, agar pikiran tidak terganggu akibat masalah atau pekerjaan yang belum selesai. Kualitas tidur sebaiknya jangan disepelekan karena ini erat kaitannya dengan kondisi psikologis saat menghadapi tantangan dalam rutinitas hidup sehari-hari. 

Namun, bisakah semua itu terlaksana dalam sebuah kamar tidur sempit? Tentu saja bisa. Situasi terbatas hendaknya bukan menjadi penghalang untuk menciptakan istirahat berkualitas dan menyehatkan jiwa. Kami akan memberikan contoh melalui beberapa ide dekorasi kamar tidur sempit berikut ini. 

1. Cahaya untuk dekorasi kamar tidur sempit secara alami

Mari kita mulai dari hal yang paling sederhana, yaitu cahaya. Kita tidak perlu beli cahaya, karena bisa didapatkan secara gratis setiap hari. Suasana sempit dan sesak di sebuah kamar tidur bisa diatasi dengan membiarkan sebanyak mungkin cahaya masuk ke kamar. Selain itu, pandangan lepas pada panorama di luar jendela bisa menciptakan kesan luas, baik di kamar tidur maupun dalam pikiran kita. Tersedia banyak pilihan bingkai plus daun jendela berdasarkan bahannya. Harga kusen jendela aluminium saat ini berkisar antara Rp 120 ribu sampai Rp 320 ribu per meter. Sedangkan kusen jendela uPVC berkisar antara Rp 215 ribu sampai Rp 250 ribu per meter. Sementara yang paling mahal adalah kusen jendela dari bahan kayu, yang harganya berkisar antara Rp 85 ribu sampai Rp 650 ribu per meter (berdasarkan jenis kayu dan ukurannya). Kusen jendela kayu jati harganya bisa mencapai jutaan rupiah per meter. Perlu diketahui bahwa harga-harga di sini belum termasuk harga daun jendela dan kacanya. 

2. Kesinambungan warna

Memiliki kamar tidur sempit, bukan berarti estetika visual diabaikan begitu saja. Memilih seprei dan sarung bantal yang serasi dengan warna dinding bisa membuat kamar tidur terlihat lebih cantik dan menggoda untuk tidur berlama-lama. Bisa juga ditambahkan hiasan dinding seperti wallpaper atau stiker dinding dengan motif simpel, tidak terlalu detil, dan lebih baik lagi bila serasi dengan warna dinding dan perabot lain di kamar tidur. 

3. Hindari tempat tidur besar

Mr. Teuku Irmasnyah Bedroom Design:  Kamar Tidur by SEKALA Studio
SEKALA Studio

Mr. Teuku Irmasnyah Bedroom Design

SEKALA Studio

Bila kamar tidur sempit, maka ada baiknya memilih ranjang tanpa kepala tempat tidur atau kaki tempat tidur. Meski tampaknya sepele, kaki ranjang dari kayu jati model lama bisa menimbulkan kesan penuh sesak secara visual. Apalagi bila kepala dan kaki tempat tidur bermotif rumit dan terlalu banyak detil. Lemari dinding dengan pintu geser juga solusi praktis untuk atasi masalah keterbatasan ruang di kamar tidur sempit. Pertimbangkan untuk mengganti tempat tidur lama dengan tempat tidur minimalis. Saat ini tempat tidur minimalis tipe king size ditawarkan sekitar Rp 2 juta sampai Rp 3 juta per unit. Sedangkan lemari tanam dinding bisa dibuat berdasarkan pesanan, dan harganya berkisar antara Rp 2 juta – Rp 3 juta per meter persegi berdasarkan bahan dan jenis finishingnya. 

4. Rak dinding tempel sempurna untuk dekorasi kamar tidur sempit

Studio Apartment - Margonda Residence 2:  Kamar Tidur by RANAH
RANAH

Studio Apartment – Margonda Residence 2

RANAH

Rak dinding tempel tak perlu diragukan lagi kehandalannya dalam menghemat ruang sekaligus mempercantiknya. Buku, benda-benda hiasan, atau bingkai foto bisa diletakkan di atasnya. Rak dinding tempel siap pakai saat ini dijual seharga Rp 145 ribu sampai Rp 200 ribu per satu setnya (biasanya terdiri dari tiga rak dinding tempel dengan ukuran besar kecil). Bila ada waktu luang, kita juga bisa membuat sendiri rak dinding tempel dengan cara sebagai berikut: 

Alat dan bahan: 
1. Rangka besi
2. Sekrup
3. Paku
4. Kayu atau multipleks
5. Gergaji
6. Bor
7. Amplas
8. Cat kayu 
9. Palu 

Cara membuat:
1. Siapkan rangka besi berbentuk seperti huruf E yang bisa dipesan atau bisa juga dibuat sendiri
2. Lubangi sisi rangka besi agar rangka dapat dipaku ke dinding
3. Potong kayu menjadi dua sesuai keinginan
4. Amplas kayu yang sudah dipotong sampai halus
5. Sambung kayu sesuai model yang diinginkan menggunakan paku kecil. Kosongkan salah satu bagiannya agar rangka besi dapat masuk ke dalamnya
6. Warnai rak kayu menggunakan cat kayu dengan warna pilihan
7. Pasang rangka besi pada dinding dan bor menggunakan baut 
8. Tempelkan rak kayu ke dinding dengan cara memasukkan rangka besi ke dalam rangka kayu. 

5. Dorong tempat tidur ke sudut

COZY PLACE FOR WEEKEND GETAWAY @ GREEN PRAMUKA APARTMENT, EAST JAKARTA:  Kamar Tidur by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (D&H Interior)
PT. Dekorasi Hunian Indonesia (D&H Interior)

COZY PLACE FOR WEEKEND GETAWAY @ GREEN PRAMUKA APARTMENT, EAST JAKARTA

PT. Dekorasi Hunian Indonesia (D&H Interior)

Mendorong tempat tidur sampai ke sudut kamar juga bisa memberikan atmosfer berbeda pada kamar tidur sempit. Dengan cara ini, maka akan tersedia ruang kosong di antara tempat tidur dan pintu sehingga ruangan akan terkesan lebih luas. Selain itu, tempat tidur yang menempel di sudut akan memberikan kesan nyaman dan aman saat tidur. Agar tak seperti kamar kos jaman sekolah, bisa ditambahkan pernak-pernik seperti permadani atau wallpaper dengan nuansa warna yang sama. 

6. Warna cerah paling cocok untuk dekorasi kamar tidur sempit

Warna cerah seperti putih, pink muda, dan warna pastel lainnya adalah warna yang paling cocok untuk kamar tidur sempit. Berkat warna cerah, kamar tidur akan terasa lebih terang sehingga kesan luas pun akan mengikutinya. Selain memilih cat dinding kamar tidur yang tepat, pemilihan warna seprei, tempat tidur, gorden, dan pernak-pernik lain seperti hiasan dinding juga perlu diperhatikan. Bila kurang suka dengan warna putih, bisa memilih warna lain yang cenderung muda. 

7. Aksen dinding sebagai dekorasi kamar tidur sempit

Botanica Apartment @ Kebayoran:  Kamar Tidur by Simply Arch.
Simply Arch.

Botanica Apartment @ Kebayoran

Simply Arch.

Memang, warna putih adalah warna yang paling tepat untuk menciptakan efek luas secara visual. Akan tetapi, itu bukan berarti warna gelap adalah warna terlarang. Mengingat terbatasnya ruang, maka tidak banyak elemen dekoratif yang bisa dimasukkan ke kamar tidur. Bila dipaksakan, maka suasana kamar tidur akan terasa penuh dan ramai. Oleh karena itu, cara aman untuk mendekorasi kamar tidur sempit adalah dengan mengecat salah satu dinding dengan warna berbeda dari dinding lainnya. Untuk menciptakan kesan dramatis, bisa pilih warna gelap atau tempelkan wallpaper polos di dinding pilihan. Pada contoh ini, dua buah lukisan hitam putih ditempatkan di dinding abu-abu untuk menyamarkan nuansa suram yang dipancarkannya. 

8. Tempat tidur berlaci

Studio Apartment - Bintaro Plaza Residence:  Kamar Tidur by RANAH
RANAH

Studio Apartment – Bintaro Plaza Residence

RANAH

Seperti yang selalu kami tekankan di ulasan-ulasan sebelumnya, tempat penyimpanan adalah sesuatu yang wajib diperhatikan di ruangan apapun dengan dimensi terbatas. Semua peralatan sehari-hari bisa disimpan di dalamnya untuk menjaga ruangan agar tetap rapi dengan sedikit barang yang terlihat di luar. Selain itu, tempat penyimpanan akan memudahkan kita untuk mencari barang apa saja ketika kita membutuhkannya. Bila lemari membuat kamar tidur sempit tampak jadi tambah sempit, laci di bawah tempat tidur akan menggantikan fungsinya. Saat ini tempat tidur berlaci sudah bisa ditemui dengan mudah di pasaran, dan ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp 2 juta sampai Rp 5 juta untuk dipan berlaci king size. 

9. Gaya Skandinavia minimalis

Ada alasan mengapa gaya minimalis menjadi tren. Dengan menerapkan minimalisme, orang akan terbiasa untuk hidup tidak berlebihan dan bukan hanya untuk tujuan mengikuti tren interior saja. Mereka yang mempunyai kamar tidur sempit sebagai ruang beristirahat sebaiknya mencermati latar belakang lahirnya gaya Skandinavia di artikel ini, agar termotivasi dan tidak berkecil hati dengan keterbatasan ruang. Menggabungkan gaya Skandinavia dan minimalis menjadi satu akan menghasilkan ruang istirahat yang nyaman tapi simpel. Selain langkah-langkah di atas, perlu dipertimbangkan pemilihan furnitur lain seperti nakas dan bangku yang terbuka. Terbuka di sini artinya kaki kursi atau meja tidak menutup ruang di belakangnya. Bentuk bulat juga perlu dihadirkan untuk menciptakan kesan melebar dan gerak semu. Lampu samping tempat tidur bisa digantung seperti contoh di atas, agar nakas bisa dipakai untuk meletakkan barang-barang lain. Satu lagi, usahakan agar ukuran furnitur pelengkap kecil dan ramping. Nakas seperti pada gambar ini juga telah tersedia di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 200 ribu per satu unit. 

10. Tempat tidur sebagai fokus utama

Apakah guna kamar tidur kalau tidak untuk tidur? Faktanya, kehidupan modern yang lebih baik daripada generasi sebelumnya justru menciptakan masyarakat yang lebih rentan insomnia. Baik anak-anak, dewasa, atau orang tua, semua mengalaminya. Bukan kamar tidur sempit yang harus disalahkan, melainkan dekorasi kamar tidurnya. Ubahlah agar tempat tidur menjadi fokus utama di kamar tidur. Bisa dengan menempelkan wallpaper bermotif besar persis di kepala tempat tidur, atau mengganti seprei dan bed cover dengan warna-warna kontras yang saling bertabrakan. Mengganti sprei adalah cara yang paling ekonomis karena harga satu set sprei king size maksimal Rp 153 ribu. Apa pun bisa dilakukan sesuai selera agar perhatian tetap terpusat ke tempat tidur dan beristirahat sejak kaki melangkah masuk ke kamar tidur. Atau silakan meminta saran para ahli interior untuk dekorasi kamar tidur sempit yang terbaik. 

Apakah Anda punya ide lain untuk dekorasi kamar tidur sempit? Berbagilah dengan kami di kolom komentar. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!