Scandinavian @ Kalibata:   by INTERIORES - Interior Consultant & Build

Solusi Cerdas Menata Apartemen Studio dengan Gaya Skandinavia

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Tidak jarang berpikir bahwa ukuran rumah atau apartemen yang kecil akan sangat sulit didekorasi. Namun kenyataan yang sebenarnya tidak demikian, kita hanya perlu sedikit lebih cermat saja. Pada buku ide kali ini, kami akan membawa Anda ke salah satu contoh apartemen di Kalibata yang adalah merupakan karya salah satu professional Homify, Interiores yang berlokasi di area Tangerang. Dengan ukuran ruang yang tidak terlalu besar, professional kami berhasil mengatur ruang yang ada menjadi cantik secara dekorasi namun tetap memenuhi semua kebutuhan ruang pemiliknya.

Pilihan gaya yang dipilih oleh desainer serta pemilik rumah adalah gaya desain skandinavia. Dalam proyek ini, kita juga bisa melihat beberapa karakter utama desain skandinavia yang diterapkan dengan baik oleh perancang. Sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui lebih lanjut detail dari desain apartemen yang ada? Mari langsung kita lihat bersama.

1. Konsep Open Plan

Salah satu strategi desain yang patut Anda pertimbangkan ketika rumah atau apartemen Anda memiliki ukuran yang tidak besar adalah konsep Open Plan. Keuntungan terbesar konsep Open Plan adalah efek luas yang tercipta. Anda akan menjadi lupa berapa kecilnya apartemen Anda dalam ukuran Angka seluruh Apartemen bernaung dalam luasan satu ruang. Dengan menanggalkan dinding pemisah ruang tamu dan ruang tidur, seluruh rumah sekarang menjadi satu kesatuan seperti yang terlihat pada gambar diatas. Terlihat sangat luas bukan?

2. Flexible partition

Namun perancang menyadari bahwa aka nada saatnya pemilik rumah akan menginginkan ruangan yang lebih kecil untuk dirinya sendiri, bukan hamparan ruang luas yang kosong. Oleh karena itu, perancang menyiasati kebutuhan ini dengan menyediakan tirai pemisah antara ruang tidur dan ruang tamu yang sifatnya fleksibel. Tirai ini dapat dengan mudah dibuka pada saat pemilih rumah menginginkan ruang yang besar dan sebaliknya dapat ditarik untuk membatasi ruang pribadi menjadi sebatas ruang tidur saja.

3. Dapur yang Kompak dan Fungsional

Anda hobi memasak namun luasan dapur yang Anda miliki hanya sedikit? Jangan khawatir bahwa Anda tidak dapat memasukkan semua kebutuhan memasak Anda di dapur Anda yang terbatas. Dengan ukuran yang terbatas, Anda tetap dapat memasukkan kebutuhan mendasar untuk memasak seperti, kompor, tempat cuci piring, rak piring dan peralatan memasak, serta microwave. Yang penting untuk diingat adalah Anda memiliki area bawah dan atas meja kerja yang dapat Anda maksimalkan sebagai tempat penyimpanan. Bahkan microwave pun dapat Anda letakkan dibagian atas yang tentunya masih terjangkau tanpa tangga tambahan.

4. Material Alami dan Warna Netral

Memilih gaya dekorasi skandinavia secara tidaklangsung berarti Anda telah memilih dominasi warna netral serta material alami untuk dekorasi ruang Anda. Hal ini terlihat dari gambar di atas dimana untuk area dinding warna putih terlihat dominan dan untuk lantai material kayu yang mendominasi. Pemilihan warna dan material dapat juga saling melengkapi. Misalhnya pada area dinding, selain menggunakan cat plaster biasa, perancang juga menambahkan tekstur melaui pemakain material keramik pada dinding yang tentunya memperkaya detail dalam ruang.

5. Pilihan Perabot

Salah satu ciri khas skandinavia selain dari warna dan material adalah bentuk dan desain perabot. Berbeda dengan perabot modern yang cenderung kotak dan keras, perabot gaya skandinavia memancarkan pesona yang lebih lembut. Hal ini terlihat dari bentuknya yang lebih ringan dan dinamis, seperti sofa dan meja kopi pada gambar di atas. Tidak lupa, sedikit tanaman hijau akan menambah kecantikan pada ruang.

6. Desain Kamar Mandi

Selain material alami dan warna netral, desain skandinavia juga dapat dipadukan dengan aksen motif yang monokrom. Salah satu penerapannya terlihat pada desain kamar mandi dalam apartemen ini. Tambahan ragam motif yang tidak monoton sungguh membuat ruang yang ada menjadi terlihat menarik sekaligus elegan.

Khawatir tidak memiliki tempat untuk mesin cuci? Anda bisa mencontoh strategi desain yang diterapkan professional kami pada apartemen ini. Mesin cuci ditempatkan dibawah meja wastafel sehingga terlihat rapi sekaligus apik.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!