SA House:  Rumah tinggal  by ACCESS ARCHITECT

6 Inspirasi Fasad Rumah Keren Karya Arsitek Indonesia

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Tidak jarang kita selalu terpukau oleh karya – karya Arsitek luar negeri. Namun, sebaiknya kita tidak lupa untuk melihat karya – karya anak bangsa, sebelum terlanjur terbuai oleh desain – desain yang jauh dari kita. Ketika melihat desain dari luar negeri, kita harus selalu ingat akan adanya perbedaan cuaca dan iklim antara tempat kita berada, Indonesia, dengan luar negeri, khususnya negara empat musim. Perbedaan cuaca dan iklim akan menyebabkan perbedaan yang cukup signifikan pada bentuk desain. Namun, selain cuaca dan iklim, bentuk lahan dan jumlah lantai akan sangat berpengaruh juga pada desain fasad.

Pada buku ide kali ini kami telah mengumpulkan ide – ide fasad karya Arsitek Indonesia yang menarik dan kreatif serta tentunya sangat layak untuk menjadi inspirasi bagi rumah impian Anda. Segara garis besar kami akan mengkategorikan fasad yang ada melalui bentuk muka lahan (lebar atau sempit) serta jumlah lantai yang ada. Tanpa banyak basa – basi lagi, mari langsung kita lihat ragam desain fasad karya anak bangsa kita.

1. Fasad Modern Minimalis untuk Bangunan 1 – 1,5 Lantai

Fasad rumah tentunya adalah bagian yang sangat penting dalam desain sebuah rumah. Tampilannya akan menentukan kesan pertama bagi orang yang melihatnya. Tidak jarang gaya desain yang ada juga mencerminkan kepribadian pemilik rumahnya. Bagi Anda yang menyukai desain yang sederhana dan tidak kasat waktu, pilihan gaya modern minimalis dapat Anda pertimbangkan.

Salah satu contoh karya fasad modern minimalis dapat kita lihat dari karya professional kami Axis&M Architects. Di sini perancang menggunakan kombinasi material yang didominasi cat plaster. Tambahan aksen melalui penambahan material batu serta kayu pada kusen jendela membuat desain yang ada menjadi lebih manis. Permainan tekstur vertikal pada cat plaster menyamarkan bidang besar menjadi terlihat ramping.

Professional kami yang lain, Kollatera Studio, memiliki pendekatan yang berbeda untuk fasad modern minimalis. Perancang di sini menekankan kesederhanaan desain serta kemewahan material batu. Hal ini terlihat dari penggunaan material yang terbatas pada batu untuk muka bangunan. 

2. Fasad Tradisional Modern untuk Bangunan 1 -1,5 Lantai

Sering kali kita berpikir bahwa atap miring hanya untuk atap rumah tradisional saja. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar, karena saat ini sudah banyak desain rumah modern yang juga menggunakan atap miring. Dan hebatnya, desain yang ada sama sekali tidak terlihat kuno atau membosankan. Salah satu contohnya adalah karya Griya Cipta Studio.

Keuntungan desain fasad dengan atap miring adalah rumah Anda akan terlihat lebih tinggi dan bervolume dibandingkan desain fasad dengan atap datar. Kombinasi material juga dapat menjadi lebih bervariasi dan kaya bila dibandingkan dengan fasad modern minimalis yang pada umumnya lebih sederhana dan minimal. Salah satunya dapat dilihat karya professional kami, Zetka Arsitek.

3. Fasad Tradisional Modern untuk Bangunan 2 Lantai

Tidak hanya dapat diterapkan pada bangunan 1 lantai, fasad modern tradisional yang ditandai dengan pengunaan atap miring juga dapat diterapkan pada bangunan dua lantai. Karya desainer, Sekala Studio, dapat menjadi salah satu contoh desain fasad tradisional modern yang diterapkan pada bangunan dua lantai. Keunikan desain fasad ini adalah penggunaan material bata hanya pada bagian atas saja yang memberi kesan seolah-olah bangunan yang ada melayang.

Mirip dengan desain sebelumnya, Atelier BAOU+ juga menerapkan gaya tradisional modern pada desainnya. Namun perbedaannya di sini, desainer menggunakan kombinasi material yang lebih kaya dari desain sebelumnya. Material yang terlihat digunakan di sini adalah beton serta cat plaster.

Selain itu, jika kita lihat secara lebih detail desain pagar juga dapat mempengaruhi fasad rumah. Jangan lewatkan inspirasi desain untuk pagar rumah Anda di sini.

4. Fasad Modern Minimalis untuk Bangunan 2 Lantai

Kembali pada gaya modern minimalis, gaya ini juga dapat diterapkan pada bangunan dua lantai. Dengan area desain yang lebih besar, permainan bidang dan material yang merupakan ciri khas dari gaya modern menjadi semakin terlihat jelas di sini. Professional kami, atelier Ara berhasil mendemonstrasikan kombinasi material kayu, kaca, batu dan cat plaster pada desain fasad ini dengan sempurna.

Tidak kalah dengan desain sebelumnya, penambahan bidang atap yang didukung dengan desain pencahayaan yang baik membuat desain fasad yang ada terlihat sangat ringan dan tentunya menarik.

5. Fasad Modern Minimalis untuk Bangunan 2 Lantai di Lahan Lebar

Jika Anda memiliki lahan yang cukup besar, Anda dapat mempertimbangkan penambahan kisi – kisi pada desain fasad rumah Anda. Khususnya untuk Indonesia yang beriklim tropis, selain berfungsi sebagai elemen estetika, kisi – kisi juga berfungsi untuk mengurangi panas yang masuk ke bagian dalam rumah, namun tetap memberikan akses bagi terang cahaya untuk masuk ke dalam ruangan.

SETRA DUTA HOUSE - BANDUNG, JAWA BARAT:  Rumah by IMG ARCHITECTS
IMG ARCHITECTS

SETRA DUTA HOUSE – BANDUNG, JAWA BARAT

IMG ARCHITECTS

Jika desain fasad oleh Access Architect menggunakan elemen horizontal, desain dari IMG Architects memberikan kita gambaran alternatif jika menggunakan elemen vertikal serta diagonal. Sangat kreatif bukan kedua desain ini?

6. Fasad Minimalis untuk Bangunan 2 Lantai

NIght View Tampak Depan Ahouse:  Rumah by studiopapa
studiopapa

NIght View Tampak Depan Ahouse

studiopapa

Selain Modern Minimalis ataupun Tradisional Minimalis, desain yang minimalis saja juga dapat menjadi pilihan bagi Anda. Pada umumnya fasad minimalis didominasi oleh bentuk ruang dasar, yaitu kotak. Pemilihan material untuk fasad juga lebih monoton dan minimal, namun memancarkan keindahannya tersendiri. Salah satu contohnya adalah karya Studiopapa yang hanya menggunakan material cat plaster putih.

Contoh lain dari professional kami, Tamara Wibowo Architects, menggunakan material beton ekspose yang dikombinasi dengan aksen material kayu. Tidak kalah penting di sini adalah penempatan elemen tanaman di Taman yang juga menjadi elemen pemanis pada desain rumah Anda.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!