'S' house:  Rumah tinggal  by Simple Projects Architecture

10 Inspirasi Top Interior Minimalis Modern

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Rumah yang satu ini terletak di kawasan elit Surabaya bagian barat dan merupakan proyek dari Simple Project Architecture. Luas area lahannya sendiri sebesar 190 meter persegi dengan area hunian 295 meter persegi, dibangun di tahun 2015. Dibandingkan dengan rumah-rumah yang ada di sekitarnya, rumah yang satu ini mencolok karena penggunaan material desain umum yang ditingkatkan kualitasnya lewat desain yang menarik. Bagaimana detail unik di setiap sudut rumahnya? Berikut tur ke area rumah ini.

1. Tampak luar

Arsitek sengaja mendesain rumah ini agar memiliki flow dari 'dalam ke luar'. Dari luar, terlihat adanya tambahan aksen yang tampak seperti kayu, namun sebenarnya adalah material besi plat yang ditekuk manual. Pemilihan material ini lebih murah daripada kayu dan lebih ringan. Rumah menjadi menarik secara estetika dan bidang massa bangunan juga berhasil diperluas sehingga tidak terasa datar.

2. Tampak dekat kisi-kisi outdoor

Bebasnya arsitek bereksplorasi dalam proyek ini tentu tidak terlepas dari kerjasama pemilik rumah. Detail tampak dekat kisi-kisi warna kayu dari bahan besi ini menambah semarak rumah dan ventilasi horizontal bergaya tropis modern pada salah satu sudut rumah ini.

3. Area depan rumah

Area depan rumah dibangun dengan logo komersil sebagai area penerimaan tamu dan customer dari pemilik bangunan. Rumah ini sekaligus difungsikan sebagai kantor bagi pemilik rumahnya, sehingga diperlukan area komersil yang mengundang namun tetap nyaman sebagai hunian sehari-hari.

4. Bagian bawah kisi-kisi

Dilihat dari sudut pandang berikut, dapat dilihat bagian bawah kisi-kisi yang tersusun rapi. Pekerjaan mendetail seperti ini tentulah tidak memakan waktu yang singkat. Rumah berhasil menjadi hunian nyaman sekaligus karya arsitek yang menawan hanya akan terwujud dari kerjasama antara pengembang, desainer dan pemilik rumah.

5. Sekat metal

Tatanan layout ruangan dalam hunian yang satu ini diminimalisir dari sekat-sekat yang terlalu mendominasi karena desain interior rumah yang mengadopsi tipe open plan dan compact. Sekat metal stylish berikut hadir dalam warna hitam dan metalik yang menekankan kesan minimalis modern pada rumah.

6. Permukaan lantai beton dan kayu

Melihat gambar yang satu ini, terlihat jelas adanya upaya desain yang 'mengalir' antara bagian indoor dan outdoor lewat pemilihan lantai kayu dan beton yang memisahkan area dalam dan luar. Pada salah satu petaknya terdapat juga area berumput kecil yang akan menjadi inspirasi selanjutnya bagi taman di area dalam rumah yang sejuk.

7. Tangga-tangga dengan aksen stripes

Aksen stripes yang mendominasi tidak hanya berada pada area tampak luar rumah saja. Pada tangga utama di rumah ini, terdapat guard rail yang aman dan senada dengan tema garis-garis. Garis vertikal ini terbuat dari besi beton berdiameter 16 mm. 

8. Keseluruhan tampilan tangga

Tangga yang dibangun untuk rumah ini berhasil menjadi aksen unik di area ruang keluarga. Fakta menarik dari tatanan desain tangga ini adalah semua material yang dipilih adalah material murah dan yang biasa digunakan dalam dunia konstruksi pada umumnya,. Nilai tambahnya terletak pada bagaimana arsitek mengolah material-material ini secara  terencana sehingga terlihat menjadi material yang memiliki nilai seni tinggi. Pencahayaan pada tangga yang disembunyikan di balik pegagan tangga pun menjadi penambah kesan minimalis yang indah.

9. Dominasi furnitur kayu

Layout rumah ini telah diperhitungkan sedemikian rupa agar mengalir dari sisi timur ke barat bangunan, sehingga cahaya panas matahari memiliki intensitas yang teratur. Karenanya, mungkin bagi rumah ini untuk memiliki taman yang menyumbangkan sirkulasi udara bagi area indoor. Tatanan terbuka namun tetap ringkas terlihat pada sudut dengan latar taman berikut ini.

Tidak hanya itu, dominasi furnitur kayu nampak pada sudut yang satu ini. Material kayu jelas pilihan yang paling tepat untuk gaya tropis modern yang hangat dan nyaman.

10. Taman dalam rumah

Taman dalam rumah ini memiliki dimensi 2m x 8m, terletak di sisi timur bangunan agar mendapatkan cukup sinar matahari. Pohon berikut adalah jenis pohon Tabebuia di area taman dalam, yang menjadi 'focal point' dan menjadi kehidupan tersendiri dalam rumah. Yang brilian adalah pemilihan jenis tanaman, pengaturan dimensi dan posisi pohon sudah diperhitungkan sejak awal dan dibuat seminimal mungkin sehingga nantinya akan menyatu dengan keseluruhan area rumah. 

Dari inspirasi 'S House' ini kita dapat mempelajari fakta bahwa menghasilkan karya arsitektur yang terlihat sederhana (simple) saja ternyata sangatlah rumit. Meski begitu, kerjasama yang baik antara arsitek, pengembang dan pemilik menghasilkan sebuah rumah menawan dengan material unik dan terjangkau, serta sirkulasi dan pencahayaan alami dalam rumah yang sesuai. 

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!