Communal table:  Restoran by Spasi Architects

8 Peranan Warna Hitam Dalam Desain Interior

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Selayang pandang, kesan pertama yang didapat dari warna hitam adalah gelap. Tak bisa dihindari, warna hitam memang identik dengan rasa kelam yang kuat. Ketika memilih warna untuk mendesain interior rumah, hitam sering menjadi pilihan terakhir, atau malah tak diperhitungkan sama sekali. Hal ini dikarenakan adanya kekhawatiran bahwa pemilihan warna ini akan menyebabkan ruangan terlihat murung –atau suwung, seperti orang Jawa bilang-, dan menimbulkan kemalasan untuk melakukan apapun. Padahal, apabila mampu memadupadankan, hitam akan menjadi sentuhan eksotis yang mampu menyemarakkan ruangan.

Seperti halnya warna putih yang mudah disesuaikan dengan warna lain, warna hitam sebenarnya memiliki kontras yang sama walau dalam arti yang berlawanan. Jika warna putih akan mencerminkan kelembutan ketika dipadankan dengan warna lain, hitam akan memberikan ketegasan yang bisa menarik perhatian tanpa terlihat terlalu mendominasi. Keberanian dalam mengkombinasikan warna hitam dengan warna-warna lain bisa memberikan rasa yang berbeda ketika memasuki sebuah ruangan.

Sebagai contoh, mari kita lihat beberapa perpaduan antara hitam dan warna-warna lain:

1. ​Hitam dan Putih

Paduan warna hitam putih mungkin salah satu paduan warna yang paling banyak diminati. Monokrom, sebagaimana paduan ini biasa disebut, akan menghasilkan kombinasi kontras yang anehnya terlihat sesuai.

Pada ruangan berwarna putih ini, kehadiran warna hitam kuat mendominasi seluruh ruangan.Kitchen set berwarna hitam memunculkan kesan kokoh. Warna hitam menghilangkan kesan pucat yang biasanya muncul apabila putih dipilih menjadi warna utama. Warna hitam di ruangan ini malah menguatkan kesan terang dan bersih yang selama ini identik dengan warna putih. Terasa sederhana tapi tetap berwibawa. Tak perlu berlebihan dengan pernak-pernik yang bakal mengurangi keanggunan ruangan ini.

Perpaduan warna hitam dan putih juga bagus digunakan sebagai eksterior. Ukuran rumah yang kecil membuat orang terkadang malas untuk meluangkan waktu untuk sekadar menghiasnya, sehingga banyak ruangan kecil, semacam paviliun atau gudang di luar rumah utama, cenderung kusam dan terlupakan.

Dinding luar ruangan kecil ini dicat dengan pembagian warna yang sedikit sentuhan warna kebalikannya. Bagian atas, hitam dengan bingkai jendela berwarna putih. Bagian bawah, putih dengan sedikit lantai hitam berwarna hitam di depan pintu. Apa kesan yang muncul? Modern dan keren. Walau tentu tetap tak bisa melebarkan tampilan ukuran rumah, perpaduan warna ini memunculkan sesuatu yang enak dipandang dan membuat orang yang menatap berdecak kagum.

2. Kenyamanan Ruang

Warna hitam di sini hanya muncul pada sofa, TV, bar stool, dan lampu. Tetapi rasa elegan langsung terasa. Warna hitam mampu memberikan warna pembeda yang kehadirannya menimbulkan ruang yang nyaman. Ada kalanya orang terpaku pada keeleganan tetapi tidak bisa menikmati apa yang dibaliknya. Dalam ruangan ini, sofa hitam menimbulkan suasana yang nyaman di tengah dominasi warna gading. Sangat nyaman tentunya bergelung di sofa hitam sambil menonton televisi. Bar stool semacam twist yang membuat perhatian mengarah ke sana, tempat yang nyaman untuk makan dan minum dengan santai. Mudah dibayangkan, percakapan santai akan timbul, kadang bermakna, kadang hanya karena saling menikmati kehadiran masing-masing. Dan tak lupa, pencahayaan yang diselubungi kap lampu warna hitam, memberikan kesan tegas namun tak mencolok.

3. Ruangan yang bersinar

Hitam memang hanya muncul pada beberapa item di ruangan ini. Dinding putih, lantai cokelat dan beberapa meja kursi berwarna putih dan cokelat sepertinya menjadi fokus utama ketika mendesain ruangan ini. Namun, pemilihan warna hitam untuk wallshelf  yang mengisi sebagian dinding, meja bar beserta tempat gantungan untuk menaruh gelas saji, kap lampu, laptop, showcase cooler dan tiang penyangga bangunan, secara mengejutkan menimbulkan kesan dominan yang menarik perhatian pengunjung ruangan cafe ini. Ditambah dengan sedikit warna kuning  sebagai hiasan atap, meski warna kontras itu membuat dahi mengernyit karena hampir kemustahilannya, kesan ruangan yang bersinar malah terbayang jelas. Siapa pun pasti bersedia menghabiskan waktu di ruangan sewarna ini. Karena, alih-alih terasa terkungkung dengan kuatnya warna hitam, sedikit senyum bahagia pasti akan terbit ketika menghabiskan waktu di ruangan indah ini. Ada perasaan bahwa tak perlu dunia yang sangat terang untuk bisa menikmati hidup dengan bahagia.

​4. Kelembutan dari Sebuah Keanggunan

Apa yang tampak dari desain kamar mandi ini adalah anggun. Warna putih untuk kloset dan wastafel serta dinding berwarna marmer, semua menyebutkan keanggunan yang membuat orang nyaman. Namun, sedikit warna hitam dari lemari penyimpanan, kran air dan kap lampu memberikan kesan kelembutan yang menyejukkan. Anggun di ruangan ini bukannya anggun yang dingin dan tak tersentuh, namun anggun yang mampu memberi senyuman dan rasa nyaman, sesuai dengan fungsi dibangunnya ruangan ini.

5. ​Kegelapan yang Menenangkan

Semua isi ruangan ini secara gamblang meneriakkan hitam. Seperangkat meja dan kursi warna hitam tanpa ada ornamen lain, dinding motif bata berwarna hitam kelam, lantai juga tak tertinggal berwarna hitam serta bingkai jendela pun tak luput berwarna hitam. Tapi pemilihan warna hitam yang doff menimbulkan kesan tenang. Berbeda dengan warna glossy yang berkilau, doff memberikan suasana yang ramah dan tenang. Hal ini terlihat dalam ruangan ini yang pasti bisa membuat semua orang berkumpul, berlama-lama, membicarakan banyak hal penuh dengan keakraban.

6. ​Sempit namun Luas

Warna hitam, meskipun doff sekalipun, memang akan membuat ruangan kecil makin terasa sempit. Nyaman memang, tetapi jika kesan sempit sangat terasa, rasa sesak tak terhindarkan akan meyebabkan orang segera keluar dari ruangan ini. Sayang apabila pikiran itu bisa timbul, karena ruangan ini sepertinya ditujukan untuk memberikan kenyamanan lewat sofa lebar yang ditujukan untuk duduk santai sambil mengobrol ditemani dengan secangkir teh panas maupun cokelat hangat yang bisa ditaruh di meja-meja kecil bulat itu. Tetapi, dengan perpaduan beberapa hiasan kecil, ruangan ini bisa berubah. Bantal bersarung warna pink lembut, tak usah banyak, hanya supaya bisa dipeluk dengan nyaman, mampu membuat ruangan ini lebih cerah dan terang. Serta tak ketinggalan, dua lampu tempel, walau masih berwarna hitam, ketika diletakkan di tempat yang tepat, akan memberikan efek

7. Tak terlihat namun tampak

MAKNA CREATIVE OFFICE:   by FIANO INTERIOR
FIANO INTERIOR

MAKNA CREATIVE OFFICE

FIANO INTERIOR

Dominasi warna putih terlihat jelas di sini. Terlihat terang, pucat dan silau karena kuatnya warna putih yang terlihat. Namun, sesuatu yang menarik perhatian adalah kap lampu, frame picture, tiang penyangga meja dan bahkan warna speaker dan laptop. Bentuk-bentuk berwarna hitam bahkan bukan sesautu yang besar, namun kehadiran warna hitam di ruangan serba putih ini mampu memberikan pengaruh kuat untuk membuat ruangan ini lebih hidup

8. Kilau Mewah Hitam

Selama ini, kita tahu bahwa warna yang bisa memberikan kesan mewah adalah emas. Tetapi hitam ternyata bisa memunculkan kesan itu juga. Pada ruangan ini, kesan mewah jelas terlihat dari pemilihan warna hitam yang glossy. Dinding hitam glossy memantulkan pencahayaan lampu kuning sehingga menimbulkan kilau yang membuat orang tak ingin berkedip. Karena berbeda dengan warna dominan emas yang akan membuat mata sakit karena kilaunya, kilau glossy hitam memberikan sentuhan lembut yang membuat kita takjub tapi tak sampai silau. Lantai hitam yang juga glossy dengan semburat emas tipis menunjukkan kilat mewah yang bisa membuat orang berpikir, tak apakah menapakkan kaki di sini? Bahkan pintu dan pemisah ruangan atas yang berwarna putih bisa menguatkan kesan ruangan dominan hitam ini sebagai ruangan yang mewah dan berkilau.

Dari berbagai ruangan di atas kita bisa melihat jika hitam ada warna dengan sejuta pesona. Tergantung paduan warna yang berbeda, kesan yang ditimbulkan pun akan berbeda, dan ajaibnya, semua tak ada yang tak indah. Nyaman, mewah, tenang, sexy, lembut, dan segala macam kata sifat yang bisa timbul. Semua bisa terbantu, baik jika hitam dipilih sebagai warna dominan, maupun hanya sebagai aksen yang mungkin munculnya secara sambil lalu.  Tak pernah salah memasukkan warna hitam. Karena itu, bisa dikatakan, hitam adalah raja segala warna.

Restoran "Trattoria":  Restoran by samma design
samma design

Restoran Trattoria

samma design

Dari berbagai ruangan di atas kita bisa melihat jika hitam ada warna dengan sejuta pesona. Tergantung paduan warna yang berbeda, kesan yang ditimbulkan pun akan berbeda, dan ajaibnya, semua tak ada yang tak indah. Nyaman, mewah, tenang, sexy, lembut, dan segala macam kata sifat yang bisa timbul. Semua bisa terbantu, baik jika hitam dipilih sebagai warna dominan, maupun hanya sebagai aksen yang mungkin munculnya secara sambil lalu.  Tak pernah salah memasukkan warna hitam. Karena itu, bisa dikatakan, hitam adalah raja segala warna.

Masih ragu bagaimana menempatkan warna hitam dalam ruangan Anda? Hubungi tenaga arsitek untuk mendapatkan kombinasi warna hitam yang sesuai dengan kepribadian Anda. 

Jika ruangan anda cenderung berdimensi kecil, 10 warna ini dapat membuat ruangan sempit nampak lebih luas.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!