Dapur by Elena Arsentyeva

7 Tips Praktis Membersihkan Peralatan Dapur

Mamora Basaria Mamora Basaria

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Menjaga kebersihan dapur dan melakukan perawatan ekstra dalam merawat peralatan dapur itu penting untuk dilakukan. Karena berhubungan dengan makanan dan kesehatan, tentunya kita harus meluangkan waktu untuk membersihkan peralatan dapur secara rutin. Nah, untuk Anda yang membutuhkan tips untuk membersihkan peralatan dapur, pada Buku Ide ini kami akan memberikan hacks praktis yang sangat bermanfaat.

1. Membersihkan Microwave

Kadang kita suka malas membersihkan alat satu ini, padahal caranya cukup mudah loh. Nah, yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan microwave adalah mengisi mangkuk khusus microwave dengan secangkir air dan potongan 2 atau 4 buah lemon. Masukkan ke dalamnya, lalu nyalakan sekitar 5 menit, setelah itu keluarkan mangkuk dan Anda pun bisa membersihkan bagian dalam memakai kain lap. Meja putarnya pun jangan lupa dilepas dan dibersihkan yaa, bersihkan seperti mencuci piring dengan sabun pembersih piring.

2. Panci/Penggorengan

 Dapur by Rencraft
Rencraft

Mediterranean Style

Rencraft

Coba lihat apakah panci atau penggorengan Anda bagian belakangnya hitam dan berkerak? Kalau gitu langsung bersihkan yuk agar tampilannya kinclong lagi. Caranya nggak kalah gampang, campurkan baking soda dengan air secukupnya, kemudian oleskan campuran tersebut secara merata pada bagian yang berkerak. Diamkan sejenak, setelah itu barulah cuci hingga bersih.

3. Membersihkan Blender

Hampir setiap hari kita menggunakan blender, baik untuk membuat jus atau dipakai untuk menghaluskan berbagai bumbu untuk memasak. Nah, untuk membersihkannya masukkan cairan sabun cuci piring ke dalam blender dengan setengah gelas air hangat. Lalu nyalakan blender dengan kekuatan rendah saja ya selama 1 menit hingga gelas blendernya berbusa (jangan lupa pakai penutup blendernya). Buang air sabun dan bilas hingga bersih.

Oh ya, untuk membersihkan bilah blender-nya, Anda bisa menggunakan air panas dan sabun, gosok pelan-pelan dengan spons untuk menghilangkan kotorannya.

4. Membersihkan Rice Cooker

Agar panci rice cooker Anda awet dan dapat dipakai jangka lama, jangan lupa setiap kali setelah dipakai rendam dengan air hangat, agar sisa nasinya tidak menempel dan dapat dicuci dengan mudah. Bagian dalam rice cooker pun jangan lupa rutin dibersihkan. Caranya, basahi lap dengan sabun cuci piring, lalu seka dengan lembut. Setelah bersih, keringkan dengan lap yang kering ya.

5. Kompor Gas

Wah, kalau tidak dibersihkan pasti keadaan kompor Anda menjadi sangat kotor dan juga berminyak. Duh, karena dipakai untuk memasak makanan, jadi kompor pun harus higienis. Cara membersihkan ringnya, Anda bisa merendam ring menggunakan sabun cuci piring. Baiknya memakai air hangat untuk merendamnya. Setelah itu sikat dan bersihkan kotoran dan sisa minyak yang menempel, lalu bilas dan keringkan ring. Untuk keseluruhan permukaan kompor bersihkan dengan lap basah dan lap kering.

6. Membersihkan Kulkas

Pernahkah kulkas Anda berbau tidak sedap? Nah, daripada bahan-bahan makanan Anda menjadi busuk dan tidak dapat diolah, serta kulkas pun cepat rusak, baiknya kita membersihkannya secara teratur. Cara membersihkannya, keluarkan semua rak lalu cucilah dengan sabun cuci piring hingga bersih dan keringkan. Untuk bagian dalam kulkas, Anda bisa menyemprotan antibakteri khusus untuk kulkas, lalu lap dengan kain kering dan bersihkan.

7. Membersihkan Bak Cuci Piring

 Dapur by Cristiane Locatelli Arquitetos & Associados
Cristiane Locatelli Arquitetos & Associados

Apartamento do Homem Moderno – Morar Mais por Menos Vitoria 2015

Cristiane Locatelli Arquitetos & Associados

Bak cuci piring Anda tidak sedap dipandang karena kotor, berminyak dan memiliki noda membandel? Yuk langsung ambil spons/sikat, dan cuci bak menggunakan cairan pembersih cuci piring atau pembersih khusus. Untuk membuatnya tampil mengkilap, Anda bisa memakai cuka putih yang dicampurkan dengan air, lalu gosok secara perlahan dengan spons. Bilas dan keringkan dengan lap.

Dan untuk menghilangkan noda caranya cukup simpel loh. Anda bisa menggosok bak cuci piring memakai pasta gigi. Gosok secara perlahan lalu bilas dan keringkan.


Artikel Menarik Lainnya:

19 Cara Cerdas Menata Dapur

6 Ide Dekorasi Dapur Ekonomis

7 Ide Jenius Ruang Penyimpanan di Dapur

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!