Rumah by homify

3 Cara Membedakan Kualitas Perabot Kayu Jati

Marda Faqruradi Marda Faqruradi
Loading admin actions …

Kayu jati adalah kayu yang populer dengan pembuat perabot dan pembeli di seluruh dunia. Saking banyaknya peminat , penebangan hutan jati sekarang dikontrol secara ketat untuk memastikan pasokan kayu yang terus menerus dan untuk peremajaan. Apa yang membuat kayu jati begitu diinginkan?

Alasan memilih kayu jati

 Rumah by homify

1. Kekuatan

Jati adalah kayu keras. Ini kuat dan tahan lama, mampu menahan ekstrem panas dan dingin. Sementara ini menjadikannya kayu yang sangat baik untuk furnitur luar ruangan, itu juga berarti bahwa itu dapat memberikan seumur hidup dan lebih banyak digunakan di dalam ruangan. Ketahanannya berarti bahwa tidak cepat busuk atau cepat lapuk. Menggunakan jenis kayu jati yang tepat dan berkualitas baik dengan minyak dan karet dalam jumlah besar – dapat menghasilkan perabot indah menyatu  bagian dari interior rumah Anda 

2. Keindahan Warna dan jenis kayu jati membuatnya menjadi salah satu yang paling menarik bagi pembuat furnitur dan pemilik rumah. Sementara furnitur jati luar ruangan dapat diolah menjadi elemen warna perak abu-abu yang elegan sedangkan jati yang digunakan untuk keperluan dalam ruangan sering diminyaki untuk mempertahankan warna keemasannya yang hangat. Kekuatannya adalah nilai tambah nyata bagi para desainer furnitur, yang dapat menghasilkan berbagai potongan yang mungkin tidak layak menggunakan kayu lain yang lebih lembut, semuanya tergantung pada pilihan Anda memiliki pilihan lebih luas untuk memilih desain perabot dengan menggunakan kayu jati daripada lainnya. 

3. Adaptasi Manfaat alami dari jati; kekuatan, daya tahan, warna hangat, ketahanan terhadap rayap atau elemen merusak lainnya, menjadikannya kayu yang sangat mudah beradaptasi. Sifat tahan air dan kecenderungannya tidak lapuk dengan mudah membuatnya menjadi favorit bagi pembuat kapal selama ratusan tahun dan sejak itu telah digunakan untuk berbagai macam furnitur baik indoor maupun outdoor. Dari meja makan besar hingga lemari yang elegan dan furnitur teras, kayu jati memiliki fleksibilitas yang banyak dicari oleh para pembuat furnitur saat ini. 

Perabot Kayu Jati Untuk Luar Ruangan 

Fakta Penting Saat Membeli Salah satu pertimbangan logis terbesar bagi pembeli furnitur teras adalah harga. Sebagian besar dari kita tidak bisa membeli furnitur teras terbesar dan terbaik tanpa memperhatikan budget yang kita miliki. Nilai yang Anda dapatkan untuk uang Anda benar-benar sama pentingnya dengan jumlah yang Anda belanjakan. Jika Anda meluangkan waktu untuk menghitung nilai sebenarnya dari setiap pembelian furnitur, maka harga awal tidak akan menjadi indikasi nyata dari kualitas dan kegunaannya. Jadi bagaimana cara menilai nilai pada furnitur jati luar ruangan yang premium? Salah satu komponen penting untuk penilaian furnitur adalah daya tahannya. Lagi pula, jika satu set teras hanya bertahan satu musim maka itu pasti memiliki nilai kecil dan kemungkinan besar tidak sebanding dengan waktu dan upaya yang diperlukan untuk  membeli perabotan.

Furnitur jati luar ruangan premium tidak dibuat untuk digunakan selama satu atau dua musim lalu kemudian dibuang. Ketahanan kayu jati adalah terkenal di dunia dan telah digunakan untuk membangun pagar kapal dan produk serupa karena dapat berdiri untuk elemen-elemen – terutama hujan – tahun demi tahun. Kayu jati berasal dari Asia Tenggara dan membutuhkan waktu hampir 4 dekade untuk mencapai kedewasaan dan tahap di mana ia dapat digunakan untuk membuat furnitur dan produk-produk bagus lainnya. Kandungan minyak jati sangat tinggi dan membantu memberikan kualitas tahan cuaca pada kayu. Karena konsentrasi minyak yang tinggi di dalam kayu itu sendiri, furnitur luar berbahan kayu jati benar-benar dapat dibiarkan di luar musim demi musim dengan sedikit atau tanpa perawatan. Sangat mungkin bahwa set mebel berbahan kayu jati luar ruangan premium akan menjadi set perabot eksterior paling akhir yang pernah Anda beli — kualitasnya bagus! Selain daya tahan, komponen penting lainnya di setiap perabotan berbahan jati adalah keindahannya. Setelah semua, kursi yang terbuat dari stainless steel pasti akan bertahan selama bertahun-tahun di luar tanpa tanda-tanda memakai tetapi itu tidak berarti kita akan menginginkan perabotan berbahan metalik. Untungnya, mebel jati luar ruangan dibuat dengan warna cokelat keemasan yang memudar menjadi patina perak keabu-abuan seiring bergulirnya tahun dengan memberikan furnitur tampilan yang megah dan halus. Indah, sangat tahan lama, dan dirancang dengan mengutamakan kenyamanan, furnitur jati luar ruangan kelas premium adalah investasi yang sangat berharga untuk rumah keluarga Anda yang bertahun-tahun.

Pada prinsipnya, salah satu hal yang terpenting adalah memastikan integrasi ruang yang baik. Furnitur yang mahal dan elegan pun tidak akan memiliki tampilan yang baik jika tata ruangnya kurang memadai, karena kesalahan dalam metode menata ruang.

​Apa kayu jati ini asli?

Dempo Rumah Batik:  Kolam Renang by Jati and Teak
Jati and Teak

Dempo Rumah Batik

Jati and Teak

Perabot jati asli benar-benar Anda tidak perlu khawatir tentang hujan, salju atau matahari yang menyebabkan kerusakan. Ketika Anda membeli furnitur kayu jati asli dan meletakkannya di luar,  tidak perlu khawatir tentang kerusakan cuaca atau Anda harus melakukan banyak hal untuk menggunakannya selama musim semi dan musim panas. Di sisi lain, jika Anda membeli perabot untuk  luar ruangan dengan embel-embel Jati diminyaki atau lebih baik dari kayu jati tidak ada jaminan bagaimana untuk menyesuiakan produk tersebut dengan cuaca. Beberapa outlet menjual perabot kayu luar ruangan dengan frasa Perabot kayu jati yang berminyak yang berarti bahwa kayu telah dirawat dengan minyak jati. Perawatan minyak jati ini akan hilang selama periode waktu tertentu. Selain itu, semua pembeli harus memahami bahwa furnitur ini bukan kayu jati, meskipun banyak yang membelinya percaya dengan informasi tersebut. Asumsi ini bisa karena informasi yang salah pada bagian mereka atau informasi palsu pada bagian penjual. Salah satu alasan untuk masalah ini adalah fakta sederhana bahwa kita semua mencari deal yang bagus. Setiap orang ingin membayar lebih murah, menemukan deal yang bagus, untuk produk bermutu, begitu banyak sehingga kita sering lupa untuk mengajukan pertanyaan dan melakukan riset yang dibutuhkan sebagai jaminan ketika membeli, dan bisa mendapatkan sesuai harapan apa yang kita beli. Keterangan populer lainnya yang digunakan oleh banyak outlet adalah “perabotan seperti kayu jati”. Anda harus bertanya pada diri sendiri apa artinya ini. Kayu jati mengandung kandungan silika yang tinggi, akan mengatasi unsur-unsur, dan bertahan selama sekitar 75 hingga 100 tahun ketika dibiarkan di luar ruangan untuk menghadapi berbagai kondisi cuaca. Hanya kayu jati adalah satu-satunya jenis kayu, yang dapat membuat klaim ini.

Cara mengetahui keaslian kayu jati

 Rumah by homify

Adalah penting bahwa Anda mengetahui beberapa fakta mudah untuk membantu Anda menentukan apakah Anda membeli perabot kayu jati asli. Saat berbelanja kayu jati, Anda harus membaca deskripsi yang tercantum di situs web apa pun atau di toko yang menjual furnitur luar ruangan. Banyak dari potongan furnitur kayu luar ruangan yang Anda lihat terdaftar sebagai Harus Punya, Deal Yang Terbatas atau “Murah Meriah” belum terbuat dari kayu Jati, tetapi dari kayu yang disebut Nyatoh. Ini adalah kayu keras eksotis, namun tidak sesulit atau tahan lama seperti kayu jati, terutama karena furnitur yang Anda beli dengan harga yang sangat mahal, telah dibuat dari kayu gubal, dan bukan dari kayu kering. Nyatoh mengering perlahan dan memiliki beberapa kecenderungan untuk mengakhiri perpecahan dan melengkung. Hal ini juga biasanya dinilai sebagai tidak tahan lama dan atau orang yang tinggal di daerah yang penuh rayap seperti Amerika Serikat Tenggara; Nyatoh memiliki resistensi yang rendah terhadap serangan rayap. Mayoritas dari para pemasar ini sedang memikirkan fakta bahwa banyak orang tidak akan mengerjakan pekerjaan rumah dan meneliti produk. 

Pengiklan telah belajar lama dan keras dan telah menguasai seni menempatkan berputar pada item untuk membuat publik membeli, berpikir mereka mendapatkan lebih banyak untuk uang mereka daripada yang sebenarnya. Banyak department store yang banyak cabang  dan situs-situs Internet menjual Jati seperti kayu, kepada konsumen yang tidak curiga. Kayu jati palsu ini bahkan dijual di toko kelontong dan toko obat. Jika Anda melihat perbandingan antara kayu Nyatoh dan kayu jati, Anda akan melihat dengan jelas bahwa Nyatoh tidak seperti Jati. Kayu nyatoh dinilai di Kelas 3, kayu yang tidak tahan lama, memiliki ketahanan yang rendah terhadap serangan rayap. Kayu lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan Nyatoh termasuk Cherry Amerika, mahoni Afrika, Oak Jepang, Southern White Pine, Walnut Amerika, dan Cedar Merah Barat yang diketahui saat ini. Kayu Jati diperingkatkan di Kelas 1, sangat tahan terhadap serangga dan juga melengkung. Kayu lain, yang memiliki karakteristik serupa seperti Jati, termasuk Ebony, Iroka, Makore, dan Opepe untuk beberapa nama. Woods yang dinilai di Kelas 2, yang cukup tahan lama termasuk American Oak, Balau, Sweet Chestnut, Cedar, Ekki, dan Karri woods untuk beberapa nama. 

Perbedaan lain antara kayu Nyatoh dan kayu jati, Nyatoh harus dilindungi dengan minyak, dan kemudian dirawat setiap tahun untuk mempertahankan beberapa tingkat perlindungan dari unsur-unsur. Jati tidak harus diminyaki, atau diperlakukan untuk melindunginya dari unsur-unsur. Pemilik mebel kayu Nyatoh yang menempatkannya di luar ruangan harus memastikan bahwa mereka menjaga sendi cukup diminyaki, ini adalah area di mana perlindungan paling dibutuhkan. Jika air terperangkap di persendian furnitur ini, kayu akan mulai membusuk. Kayu nyatoh telah dibuat dengan gaya yang sangat mirip dengan furnitur luar ruangan berkualitas tinggi. Jika Anda memiliki anggaran dan tidak mampu membeli kayu jati, maka Nyatoh adalah kesepakatan yang Anda cari, namun Anda harus menyadari apa yang sebenarnya Anda beli. Semuanya kembali ke diri masing-masing apa mau membeli perabot kayu jati asli atau cuma mirip-mirip saja untuk menghasilkan tampilan interior rumah berkualitas dan sedap dipandang. Jika masih bingung bisa berkonsultasi dengan sang ahli supaya tidak salah waktu membeli perabot kayu jati

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!